Gangguan Makan Yang Berujung Pada Kematian

Makan dan minum merupakan kegiatan penting yang rutin dilakukan oleh setiap manusia. Karena dengan makanan dan minuman yang masuk kedalam dan diproses didalam tubuh, memberikan nutrisi dan tenaga yang dibutuhkan tubuh dalam aktifitas harian. Jika kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi akan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit seperti yang dialami oleh para penderita anoreksia nervosa.

Anoreksia nervosa atau lebih dikenal dengan gangguan makan yang dialami oleh seseorang. Seseorang yang menderita anoreksia mengalami gangguan kejiwaan karena mengalami atau mempunyai pola pikir bahwa dirinya harus memiliki tubuh kurus dan sangat takut terlihat gemuk. Gangguan kejiwaan seperti anoreksia tidak sedikit dialami oleh para wanita karena dibandingkan pria, wanita lebih mementingkan penampilan. 

Anoreksia tidak hanya menyerang wanita dewasa, para gadis remaja dapat terserang penyakit kejiwaan yang satu ini. Ditambah dengan masa pubertas dimana penampilan adalah segalanya untuk memikat lawan jenis.

Penyebab Anoreksia Nervosa

Banyak faktor yang menjadi pemicu seseorang mengalami anoreksia nervosa baik dari luar maupun dari dalam diri seperti :

  • Tekanan (bullying) yang kuat dari teman atau keluarga masalah berat badan atau pola makan
  • Pelecehan seksual maupun verbal
  • Krisis kepercayaan diri sehingga menjadi pribadi yang tertutup
  • Trauma terhadap makanan
  • Terobsesi memiliki tubuh seperti model catwalk


Ciri-Ciri Penderita Anoreksia Nervosa

Normalnya penderita anoreksia nervosa memiliki tubuh kurus kering karena gangguan makan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Selain memiliki tubuh yang kurus, ciri-ciri penderita anoreksia dapat dilihat dari kebiasaannya seperti :

  • Selalu bercermin dan memperhatikan bentuk tubuh
  • Selalu mengeluhkan masalah berat badan padahal kondisi badannya sudah kurus
  • Seringkali memuntahkan makanan yang sudah dimakan agar tidak diproses dan diserap oleh tubuh. 
  • Makan tidak berlebihan dan cenderung sedikit sekali
Gangguan makan anoreksia nervosa membuat penderitanya seringkali melakukan hal-hal yang berbahaya demi memenuhi obsesinya. Saking terobsesinya hingga terkadang para penderita anoreksia nervosa mengabaikan keselamatan dirinya dengan melakukan cara-cara yang terbilang berbahaya seperti mengkonsumsi obat-obatan pelangsing, olahraga secara berlebihan dan makan dengan porsi yang sangat sedikit sekali. 

Penggunaan obat-obat pencahar atau pelangsing tanpa pengawasan dokter dapat memicu kerusakan organ dalam seperti lambung dan ginjal. Sedangkan olahraga yang berlebihan dapat merusak otot dan menyebabkan cedera fatal karena otot dalam tubuh akan mengalami kelelahan akibat dipaksa terus untuk bergerak.

Efek Buruk Anoreksia Nervosa terhadap tubuh

Gangguan makan seperti anoreksia nervosa sangat berbahaya dan membawa banyak masalah kesehatan pada tubuh, antara lain

  • Tubuh akan mengalami kelelahan karena tidak adanya nutrisi dan kalori yang dibakar untuk beraktifitas. Kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit dan tidak dapat memenuhi kebutuhan kalori harian yang digunakan untuk beraktifitas.
  • Dehidrasi yang disebabkan oleh kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh baik dari makanan maupun minuman.
  • Tekanan darah rendah menjadi rendah.
  • Sakit kepala
  • Mengalami kerontokan pada rambut.
  • Kulit menjadi kering yang disebabkan oleh kurangnya vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Malnutrisi karena kurangnya asupan makanan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh
Meskipun anoreksia nervosa merupakan penyakit gangguan kejiwaan namun berefek buruk terhadap kondisi kesehatan fisik seseorang, bahkan dapat berujung kepada kematian. Penderita anoreksia nervosa mengalami masalah kejiwaan yang kompleks karena tersiksa secara psikologis oleh perasaan depresi, krisis kepercayaan diri, selalu merasa cemas dan kecenderungan untuk melukai diri sendiri. Dengan kondisi kejiwaan seperti ini tidak jarang yang berakhir kepada kematian.

Pengobatan dan Pencegahan Anoreksia Nervosa

Anoreksia nervosa merupakan penyakit gangguan makan disebabkan oleh masalah kejiwaan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penderita anoreksia nervosa masih bisa disembuhkan dengan memperhatikan faktor-faktor penyebabnya seperti menghindari bullying masalah berat badan dan pola makan, memotivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, mendatangkan bimbingan konseling dan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi mereka.

Semoga bermanfaat.



referensi :
alodokter
ejalapenyakitmu.blogspot.com
amazine,online popular knowledge

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gangguan Makan Yang Berujung Pada Kematian"

Posting Komentar