Buah Dan Sayuran Ini Bikin Awet Muda? Ini Alasannya....

Bagi sebagian orang, tampil sempurna dan awet muda merupakan hal yang wajib dilakukan. Khususnya wanita. Mereka berusaha keras menghindari yang namanya penuaan dini dengan melakukan perawatan anti-aging. Penuaan dini dipengaruhi oleh berapa seringnya kita terkena paparan radikal bebas.


apa itu radikal bebas?

radikal bebas adalah jenis molekul yang mempunyai kondisi tidak stabil dan sangat mudah bereaksi dengan molekul-molekul penting yang ada didalam tubuh kita seperti protein, DNA dan lemak.


Berdasarkan sumbernya, radikal bebas dibagi menjadi dua, yaitu
  1. Radikal bebas alami. Radikal bebas alami terbentuk secara alami didalam tubuh sebagai bagian dari proses metabolisme.
  2. Radikal bebas external. Radikal bebas jenis ini terdapat di lingkungan sekitar kita seperti asap rokok, pestisida dalam makanan, polusi dan radiasi.

baca juga : 5 jenis makanan dan minuman perusak kulit

Lalu, apa pengaruhnya terhadap tubuh kita?

Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh karena merupakan molekul organik yang mampu menyebabkan terjadi penuaan dini, kerusakan jaringan dan kemungkinan timbulnya beberapa penyakit seperti gangguan pada jantung dan kanker.

Bagaimana caranya untuk menangkal radikal bebas?

Untuk menangkal radikal bebas kita memerlukan antioksidan. Karena antioksidan mampu untuk menetralisir radikal bebas tanpa berubah menjadi radikal bebas.


Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu setelah antioksidan menetralkan radikal bebas, mereka menjadi tidak aktif sehingga untuk mengatasinya kita perlu terus memasok antioksidan kedalam tubuh kita.

Antioksidan yang kita perlukan antara lain, vitamin C, vitamin E, betakaroten, lycopene dan lutein.

Tanpa kita sadari, antioksidan sangat tersedia disekitar kita dalam bentuk buah-buahan dan sayuran. Jadi alih-alih menghabiskan banyak uang di salon, lebih baik mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. 



Berikut beberapa buah dan sayuran yang mengandung antioksidan alami yang mudah didapatkan :
  1. Tomat. Merupakan sumber utama lycopene yang sangat mudah didapatkan karena tersedia di sekitar kita. Lycopene merupakan antioksidan alami yang sangat ampuh menangkal radikal bebas melebihi vitamin C. Tomat juga sangat cocok untuk dimasukan dalam menu diet karena sangat rendah kalori.
  2. Kubis. Sayuran yang berwarna putih yang bisa dikonsumsi dalam keadaan matang atau mentah ini mengandung banyak sekali vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tulang. Bagi yang mempunyai masalah pencernaan, kubis juga cocok untuk dikonsumsi karena mengandung banyak serat. Selain itu, sayuran ini juga cocok untuk penderita hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah.
  3. Buah Beri. Seperti halnya tomat dan kubis, buah beri mengandung zat yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yaitu flavonoid. Selain itu, buah beri juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  4. Gandum. Sudah menjadi rahasia umum makanan yang terbuat dari gandum sangat mudah dicerna dan memberikan efek kenyang lebih lama. Karena gandum mengandung serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan dan baik pula untuk kesehatan jantung.
  5. Kacang-kacangan. Didalam kacang-kacangan terdapat lemak yang sehat yaitu lemak yang tidak tersaturasi yang bermanfaat untuk jantung kita. Kandungan lainnya adalah kacang-kacangan memiliki antioksidan alami yang dapat menurunkan kadar radikal bebas didalam darah.

So, jika kita ingin tampil awet muda dan terhindar dari penuaan dini, rutinlah konsumsi buah dan sayuran yang disebut diatas. Jika jantung kita sehat, peredaran darah akan lancar dan wajah dan kulit terhindar dari kerusakan dan penuaan dini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Mohon share artikel ini, jika bermanfaat.

terima kasih.

referensi : 

dr. Nursalim, Alvin. "Ingin Awet Muda? Konsumsi Buah dan Sayuran Ini." klikdokter.com. 06 Mei 2017. 07 Mei 2017.<http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2942930/ingin-awet-muda-konsumsi-buah-dan-sayuran-ini

"Pengertian Radikal Bebas dan Bagaimana Efeknya Terhadap Tubuh!" sudut-bacaan.blogspot.co.id. 07 Mei 2017.<http://sudut-bacaan.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-radikal-bebas-dan-bagaimana.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buah Dan Sayuran Ini Bikin Awet Muda? Ini Alasannya...."

Posting Komentar