Cara Alami Menguatkan Tulang Dan Menurunkan Kolesterol Dengan Brokoli

Brokoli merupakan sayuran jenis Brassica bersama dengan kangkung, kubis dan kembang kol. Bentuknya unik seperti pohon mini berdaun rindang dan berwarna hijau segar. Brokoli bukan merupakan sayuran asli Indonesia dan baru dikenal akhi-akhir ini. Originalnya brokoli dikembangkan pada abad ke 16 atau 17 di daerah Broccolo di negara Itali.

Para pakar gizi dan praktisi diet sehat selalu mengikutsertakan brokoli dalam menu pilihan mereka karena kandungan gizi dan nutrisinya yang tinggi seperti, vitamin A, B, C, dan K. Selain itu brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium zat besi dan kalori.




Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsi brokoli, antara lain :

Mengontrol Kolesterol

Brokoli mengandung kadar serat yang tinggi yang memungkinkan tubuh lebih mudah mengolah makanan dan menghindari penumpukan kolesterol dalam tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

Mengontrol Tekanan Darah

Dalam brokoli terdapat pula Potasium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Karenanya brokoli sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau yang mempunyai kecenderungan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti disebutkan diatas yaitu brokoli mengandung vitamin A yang ada kaitannya dengan kesehatan mata kita. Vitamin A dalam brokoli sama dengan kandungan vitamin A dalam wortel dan kacang panjang. Selain itu, brokoli juga mengandung Latein yang mampu membantu kita terhindar dari kerusakan mata akibat paparan sinar ultraviolet.

Sumber Antioksidan dan Meningkatkan Sistem Imun

Meskipun brokoli berwarna hijau bukan berarti brokoli tidak mengandung Vitamin C. Justru kandungan vitamin C dalam brokoli sangat tinggi dan berperan besar dalam tubuh kita sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun kita terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya.

Menjaga Sistem Pencernaan

Brokoli seringkali menjadi pilihan para pelaku diet sehat untuk dikonsumsi dalam menu diet sehat mereka karena brokoli mengandung Sulforaphane yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mencegah infeksi dan maag pada lambung. Selain itu, Sulforaphane bertugas meningkatkan produksi enzim pada hati sebagai upaya mencegah kuman penyebab kanker.

Efektif Mencegah Kanker

Selain mampu mencegah kanker pencernaan, brokoli juga mampu mencegah kanker prostat yang sering menyerang pria dan kanker payudara yang sering menyerang wanita. Kandungan Indole, Isothiocyanate dan fitokimia lah yang berperan besar dalam usaha pencegahan kanker prostat dan payudara.

Mengontrol Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang mampu menyerang siapa saja dengan pola hidup yang tidak sehat. Brokoli mampu mengontrol diabetes karena mengandung kromiun yang berperan mengatur insulin dan mengontrol gula darah.

Memperkuat Tulang

Osteoporosis banyak menyerang orang-orang tua di Indonesia karena kurangnya asupan kalsium, seng, magnesium dan fosfor. Brokoli mampu mengatasi masalah ini karena kaya akan kalsium, seng, magnesium dan fosfor.

Melihat kandungan dan manfaat yang ada didalam brokoli, kita sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi brokoli sehingga dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Namun, perlu diperhatikan dalam pengolahan brokoli. Untuk mengolah atau memasak brokoli tidak bisa sembarangan karena bukannya sehat malah kita jadi sakit.

Untuk mengkonsumsi brokoli sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak dengan catatan sudah dicuci bersih dan dalam keadaan segar. Bagi yang tidak suka dengan sayuran mentah, rebuslah brokoli sebentar dan jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan kandungan vitamin dan nutrisinya.

Jangan pula menggoreng brokoli dengan minyak karena kita tidak akan mendapatkan manfaat dari brokoli secara maksimal. Dan jangan pula menyimpan brokoli terlalu lama. Langsung dikonsumsi atau langsung dimasak setelah kita membelinya.

Seperti itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari brokoli. Harga brokoli memang cenderung mahal dibandingkan sayuran lainnya tapi yang perlu kita ingat,

"Sehat Itu Mahal Tapi Lebih Mahal Lagi Kita Sudah Sakit".


Semoga bermanfaat


referensi :

manfaat.co.id

bidanku.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menguatkan Tulang Dan Menurunkan Kolesterol Dengan Brokoli"

Posting Komentar