Rokok Juga Bikin Tulang Keropos, Berhentilah Merokok Sekarang Juga!!

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa efek buruk merokok seperti yang tertera di warning box pada kemasan rokok. Tulisannya seperti ini.


Turns out, ada fakta terbaru tentang efek buruk rokok terhadap tubuh yaitu khususnya terhadap tulang kita. Ya. Rokok bikin tulang kita jadi keropos.



Dalam rokok terdapat yang namanya radikal bebas, nikotin dan zat adiktif lainnya yang berefek buruk untuk tubuh. 

Radikal bebas adalah molekul bersifat destruktif terhadap sel pertahanan dalam tubuh dan mengganggu perkembangan hormon yang berdampak pada masalah pertumbuhan tulang. 


Sedangkan Nikotin merupakan zat yang sangat jahat bagi tubuh kita karena nikotin mampu membunuh sel-sel yang membentuk tulang atau osteoblas

Selain dua unsur diatas, rokok juga diketahui mampu memaksimalkan kadar hormon kortisol didalam tubuh, yang pada akhirnya membuat proses penghancuran tulang lebih cepat.

Pada dasarnya, kepadatan tulang manusia akan terbentuk pada umur 30. Jika Anda merokok dari masa remaja hingga diatas umur 30, sudah bisa dipastikan tulang Anda tidak mengalami kepadatan sempurna bahkan resiko patah tulang atau tulang keropos semakin meningkat. Resiko ini semakin meningkat lagi pada perokok berat.


Karena merokok merusak pembuluh darah yang menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh. Kerusakan ini juga mampu menjalar hingga ke syaraf yang ada ditangan dan kaki. 


Makanya, ada penelitian yang mengatakan bahwa para perokok yang mengalami patah tulang akan memakan waktu yang sangat lama untuk penyembuhannya.

Efek buruk yang sudah dijelaskan diatas bisa terjadi pada pria dan wanita. Jadi, masih mau merokok? Tanggung sendiri akibatnya ya?


Untuk yang mau berhenti merokok, begini caranya :
  1. Mulailah sadar akan kesehatan untuk diri sendiri dan efek buruk rokok untuk lingkungan sekitar seperti keluarga.
  2. Yakinkan pada diri sendiri Anda sayang terhadap keluarga dan diri Anda sendiri.
  3. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok.
  4. Ajak anggota keluarga yang lain untuk mengingatkan Anda bahwa Anda akan berhenti merokok.
  5. Fokuskan untuk berhenti merokok saat itu juga dan hindari semua hal yang berhubungan dengan rokok.
  6. Sibukkan diri Anda dengan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dari rokok.
Selamat Mencoba.


Share artikel jika bermanfaat untuk Anda,

terima kasih.

referensi :

dr. Nursalim, Alvin. "Tulang Keropos Gara Gara Rokok." klikdokter.com. 09 Mei 2017. 11 Mei 2017.<http://www.klikdokter.com/rubrik/read/2944559/tulang-keropos-gara-gara-rokok

"Pengaruh Rokok Pada Kesehatan Tulang." dokter.id. 31 Mei 2016. 11 Mei 2017.<https://www.dokter.id/berita/pengaruh-rokok-pada-kesehatan-tulang

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rokok Juga Bikin Tulang Keropos, Berhentilah Merokok Sekarang Juga!!"

Posting Komentar