Cara Alami Kembalikan Tenaga Dengan Makan 5 Buah-buahan Ini

Setiap manusia menjalankan aktifitas dalam kehidupan sehari-harinya. Aktifitas yang dilakukan membutuhkan tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran kalori di dalam tubuh. Kalori yang dibakar didalam tubuh dihasilkan dari makanan atau asupan yang dikonsumsi oleh manusia. Untuk memulai aktifitas, sebaiknya mulai dibiasakan untuk sarapan pagi karena sarapan pagi merupakan aktifitas makan yang paling penting dalam sehari di kehidupan manusia.

Sarapan membuat tubuh mempunyai cadangan energi yang akan digunakan untuk mengawali aktifitas. Yang perlu diperhatikan adalah energi dari sarapan biasanya akan mengalami penurunan ketika hari sudah memasuki siang atau sore. Keadaan ini membuat tubuh merasa lemas dan tidak bertenaga. 

Biasanya orang-orang akan memilih kopi sebagai peningkat stamina agar dapat kembali beraktifitas. Meskipun kopi baik dan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, tetapi tidak semua orang dapat mengkonsumsi minuman energi ini. Bagi yang tidak nyaman dengan kopi, ada beberapa makanan yang mampu mendongkrak stamina. Makanan tersebut adalah buah-buahan seperti semangka, pisang, pepaya, alpukat dan jeruk.


Semangka

Seperti terlihat pada penampakan daging buahnya, semangka mengandung air yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Selain kandungan air yang tinggi, semangka mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menambah kadar zinc dalam tubuh. Zinc sangat berperan penting untuk membawa zat-zat yang berperan dalam metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tetap terjaga, energi akan terus dihasilkan sehingga aktifitas dapat dilakukan kembali.

Pisang

Pisang sudah lama dikenal sebagai makanan penambah tenaga, bahkan baru-baru ini muncul metode diet pisang yang dianggap ampuh dalam menurunkan berat badan. Para atlet pun mengkonsumsi pisang sebelum bertanding sebagai tambahan tenaga yang aman dan menyehatkan karena pisang merupakan sumber karbohidrat yang rendah kalori dan mudah dicerna. Sebaiknya konsumsi pisang setiap hari pada waktu pagi untuk tenaga ekstra seharian penuh.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak sehat, jadi sangat aman dikonsumsi untuk yang sedang melakukan ritual diet. Selain lemak sehat, alpukat mengandung vitamin B yang sangat penting perannya dalam menghasilkan energi dengan membantu metabolisme didalam tubuh dengan membantu mengubah makanan menjadi energi. Namun hindari mengkonsumsi alpukat dengan tambahan kalori atau gula karena akan mengurangi manfaatnya.

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang rendah kalori dan gula, meski terasa manis namun tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin tubuh akan mendapatkan manfaat dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh dan anti peradangan. Selain rendah kalori dan gula, pepaya juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan penambah energi.

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C dan mengandung mineral serat. Untuk mengusir rasa lemas setelah beraktivitas seharian, sangat dianjurkan mengkonsumsi jeruk dibandingkan minuman energi.

Selain menambah energi, mengkonsumsi buah-buahan juga mampu melancarkan pencernaan dan membersihkan usus sehingga organ pencernaan terhindar dari penumpukan sisa-sisa pencernaan yang menjadi biang penyakit. Buah-buahan juga dikenal sebagai makanan yang mampu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit terlihat awet muda.

Semoga bermanfaat.




Sumber : wartakesehatan.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Kembalikan Tenaga Dengan Makan 5 Buah-buahan Ini"

Posting Komentar