3 Cara Alami Agar Kulit Ketiak Tidak Menjadi Hitam

Sebagian orang menganggap ketiak wanita merupakan bagian yang menarik, apalagi jika ketiaknya terlihat bersih, putih dan mulus. Seakan menjadi nilai tambah dalam hal penampilan fisik. Ketiak terletak dibagian terdalam lengan dan jarang sekali terkena sinar matahari. Kebanyakan orang memiliki ketiak yang hitam dan hal ini buka merupakan suatu masalah besar. 

Warna hitam pada ketiak tidak menyebabkan gangguan kesehatan hanya akan terlihat tidak sedap dipandang. Seperti halnya bagian kulit lain, ketiak juga ditumbuhi oleh rambut. Rambut ini berfungsi menahan masuknya benda asing seperti cairan kimia pada deodoran atau parfum yang dapat memicu kanker jika tidak diterapkan dengan benar pemakaiannya.

Kebanyakan wanita tidak percaya diri jika ketiaknya terlihat hitam dan berambut panjang. Meskipun tahun 70-80 an trend memanjangkan bulu ketiak sempat viral di dunia. Sekarang ini banyak wanita yang mendambakan memiliki ketiak yang putih bersih dan mulus. Berbagai cara dilakukan seperti waxing hingga mencukur. Namun mereka hanya berfokus pada cara memutihkan ketiak tanpa mengetahui alasan kenapa ketiak berwarna menjadi hitam. Mereka tidak sadar jika kebiasaan yang sering mereka lakukan dapat merubah warna ketiak menjadi hitam. Berikut adalah ketiga kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan yang dapat membuat ketiak berubah warna menjadi hitam :

Bercukur

Untuk mendapatkan ketiak yang bersih dan mulus salah satu caranya adalah dengan mencukur rambut atau bulu ketiak. Cara ini terbilang mudah karena dapat dilakukan sendiri dirumah dan tidak perlu pergi ke salon kecantikan. Namun mencukur ketiak memiliki efek samping yang berbahaya, alih-alih mendapat ketiak mulus malah ketiak menjadi lebih hitam.

Yang perlu diperhatikan saat mencukur bulu ketiak adalah memastikan kondisi ketiak dalam keadaan tidak kering. Jika ketiak dalam keadaan kering mengalami proses pencukuran, akan menimbulkan luka dan iritasi pada kulit ketiak. Hal inilah yang menyebabkan ketiak berwarna hitam. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah setelah mencukur ketiak sebaiknya menghindari pemakaian deodoran atau parfum karena pori-pori kulit ketiak yang terbuka akan memudahkan zat kimia pada parfum atau deodoran masuk dan mengendap dibawah ketiak. JIka kondisi ini terjadi terus menerus akan menjadi penyebab munculnya kanker payudara.

Parfum atau Deodoran yang mengandung alkohol

Penggunaan parfum dan deodoran semakin meningkat setiap tahunnya. Munculnya berbagai macam gerai parfum isi ulang menjadi indikatornya. Parfum atau deodoran yang aman dipakai adalah parfum atau deodoran yang tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada parfum atau deodoran dapat mengiritasi permukaan kulit ketiak dan merubah warnanya menjadi hitam.

Sebelum memutuskan untuk membeli parfum atau deodoran sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungan yang tertulis pada kemasannya. Selain itu, usahakan untuk tidak menyemprotkan parfum langsung pada ketiak. Semprotkan di daerah leher, pergelangan tangan, lipatan lengan, perut serta dibelakang lutut agar wanginya tahan lama.



Pakaian Ketat

Trend pakaian wanita dan pria jaman sekarang cenderung ketat. Mulai dari baju, kaos, celana pendeerk dan celana panjang cenderung ketat terutama yang dipakai oleh para wanita. Dalam dunia medis, pakaian ketat sangat tidak disarankan untuk dipakai setiap harinya. Efek yang paling terasa adalah naiknya asam lambung jika memakai celana yang terlalu ketat.

Selain beresiko meningkatkan asam lambung, pakaian ketat terutama baju membuat ketiak berubah warna menjadi hitam. Hal ini disebabkan karena pakaian yang terlalu ketat sering membuat gesekan pada ketiak karena terlalu menempel pada kulit. Kondisi ini akan membuat ketiak menjadi lebih lembab karena tidak terkena udara dan mengeluarkan lebih banyak keringat. Keringat yang bercampur dengan bakteri yang ada dikulit membuat ketiak beraroma tidak sedap. 

Jika ingin mendapatkan ketiak yang putih, bersih dan mulus mulailah membiasakan diri untuk menghindari ketiga kebiasaan diatas.

Semoga bermanfaat.

referensi
intisari online

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Alami Agar Kulit Ketiak Tidak Menjadi Hitam"

Posting Komentar