Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Buah Kurma

Buah kurma sangat identik dengan Bulan Suci Ramadhan bagi umat Islam karena biasanya buah kurma banyak dijual menjelang dan selama bulan Ramadhan. Kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera adalah tanaman palma dalam genus Phoenix yang buahnya dapat dimakan. Awal mula kemunculan pohon kurma tidak dapat diketahui karena sudah sejak lama dikenal dan dibudidayakan, namun dapat diperkirakan tanaman ini berasal dari Teluk Persia. 





Sudah ada sejak 4000 tahun Sebelum Masehi

Buah kurma sudah terkenal dan mulai dikonsumsi sejak 4000 tahun sebelum masehi dan menjadi salah satu makanan pokok di negara-negara Timur Tengah. Buah yang dihasilkan dari pohon palma ini berbentuk lonjong, berbiji tunggal dan berwarna cerah terkadang juga berwarna kuning tergantung jenisnya.

Kandungan Buah Kurma

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 100 gr buah kurma diketahui bahwa buah kurma mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Buah kurma kaya akan Kalium dan tinggi serat. 

Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Setiap Hari

Dengan tingginya Kalium dan serat dalam buah kurma,sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap harinya. Dengan mengkonsumsi buah kurma setiap harinya, tubuh akan menerima banyak manfaat seperti :

  • Kesehatan jantung terjaga. Kalium yang tinggi pada buah kurma sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung karena kalium menjaga tekanan darah dan sel-sel otot pada jantung.
  • Menurunkan resiko stroke hingga 39%. Untuk menurunkan resiko seseorang terkena stroke hingga 39% dibutuhkan sekitar 400mg per 100gram setiap harinya. Jumlah ini bisa didapatkan dari 5 buah buah kurma basah. Pastikan merendam buah kurma terlebih dahulu dengan air bersih sebelum dikonsumsi.
  • Melancarkan buang air besar. Tingginya serat dalam buah kurma mampu membuat pencernaan lebih lancar dan mudah dikeluarkan lewat feses.
  • Meningkatkan libido. Peredaran darah yang lancar keseluruh tubuh juga mempengaruhi kesehatan alat reproduksi dan meningkatkan gairah.
  • Mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dipicu oleh penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah oleh berbagai faktor. Kandungan kalium dalam kurma mampu memperlancar peredaran darah sehingga menurunkan resiko penyumbatan pembuluh darah penyebab darah tinggi.
  • Sebagai nutrisi otak. Kandungan kalium dan serat yang tinggi memungkinkan otak mendapat suplai nutrisi dan oksigen secara maksimal.
  • Mencegah anemia. Anemia adalah penyakit kurang darah yang disebabkan oleh menurunnya produksi darah dalam tubuh. Hal ini dapat diatasi oleh kalium dalam kurma yang membuat jantung bekerja maksimal dan memompa jantung lebih baik untuk memenuhi kebutuhan darah tubuh manusia.
Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah kurma setiap hari sangat banyak. Tidak heran jika sekarang banyak variasi jajanan atau makanan yang menggunakan buah kurma sebagai pelengkapnya. Namun alangkah baiknya jika ingin mendapat manfaat dari buah kurma, konsumsilah buah kurma secara langsung tanpa campuran apa-apa.

Semoga bermanfaat.

referensi
liputan6.com
manfaatnyasehat.com




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Buah Kurma"

Posting Komentar