Makanan Pedas Baik Bagi Tubuh Dan Jantung

Tren makanan pedas mulai banyak bermunculan sekarang ini. Bahkan ada levelnya, dari yang level 1 biasanya cuma pedas biasa hingga level 10 atau lebih yang pedes kadang tidak bisa ditolerir lagi dan harus sedia susu saat makan makanan tersebut.

Manusia itu unik, sudah tahu makanan yang dikonsumsi rasanya pedas tapi saja suka dan ingin menyantapnya. Terasa seperti tantangan. Apalagi penampilan makanan pedas biasanya sangat menarik dan aromanya sangat menggoda. Untuk penggemar makanan pedas tentunya. 

Makanan pedas mengandung senyawa yang disebut capsaicin. capsaicin sendiri sebenarnya adalah mekanisme pertahanan dari tumbuhan agar tidak dimakan oleh hewan atau predator. Tapi tidak untuk manusia, justru rasa pedas adalah sensasi yang dicari.






"Capsaicin merupakan senyawa unik, meskipun awalnya merupakan mekanisme pertahanan, namun ketika capsaicin masuk kedalam justru memberikan banyak manfaat salah satunya adalah meningkatkan retensi terhadap penyakit."

Sebuah studi yang dilakukan di Cina menyimpulkan bahwa orang yang mengkonsumsi cabai atau makanan pedas beberapa kali seminggu memiliki usia lebih panjang. Tetapi tentunya jenis makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat atau makanan fresh dan bukan jenis fastfood.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas seperti dilansir dari Huffington Post, antara lain : 

1. Menurunkan berat badan

Pakar nutrisi dan penulis buku The Hunger Fix, Pamela Peeke, M.D. pada saat Anda mengkonsumsi makanan pedas, hal itu akan meningkatkan suhu tubuh, yang kemudian akan mendongkrak metabolisme dan pembakaran lemak. 

baca juga : cara mudah turunkan berat badan dengan makanan pedas

2. Membuat jantung lebih sehat

Michael Miller, M. D.,seorang profesor kardiovaskular dari University of Maryland School of Medicine menerangkan bahwa capcaisin dalam cabe dapat mempengaruhi pembuluh darah dan membuatnya melebar. Hal ini dapat berujung pada penurunan tekanan darah. 

3. Dapat Membuat Umur Panjang

Mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu mencegah kanker, Anda akan memiliki jantung yang lebih sehat, dan membantu menurunkan berat badan. Semua hal terjadi secara bersama sehingga memungkinkan Anda memiliki umur yang panjang. 

4. Dapat mencegah kanker

Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles meneliti dan menemukan bahwa capcaisin membunuh 80 persen dari sel kanker prostat pada tikus tanpa membunuh sel normal. Selain itu, capcaisin dapat memblok sel kanker. 

5. Menghilangkan nyeri

Dokter sering memberikan krim pereda nyeri yang mengandung capcaisin. Biasanya diberikan kepada penderita migrain atau arthritis.

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas secara teratur. Yang menjadi fokus sekarang adalah kondisi sistem pencernaan kita apakah cocok untuk mengkonsumsi makanan pedas atau tidak. 

Tidak perlu memaksakan diri jika memang pencernaan kita bukan tipe yang mudah menerima makanan pedas. Hal serupa juga berlaku untuk kondisi pencernaan yang toleran dengan makanan pedas. Jangan paksakan untuk mengkonsumsi makanan pedas diatas level rata-rata. Cukup suka dengan makanan pedas dan jangan menjadi maniak makanan pedas.

Karena keseringan mengkonsumsi makanan pedas pun dapat membahayakan sistem pencernaan kita apalagi jika tingkat kepedasannya terus naik. Dan juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi sambal dalam kemasan karena mengandung banyak sekali bahan pengawet.

Semoga bermanfaat,


Sumber : wartakesehatan.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Pedas Baik Bagi Tubuh Dan Jantung"

Posting Komentar