Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Jantung

Buah kurma sangat identik dengan Bulan Suci Ramadhan bagi umat Islam karena memang buah ini berasal dari Timur Tengah. Kurma atau nama latinnya Phoenix dactylifera adalah tanaman palma dalam genus Phoenix yang buahnya dapat dimakan. Awal mula kemunculan tanaman ini tidak dapat diketahui karena sudah sejak lama dibudidayakan, namun bisa diperkirakan tanaman ini berasal dari Teluk Persia. 

foto: daunbuah.com

Dalam perjalanannya, kurma sudah menjadi makanan pokok di negara-negara Timur Tengah sejak 4000 SM. Buah yang dihasilkan pohon ini dinamakan buah kurma, bentuknya lonjong, berbiji tunggal dan berwarna merah cerah dan kuning terang tergantung jenisnya. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 100 gr buah kurma yang diuji mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Seperti yang terlihat dibawah ini,

Zat giziJumlah/100 gram
Air18.27
Energi251 kkal
Protein2.81 g
Karbohidrat66.78 g
Serat7.1 g
Gula56.38 g
Total lemak0.35 g
Lemak jenuh0.0028 g
MUFA0.0032 g
PUFA0.017 g
kolesterol0 mg
Mineral:
Kalsium35 mg
Zat Besi0.91 mg
Magnesium38 mg
Fosfor55 mg
Kalium484 mg
Sodium2 mg
Seng0.26 mg
Vitamin
Vitamin A9 IU
Vitamin B1 (tiamin)0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin)0.059 mg
Vitamin B3 (niasin)1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat)0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin)0.147 mg
Vitamin B9 (folat)17 mcg
Vitamin B120 mcg
Vitamin C0.4 mg
Vitamin E0.04 mgu tidak
Vitamin K2.4 mcg
Fitonutrisi
Beta karoten5 mcg
Beta kriptoxantin0 mcg
Lutein dan zeaxantin67 mcg
Likopen0 mcg
sumber : manfaatnyasehat.com

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari karena manfaatnya akan lebih terasa. Anda cukup mengkonsumsi 2 butir setiap harinya. Dengan mengkonsumsi dua butir kurma dalam sehari, kesehatan jantung Anda akan terjaga, karena buah kurma sangat kaya akan Kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Namun Anda perlu merendamnya dengan air bersih semalaman sebelum dikonsumsi.

apakah itu saja manfaat mengkonsumsi buah kurma?

tentu tidak.

Masih banyak manfaat yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah kurma antara lain;

Selain menjaga kesehatan Jantung, kalium yang ada pada buah kurma juga dapat menurunkan resiko penyakit stroke hingga 39% karena terjaganya jantung dan pembuluh darah serta mengatur tekanan darah dan mengaktifkan sel-sel otot pada jantung. Kalium yang dibutuhkan untuk menurunkan resiko stroke adalah 400mg/100gram perhari, jadi jika ingin terpenuhi kebutuhan Kalium kita dalam sehari diperlukan untuk mengkonsumsi 5 buah kurma basah setiap harinya.

Bagi yang bermasalah dengan susah BAB, buah kurma merupakan pilihan yang tepat sebagai obatnya. Buah kurma memiliki serat tinggi yang membantu pencernaan agar lebih lancar dalam BAB.

Selain ketiga manfaat diatas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah kurma antara lain, meningkatkan libido, mencegah tekanan darah tinggi, sebagai nutrisi otak dan mampu mencegah anemia.

Makanya, jika ingin sehat, rutinlah mengkonsumsi buah kurma minimal 2 butir sehari untuk badan yang lebih sehat. Namun, Anda harus tetap menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

sumber : liputan6.com
                 manfaatnyasehat.com




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Jantung"

Poskan Komentar