Cara Alami Menjaga Kebersihan Badan Dengan Mandi Malam

Aktifitas harian yang menumpuk dan kesibukan yang tiada habisnya membuat tenaga terkuras dan tubuh terasa lelah. Setelah berada dirumah keinginan yang terbesar adalah mandi dan beistirahat. Mandi malam menjadi aktifitas yang diragukan karena mitos yang beredar dimasyarakat. Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa mandi malam menyebabkan rematik. 

Padahal jika dilihat dari sisi medis, mandi malam bukan penyebab rematik karena rematik merupakan penyakit turunan. Jika orang tua mempunyai penyakit rematik, kemungkinan anaknya juga mengidap penyakit rematik. Namun perlu diperhatikan juga bagi seseorang yang mempunyai masalah pada pinggang atau sakit pinggang karena mandi malam dapat memperparah kondisi ini dan memicu rematik. Jadi sah-sah saja mandi malam jika badan sehat dan tidak mempunyai masalah kesehatan di sekitar pinggang.


Manfaat Mandi Air Hangat

Memang menurut para ahli kesehatan mandi malam tidak menyebabkan rematik namun mereka tidak merekomendasikan untuk mandi malam apalagi menggunakan dengan air dingin. Terlebih yang mempunyai riwayat atau cenderung punya penyakit rematik. Mereka menyarankan untuk mandi malam menggunakan air hangat. Karena selain aman untuk tubuh, mandi malam juga mempunyai banyak manfaat, antara lain :

1. Melemaskan otot-otot yang tegang

Kepenatan yang menumpuk setelah seharian beraktifitas membuat otot-otot didalam tubuh terasa lelah dan kaku. Air hangat mampu membuat otot-otot menjadi lemas dan tubuh terasa rileks. Dengan tubuh yang rileks akan memudahkan tidur dengan nyenyak. 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Air hangat mempunyai efek yang menenangkan karena air hangat mampu menurunkan tekanan darah dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Bagi penderita hipertensi, sangat dianjurkan untuk sering mandi malam dengan air hangat.

3. Menghangatkan Badan

Suhu air yang hangat mampu menghindarkan badan dari dingin setelah beraktifitas diruangan ac dan menempuh perjalanan pulang. Air hangat juga mencegah serangan masuk angin.

4. Menghindarkan Tubuh Dari Penyakit Kulit

Dalam beraktifitas seharian, tubuh mengeluarkan keringat yang membuat debu dan kuman-kuman menempel di kulit. Dengan mandi setelah beraktifitas mampu menghindarkan kulit dari berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas kurap dll. Sangat dianjurkan untuk mandi dua kali sehari untuk kesehatan badan terutama kesehatan kulit.

Manfaat mandi air dingin

Memang mandi malam dengan air dingin tidak dianjurkan oleh para pakar medis, namun bagi orang yang tidak biasa mandi air hangat dan terbiasa mandi air dingin, sah-sah saja jika ingin mandi air dingin di malam hari. Karena mandi air dingin tidak sepenuhnya salah dan berbahaya. Mandi air dingin di malam hari juga ada manfaatnya. 

Dengan mandi air dingin, memberi efek terhadap tubuh semangat baru dan menghindarkan dari rasa kantuk. Jika masih tersisa kegiatan yang harus dijalani setelah pulang kantor, mandi air dingin sangat membantu dan harus dilakukan.

Seperti itulah sedikit manfaat mandi malam dengan air dingin dan air hangat. Semuanya memberikan efek yang menyehatkan tergantung dari kebiasaan dan kebutuhan seseorang. 

semoga bermanfaat.


referensi ;
klikdokter.com
detiksehat.com







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menjaga Kebersihan Badan Dengan Mandi Malam"

Posting Komentar