Cara Aman Menghindari Tulang Keropos Dengan Berhenti Merokok

Di Indonesia, industri rokok merupakan industri yang besar bahkan yang terjadi saat ini industri rokok mampu mengalahkan industri perbankan. Fakta menyebutkan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia membeli kepemilikan salah satu bank swasta nasional terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan rokok dinikmati hampir di semua lapisan masyarakat Indonesia sehingga pendapatannya terus meningkat. 

Rokok Elektrik

Meskipun kini telah hadir rokok eletrik atau vapor, belum dapat sepenuhnya menggeser posisi rokok konvensional. Selain harga vapor yang mahal dan hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas, juga karena kenikmatan yang dirasakan sangat jauh berbeda dibandingkan rokok konvensional. Vapor yang mengandalkan kemudahan dalam menikmati berbagai rasa belum mampu menggeser nikmatnya racikan rokok konvensional. 


Selama ini kita hanya mengetahui bahwa efek buruk merokok seperti yang tertera pada warning box pada kemasan rokok. Ternyata ada fakta terbaru tentang efek buruk rokok terhadap tubuh khususnya terhadap tulang yaitu rokok bikin tulang menjadi keropos.


Kandungan Kimia Dalam Rokok

Dalam rokok terdapat yang namanya radikal bebas, nikotin dan zat adiktif lainnya yang berefek buruk untuk tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang bersifat destruktif terhadap sel pertahanan dalam tubuh dan mengganggu perkembangan hormon yang berdampak pada masalah pertumbuhan tulang. Sedangkan Nikotin merupakan zat yang sangat buruk bagi tubuh, karena nikotin mampu membunuh sel-sel yang membentuk tulang atau osteoblasSelain itu, rokok juga diketahui mampu memaksimalkan kadar hormon kortisol didalam tubuh, yang pada akhirnya membuat proses penghancuran tulang lebih cepat.

Rokok Bikin Tulang Keropos

Pada dasarnya, kepadatan tulang manusia akan terbentuk pada umur 30. Jika seseorang sudah mulai merokok dari masa remaja hingga diatas umur 30, sudah bisa dipastikan tulangnya tidak akan mengalami kepadatan sempurna bahkan resiko patah tulang atau tulang keropos semakin meningkat. Resiko ini semakin meningkat lagi pada perokok berat. Karena merokok merusak pembuluh darah yang menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh. Kerusakan ini juga mampu menjalar hingga ke syaraf yang ada ditangan dan kaki. 

Makanya, ada penelitian yang mengatakan bahwa para perokok yang mengalami patah tulang akan memakan waktu yang sangat lama untuk penyembuhannya. Efek buruk rokok yang mempengaruhi kesehatan tulang ini berlaku bagi perokok pria dan wanita. 

Cara Aman Untuk Berhenti Merokok

Memang tidak mudah untuk berhenti dari kebiasaan merokok namun juga bukan merupakan hal yang mustahil. Bagi yang ingin berhenti merokok, dapat diawali dengan cara-cara dibawah ini :
  1. Mulailah sadar akan kesehatan untuk diri sendiri dan efek buruk rokok untuk lingkungan sekitar seperti keluarga.
  2. Yakinkan pada diri sendiri Anda sayang terhadap keluarga dan diri Anda sendiri.
  3. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok.
  4. Ajak anggota keluarga yang lain untuk mengingatkan Anda bahwa Anda akan berhenti merokok.
  5. Fokuskan untuk berhenti merokok saat itu juga dan hindari semua hal yang berhubungan dengan rokok.
  6. Sibukkan diri Anda dengan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dari rokok.
Berhenti merokok memang sangat sulit sekali untuk dilakukan, apalagi di 3 minggu awal. Godaan sekecil apapun mampu merusak usaha untuk berhenti merokok. Namun setelah berhasil berhenti merokok, akan banyak manfaat yang dirasakan seperti jarang sesak nafas, tekanan darah normal, resiko diabetes menurun dan indera perasa kembali normal. Dengan banyak manfaat yang bisa didapat dengan berhenti merokok rasanya seimbang dibandingkan dengan terus merokok dan meningkatkan resiko terkena penyakit kronis.

Semoga bermanfaat

referensi :
klikdokter.com
dokter.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Aman Menghindari Tulang Keropos Dengan Berhenti Merokok"

Posting Komentar