Cara Menghindari Diabetes Dengan Makanan Yang Direbus

Diabetes atau yang biasa dikenal dengan kencing manis adalah gangguan pada produksi atau kerja hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme glukosa dalam darah.


Penderita diabetes tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan karena berdasarkan penelitian terbaru oleh para pakar dan ahli kesehatan, 

diabetes juga dipengaruhi oleh faktor multi-kompleks seperti obesitas, kehamilan, pola hidup tidak sehat dan kurang gerak.

Pola hidup tidak sehat salah satunya identik dengan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Makanan tidak sehat adalah makanan yang diolah dengan cara yang tidak sehat pula seperti dibakar, digoreng atau dipanggang.

Kenapa?

Karena mengkonsumsi jenis makanan seperti ini akan merusak sel dalam tubuh yang mengakibatkan resistensi insulin yang bisa memicu diabetes.

Untuk menghindari resiko terkena diabetes, mulailah mengkonsumsi makanan yang dimasak secara direbus atau dikukus

baca juga : Manfaat Brokoli Untuk Menurunkan Kolesterol dan Memperkuat Tulang

Namun perlu diperhatikan juga lamanya proses mengukus atau merebus, agar kandungan vitamin dan mineralnya tidak berkurang.


Gejala awal penderita diabetes antara lain sering merasa haus dan lapar, sering buang air kecil dan penurunan berat badan secara tiba-tiba serta mudah lelah.
Perhatikan pola makan dan lingkungan Anda ketika gejala-gejala tersebut sudah muncul atau agar lebih yakin Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share,

terima kasih.

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

sumber : IG : @tanyadokter



Komentar

Populer