Cara Sehat Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Pisang Setiap Hari

Mempunyai kulit sehat menjadi dambaan setiap orang, terlebih untuk wanita karena kulit merupakan lapisan terluar dan yang paling mudah terlihat sehingga perlu perawatan extra agar selalu terjaga kesehatannya. 

Dewasa ini, untuk menjadi cantik atau selalu tampil cantik bukanlah hal yang susah. Hampir setiap wanita bisa tampil cantik asal menguasai cara perawatan dan cara make up yang tepat.

Perawatan kulit dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu perawatan modern atau perawatan di salon-salon kecantikan dan perawatan alami. Perawatan modern membutuhkan biaya dan waktu yang banyak untuk dijalankan. Sedangkan perawatan alami biasanya dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. 

Cuman untuk perawatan alami membutuhkan waktu yang agak lama untuk mendapatkan hasil dan harus rutin serta telaten dalam proses perawatannya.

Dengan bahan alami proses perawatan kulit akan lebih aman dan tahan lama meskipun prosesnya agak lama untuk mendapatkan hasil sempurna serta dibutuhkan ketekunan dan motivasi yang kuat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih alami dan segar, dapat diatasi dengan mengkonsumsi pisang.

Kenapa pisang? Bukankah pisang biasanya dikonsumsi untuk membantu program diet?

Ya betul. Pisang memang biasanya digunakan dalam program diet penurunan badan. Contohnya pada program diet General Motor dimana salah satu menunya mengkonsumsi pisang seharian penuh.

Ternyata pisang selain baik untuk tubuh, pisang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Karena pisang memiliki kandungan vitamin B, C, B6, Magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah pisang untuk kesehatan kulit, antara lain :

Menghaluskan wajah

Pisang dapat memberikan manfaat dalam menghaluskan wajah dengan menggunakannya sebagai masker. Masker pisang dapat digunakan secara teratur atau setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.


Cara membuat masker pisang adalah sebagai berikut :

  • ambil satu buah pisang yang masih utuh, kupas dan ambil isinya
  • lalu tumbuk hingga halus
  • Campurkan satu sendok madu alami kedalam pisang yang sudah ditumbuk tersebut dan aduk hingga rata
  • Setelah tercampur sempurna, ratakan dikulit wajah anda beberapa kali dalam seminggu. 
  • Ulangi hingga kulit terasa lembut dan halus.

Menghilangkan jerawat

Jerawat menjadi momok yang menakutkan bagi pribadi yang memperhatikan penampilan. Berbagai macam obat-obatan dan cara yang dipakai orang untuk menghilangkan jerawat bahkan terkadang harus merogoh kocek yang dalam. Padahal banyak cara alami yang lebih murah salah satunya yaitu menggunakan pisang.

Caranya :

  • ambil satu pisang yang sudah matang dan berwarna kuning
  • pisahkan kulit dan dagingnya karena yang digunakan hanya dagingnya 
  • Tumbuk hingga halus seperti cara diatas 
  • lalu ratakan dibagian wajah yang penuh dengan jerawat
  • Tunggu hingga mengering 
  • dan bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara teratur hingga jerawat menghilang.


Alam diciptakan untuk dinikmati oleh manusia dan menyediakan segala kebutuhan kita. Namun, kadangkala manusia lebih memilih jalan pintas untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Perawatan tubuh termasuk wajah dan kulit bisa dilakukan dengan bahan alami yang tersedia di alam. Kita hanya perlu telaten dan sabar agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, perawatan dengan cara alami dapat bertahan lama dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Sehat Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Pisang Setiap Hari"

Posting Komentar