Cara Alami Menjaga Kulit Tetap Awet Muda Dengan Buah dan Sayuran

Bagi sebagian orang, tampil sempurna dan awet muda merupakan hal yang selalu didambakan, khususnya bagi para wanita. Mereka berusaha keras menghindari penuaan dini dengan melakukan perawatan anti-aging. Perawatan anti aging atau anti penuaan dini banyak ditawarkan oleh salon-salon kecantikan dengan obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia meskipun ada beberapa yang menggunakan obat-obatan herbal. Sebelum melakukan perawatan anti aging ada baiknya perlu mengetahui penyebab penuaan dini. Penuaan dini disebabkan atau dipengaruhi oleh berapa seringnya tubuh terkena paparan radikal bebas.

Radikal Bebas

Radikal bebas adalah jenis molekul yang mempunyai kondisi tidak stabil dan sangat mudah bereaksi dengan molekul-molekul penting yang ada didalam tubuh kita seperti protein, DNA dan lemak.

Berdasarkan sumbernya, radikal bebas dibagi menjadi dua, yaitu
  1. Radikal bebas alami. Radikal bebas alami terbentuk secara alami didalam tubuh sebagai bagian dari proses metabolisme.
  2. Radikal bebas external. Radikal bebas jenis ini terdapat di lingkungan sekitar kita seperti asap rokok, pestisida dalam makanan, polusi dan radiasi.

Pengaruh radikal bebas terhadap tubuh

Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh karena merupakan molekul organik yang mampu menyebabkan terjadi penuaan dini, kerusakan jaringan dan kemungkinan timbulnya beberapa penyakit seperti gangguan pada jantung dan kanker.

Cara menangkal radikal bebas

Untuk menangkal radikal bebas kita memerlukan antioksidan. Karena antioksidan mempunyai kemampuan untuk menetralisir radikal bebas tanpa terpengaruh oleh radikal bebas itu sendiri. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu setelah antioksidan menetralkan radikal bebas, antioksidan menjadi tidak aktif sehingga diperlukan pasokan antioksidan terus menerus kedalam tubuh. Antioksidan yang diperlukan antara lain, vitamin C, vitamin E, betakaroten, lycopene dan lutein.

Sebenarnya, antioksidan sangat banyak tersedia di alam dalam bentuk buah-buahan dan sayuran. Jadi alih-alih menghabiskan banyak uang di salon, lebih baik mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. 

Berikut beberapa buah dan sayuran yang mengandung antioksidan alami yang mudah didapatkan :
  1. Tomat. Merupakan sumber utama lycopene yang sangat mudah didapatkan karena karena banyak tersedia hampir di semua tempat yang menyediakan buah dan sayuran. Kandungan lycopene dalam tomat merupakan antioksidan alami yang sangat ampuh menangkal radikal bebas melebihi vitamin C. Kandungan kalori yang rendah pada tomat sangat cocok sebagai bahan pelengkap dalam menu diet penurunan berat badan.
  2. Kubis. Sayuran yang biasanya dihidangkan dalam keadaan mentah sebagai pelengkap lalapan ini mengandung banyak sekali vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tulang. Selain baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tulang, kubis juga baik untuk pencernaan karena kubis merupakan sayuran dengan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, kubis dapat juga digunakan oleh penderita hipertensi untuk membantu menurunkan tekanan darah.
  3. Buah Beri. Buah beri kaya akan flavonoid yaitu salah satu zat yang termasuk dalam kelompok penangkal radikal bebas atau antioksidan. Seperti halnya kubis, buah beri juga efektif menjaga kesehatan jantung.
  4. Gandum. Gandum merupakan sumber makanan pokok selain nasi dan biasanya dikemas dalam bentuk roti atau oatmeal. Makanan olahan dari bahan gandum sangat baik untuk pencernaan karena gandum mempunyai serat yang tinggi yang membuat perasaan kenyang lebih lama sehingga cocok sekali digunakan sebagai pengganti nasi dalam menu diet penurunan berat. Manfaat lain dari gandum selain tinggi serat adalah gandum baik untuk jantung karena gandum mampu menyerap kolesterol jahat dalam darah. 
  5. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung lemak nabati yang sehat yaitu lemak sehat yang tidak tersaturasi. Lemak sehat dalam kacang-kacangan sangat baik untuk jantung yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam darah.
Kunci utama untuk tampil awet muda adalah jantung yang sehat karena jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh. Aliran darah yang lancar menjadikan kulit sehat dan dapat terus beregenerasi. Kulit yang terus beregenerasi harus rajin dibersihkan agar kulit mati dan kotoran tidak menumpuk. Dengan perawatan atau konsumsi antioksidan dari dalam serta rajin membersihkan wajah dan kulit menjadi penunjang utama tampilan awet muda.

Semoga bermanfaat 

referensi : 
klikdokter.com
sudut-bacaan.blogspot.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menjaga Kulit Tetap Awet Muda Dengan Buah dan Sayuran"

Posting Komentar