Balanced Diet Adalah Diet Yang Paling Cocok Untuk Orang Indonesia

Banyak  orang Indonesia mendambakan tubuh yang ideal dan sehat. Namun masyarakat Indonesia cenderung latah dan mengikuti tren makanan yang ada. Misalkan ada suatu makanan yang sedang populer, katakan tahu bulat atau cilok, orang-orang langsung berbondong-bondong membelinya. Meskipun pada dasarnya mereka tahu bahwa makanan tersebut tidak sehat. Mereka hanya mengabaikannya begitu saja. Apa aja yang penting eksis.

Balanced Diet

Hal senada juga diungkapkan oleh ahli kuliner Vania Wibisono. Menurutnya, orang Indonesia tidak bisa disiplin dalam menjalankan diet karena masih mudah terpengaruh oleh tren makanan yang ada. Berbeda dengan bule-bule diluar negeri yang konsisten dalam pola makan diet sehat. Tidak mudah terpengaruh oleh tren makanan yang ada. Masih menurut Vania, diet yang paling cocok untuk masyarakat Indonesia adalah balanced diet atau diet 4 sehat 5 sempurna.

Dengan balanced diet ini, orang-orang masih bisa mengikuti tren makanan yang ada asal masih dalam batas wajar. Bukan berarti dengan adanya diet ini lalu orang-orang jadi bebas jajan. Diet ini hanya sebagai penyeimbang agar tubuh tidak terlalu banyak menimbun lemak. Dari jaman sekolah dulu, orang-orang Indonesia sudah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, mineral, vitamin, protein dan susu sebagai penyempurna.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat dalam balanced diet bukan hanya karbohidrat melainkan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks terdapat pada ubi-ubian seperti singkong, ketela, ubi jalar dan kentang. Jagung pun dapat dimasukkan ke dalam kategori penghasil karbohidrat kompleks.

Vitamin Dan Mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral bisa didapat dalam sayur mayur dan buah-buahan. Semua sayuran hijau sangat cocok untuk balanced diet seperti bayam, brokoli, poksai dan lain-lain. Untuk buah-buahan sebaiknya yang banyak mengandung air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Jeruk, semangka, apel menjadi pilihan utama dalam menu balanced diet.

Protein

Protein bisa ditemukan dalam pilihan lauk pauk. Protein yang dibutuhkan adalah protein nabati atau protein hewani. Protein nabati bisa didapatkan dari tahu atau tempe, sedangkan untuk protein hewani bisa didapatkan di dalam telur, ikan laut, salmon, sarden dan ayam.

Susu

Sebagai penyempurnan adalah susu. Namun perlu diperhatikan bahwa susu yang dimaksud bukan susu sapi seperti yang kita pahami selama ini. Karena susu sapi tidak terlalu cocok untuk manusia. Susu sehat yang cocok untuk balanced diet adalah susu kedelai atau susu almond yang rendah lemak.




Tips Agar Diet Berjalan Lancar

Selain menu 4 sehat 5 sempurna, menurut Lib Marchese, Konselor Hidup Sehat dan Natural Body Builder, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat Indonesia agar diet sehat berjalan lancar.

Beberapa tips tersebut antara lain,
  • Atur jadwal makan yang baik dan benar, jangan lewatkan jam makan, dan atur porsi makan jangan berlebih
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang digoreng, usahakan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus terutama untuk sayuran dan karbohidrat kompleks.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayuran, buah segar atau jus buah segar, ikan dan ayam
  • Mengurangi saus dan permen karena kandungan gula yang berlebih
  • Perbanyak air mineral sesuai yang dianjurkan sekitar 6 - 8 gelas perhari.
  • Pilihlah latihan olahraga yang sesuai dengan hobi dan kemampuan, jangan terlalu memaksakan diri.
  • Dan yang terepnting adalah untuk membatasi makan makanan manis dan berat di acara-acara khusus seperti pesta pernikahan atau jamuan makan.
Kombinasi diet 4 sehat 5 sempurna Vania Wibisono dan tips pola hidup sehat Lib Marchese pasti akan membuahkan hasil jika dilakukan dengan kesadaran tinggi akan pentingnya hidup sehat, bahagia dan seimbang agar hidup lebih panjang.

Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share,

terima kasih.

referensi : 
liputan6.com
beritasatu.com
tipsdiet.org



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Balanced Diet Adalah Diet Yang Paling Cocok Untuk Orang Indonesia"

Posting Komentar