Sarapan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Menghindari Diabetes

Kebiasaan mengkonsumsi nasi bagi orang Indonesia merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Nasi menjadi makanan pokok yang hadir pada saat sarapan, makan siang dan makan malam.




Bahkan bagi orang Jawa, ada istilah "belum makan kalau belum makan nasi". Meski sudah habis buah-buahan 1 keranjang, roti dua potong, susu 1 gelas, dll belum termasuk makan kalau belum makan nasi.

Jelas sekali hal ini bukan merupakan pola hidup sehat. 

Tidak mengherankan kalau sekarang banyak sekali kasus obesitas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.




Untuk mengatasi masalah obesitas ini, orang-orang memilih untuk berdiet dan berolahraga bahkan tidak jarang yang menggunakan cara ekstrem untuk menghilangkan lemak dalam tubuh.

Sebenarnya jika kita mengetahui pola makan yang sehat, kita bisa mendapatkan badan yang sehat pula. Yang perlu diperhatikan adalah apa yang kita konsumsi pada saat kita sarapan.




Karena sarapan merupakan kegiatan makan yang paling penting dalam sehari dibandingkan dengan makan siang atau makan malam.

Pola sarapan sehat sudah banyak disarankan oleh para ahli gizi sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pola hidup sehat. Karenanya harus diperhatikan dengan benar pemilihan makanan untuk sarapan.

Gaya hidup sehat dan aktif yang harus kita upayakan adalah :

  • Pola makan yang tepat
  • Pola istirahat yang teratur
  • Olahraga teratur
  • Bebas dari zat Adiktif
  • Spiritualitas yang sehat


Seperti yang kita lihat diatas, untuk menuju gaya hidup sehat dan aktif, pola makan yang tepat ada diurutan pertama. Untuk pola makan yang tepat bisa kita mulai dengan sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.


Sarapan sehat bertujuan untuk menjaga pankreas agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Pankreas merupakan organ yang bertugas memproduksi gastric juice dan insulin

Jadi dengan sarapan yang sehat, kita mampu terhindar dari resiko terkena diabetes.


Dengan sarapan yang sehat, kita mampu menjaga kesehatan diri dan otak kita agar dapat bekerja dengan baik karena pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi setiap harinya.

Manfaat dari sarapan sehat yang bisa kita dapatkan antara lain :

  • Tubuh siap beraktifitas
  • Asam lambung netral
  • Daya pikir dan konsentrasi otak akan menjadi lebih baik
  • Mengontrol dan membantu menurunkan berat badan
  • mencegah penyakit maag dan diabetes

Sudah jelas kan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarapan sehat?



Sekarang makanan apa yang tepat untuk dijadikan sarapan sehat?

Makanan-makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang tepat untuk sarapan adalah 
  • Pisang. Kandungan gizi dan energi yang tinggi dalam pisang mampu membantu kita beraktifitas dengan nyaman. Selain itu, kandungan potasium dalam pisang juga mampu menurunkan tekanan darah.
  • Telor. Merupakan bahan makanan yang mudah untuk diolah dengan berbagai macam variasi. Telor bernutrisi tinggi dengan kandungan vitamin D dan proteinnya cocok untuk dijadikan sarapan sehat.
  • Semangka. Buah yang banyak mengandung air cocok untuk dijadikan sarapan karena mampu menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka sangat baik untuk kesehatan jantung dan mata.
  • Stroberi. Buah yang rasanya asam ini mengandung antioksidan, viamin C, asam folat dan serat yang tinggi yang membuat pencernaan lebih lancar dan jantung bekerja lebih baik.
  • Secangkir kopi. Bagi yang tidak sempat makan untuk sarapan, sebaiknya menyempatkan untuk mengkonsumsi secangkir kopi. Kopi mampu menjaga kesehatan kanker prostat dan menghindarkan diabetes, Namun perlu diperhatikan untuk penderita maag dan penderita penyakit jantung. Untuk penderita maag, usahakan minum kopi setelah perut terisi makanan dan untuk penderita jantung sebaiknya tidak lebih dari segelas kopi dalam sehari.
  • Secangkir Teh Hangat. Bagi yang bukan penikmat kopi, Anda bisa menggantinya dengan segelas teh hangat. Kandungan antioksidan dalam teh mampu membantu tubuh untuk menjaga daya tahan terhadap penyakit.
  • Buah Melon. Seperti semangka, melon juga mengandung banyak air mineral yang baik untuk tubuh sebagai pencegah dehidrasi. Selain itu, dengan mengkonsumsi melon akan menjadikan mood Anda jadi lebih baik.
Dengan beberapa pilihan makanan diatas tentunya tidak menjadikan Anda bosan dengan menu yang itu-itu saja. 


"Menjadi sehat itu pilihan, namun menjaga pola hidup sehat adalah keharusan."


Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share,

terima kasih.

Semoga bermanfaat.

referensi :

Andayani, Mira Diyah. "Sarapan Sehat Untuk Diet Dan Gaya Hidup Lebih Sehat." gayahidup.weebly.com. 13 Maret 2017.<http://gayahidup.weebly.com/

"Tahukah Kamu 7 Makanan Terbaik Untuk Sarapan ? Ini Dia Jawabannya." ninixnews.com. 13 maret 2017.<http://www.ninixnews.com/2015/03/makanan-terbaik-untuk-sarapan.html



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sarapan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Menghindari Diabetes"

Poskan Komentar