4 Cara Alami Untuk Menghilangkan Perut Buncit

Sekarang ini gaya perut buncit kembali 'nge-trend'. Tidak hanya pria, wanita juga mengalami 'trend' perut buncit. Biasanya terjadi pada pasangan yang telah menikah. Karena mereka terkadang sudah tidak lagi menjaga penampilan karena merasa sudah 'laku' dan makan pun jadi teratur malahan cenderung sering. Sebenarnya sah-sah saja untuk memiliki badan 'berlebih' selama ukuran lingkar pinggang masih dijaga. Bagi pria ukuran normal lingkar pinggangnya adalah 100 cm, sedangkan untuk wanita adalah 90 cm. 






Jika lingkar pinggang sudah melebihi dari ukuran tersebut, harus segera waspada. 
Karena berbagai macam penyakit mulai mengintai. Terlebih lagi, penyakit-penyakit yang beresiko menyerang seseorang dengan perut buncit adalah termasuk jenis penyakit kronis seperti jantung, diabetes, kolesterol dan darah tinggi. Untuk mengatasi perut buncit perlu dicari cara alami yang mampu menghilangkan serta mampu menjaga perut dalam lingkar yang normal. 


Berikut merupakan 4 cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan perut buncit dan menjaganya tetap normal.

1. Sit Up

Sit Up merupakan gerakan olahraga yang bergerak dari posisi rebahan menuju posisi duduk dengan lutut menghadap keatas serta bertumpu pada pinggul dan pantat. Secara dasar, gerakan sit up melatih kekuatan otot pinggul dan otot perut. Dengan rutin melakukan sit up setiap hari, perut akan secara pelan menjadi rata dan kencang. Awalnya akan terasa sakit dibagian bawah perut, namun jika sudah terbiasa dengan gerakan olahraga ini, rasa sakit akan berangsur menghilang. Dengan lemak yang terkikis dan otot perut dan pinggul yang kencang, perut indah bukan lagi hanya impian.

2. Zumba

Zumba pada dasarnya hampir seperti senam aerobik karena memadukan antara gerakan senam dan tarian dan biasanya dilakukan secara berkelompok. Zumba mulai populer di Amerika sejak 2003 dan mulai dibawa ke Indonesia pada tahun 2009. Zumba tidak langsung terkenal di Indonesia dan membutuhkan 3 tahun untuk mulai dikenal dan populer di tahun 2012. Dengan melakukan Zumba, kalori yang terbakar adalah sekitar 9,5 kalori per menit. Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang terbakar setiap harinya jika melakukan Zumba? Manfaat Zumba lainnya adalah selain mengecilkan perut, Zumba juga mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, membuat tekanan darah menjadi normal, memperkuat tubuh dan yang pasti meningkatkan kualitas hidup.

3. Yoga

Kata Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang merujuk pada makna suatu cara untuk memusatkan seluruh pikiran dengan tujuan untuk dapat mengendalikan kelima panca indera. Tujuan utama gerakan yoga adalah mengkhususkan untuk melatih kekuatan otot utama tubuh yaitu otot perut dan otot punggung. 

Yoga pertama kali ditemukan pada era 3000 tahun sebelum Masehi. Orang yang pertama kali mengajarkan yoga adalah seorang filsuf Hindu bernama Maharsi Patanjali dan yoga yang terkenal sekarang ini dipopulerkan oleh seorang dokter keturunan India bernama Swami Sivanda. Swami Sivanda sudah mengajarkan yoga keseluruh dunia melalu buku-buku dan kelas pelatihan. Banyak manfaat yang didapat dari melakukan gerakan yoga, antara lain:
  • yoga mampu meningkatkan konsentrasi
  • yoga mampu menguatkan otot
  • yoga mampu menekan tingkat stress
  • yoga mampu membuat postur tubuh jadi lebih baik
  • yoga baik untuk penderita diabetes, darah tinggi, kolesterol dan penyakit jantung

4. Berjalan dan Joging

Berjalan dan Joging merupakan olahraga yang paling mudah dan murah karena tidak membutuhkan biaya yang banyak. Hanya perlu mengatur waktunya yang pas, apakah sore atau pagi hari? Untuk menjaga tubuh tetap sehat, diperlukan 10.000 langkah tiap harinya. Bisa dengan cara berjalan cepat atau berlari. Sedangkan untuk menjaga berat badan agar tidak melonjak naik dibutuhkan sekitar 15.000 langkah tiap harinya. Jika dihitung berdasarkan waktu atau durasi, normalnya untuk jalan cepat adalah 150 menit per minggu dan joging 75 menit perminggu. 

Jika dilakukan secara tepat dan rutin, akan mendapatkan manfaat yang besar seperti:

  •  penurunan berat badan yang alami sekitar 1-2 kg perminggu
  •  kualitas tidur yang lebih baik
  • memperbaiki mood harian
  • menigkatkan tingkat energi
  • menstabilkan tekanan darah dan tingkat kolesterol
  • menurunkan resiko kanker, diabetes dan jantung

Keempat cara diatas memfokuskan pada penurunan berat badan serta membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Pilih salah satu lalu lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika dirasa mampu untuk melakukan keempat cara diatas, lakukanlah. Asal tidak berlebihan dan tetap terjadwal. Karena olahraga yang terlalu diforsir akan membuat otot menjadi stress dan terserang kelelahan. 

Selain berolahraga, dalam usaha mendapatkan perut yang rata juga perlu diperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 
Ganti menu makanan yang biasa menjadi menu makanan yang sehat seperti jus buah, oatmeal, beras merah dan roti gandum. Serta hindari merokok dan minuman beralkohol serta bersoda.

semoga bermanfaat,

terima kasih.

referensi : 
alodokter.com
artikelkesehatand.com
ensiklo.com
melangsingkantubuh.info
hellosehat.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Cara Alami Untuk Menghilangkan Perut Buncit"

Posting Komentar