Ini Cara Paling Ampuh Untuk Menghindari Kanker Serviks

Setelah 2 tahun lebih berjuang melawan kanker serviks atau kanker mulut rahim yang menyerangnya, saudari kita Yulia Rahmawati atau yang akrab dipanggil dengan Jupe akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. 


Semoga Gusti Allah mengampuni segala dosa-dosanya, aamiin...

Kanker serviks menjadi menduduki peringkat atas penyebab kematian wanita di dunia. Sedangkan di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk kasus kematian wanita akibat kanker serviks



Di tahun 2012 melalui data yang dikumpulkan oleh Globocan tercatat 26 wanita Indonesia meninggal setiap harinya akibat kanker serviks.

Angka yang fantastis bukan?

Data yang lain juga menyebutkan dari semua penderita kanker di Indonesia, sepertiganya merupakan penderita kanker serviks.

Begitu menakutkannya kanker serviks bagi wanita.

Tingginya angka kematian wanita akibat kanker serviks salah satunya karena mudahnya wanita terinfeksi Virus Human Papilloma (HPV)



Virus ini menginfeksi melalui cairan dan sentuhan kulit.

Contohnya seseorang menggunakan toilet duduk yang kotor atau belum dibersihkan sudah mampu terjangkit virus HPV. Selain itu, virus ini juga dengan mudah menular melalui hubungan intim tanpa pengaman.


Selain penyebab dari luar, seseorang bisa terjangkit kanker serviks karena pola hidup yang tidak sehat seperti:


merokok, kurangnya asupan vitamin C dan E serta asam folat, sering bergonta ganti pasangan dalam berhubungan intim, berhubungan intim dibawah umur, keturunan dari penderita kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama dan terlalu sering melahirkan.


Faktanya, virus kanker serviks membutuhkan waktu 10-20 dari pertama kali terinfeksi hingga menjadi kanker. Jadi membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyerang.

Ciri -ciri penderita kanker serviks antara lain :1. saat berhubungan intim selalu terasa sakit dan mengeluarkan darah2. keputihan yang tidak normal dan berlebih serta disertai darah3. sering merasakan sakit pada daerah pinggul4. sering mengalami sakit pada saat buang aur kecil5. pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah yang banyak6. pada kondisi pasien stadium lanjut terdapat pembengkakan di paha atau daerah paha, nafsu makan berkurang drastis, berat badan menjadi tidak stabil, susah buang air kecil, mengalami pendarahan yang tiba-tiba atau spontan.


Karena sangat berbahaya kanker jenis ini, ada baiknya para wanita mulai memperhatikan kondisi atau situasi yang mampu memicu terjadinya kanker serviks. 

Perlu dilakukan adanya pencegahan seperti :1. mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang pas2. memperhatikan kondisi kesehatan tubuh serta kebersihan lingkungan terutama sanitasi3. waspada dengan kondisi air yang digunakan untuk membersihkan organ genital4. segera berhenti merokok5. hindari seks bebas dan seks dibawah umur6. tidak bergonta ganti pasangan dan setia pada satu pasangan7. lakukan pap smear 2-3 tahun sekali setelah pertama kali berhubungan intim8. lakukan vaksinasi HPV jika belum pernah berhubungan intim9. makan makanan yang mengandung betakarotene, vitamin C, vitamin E dan asam folat seperti ubi jalar, wortel, bayam, labu botol, labu kuning, buah pepaya dan mangga.

Kanker serviks atau kanker mulut rahim sangat mematikan jadi alangkah baiknya dilakukan pencegahan terutama oleh para wanita karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

semoga bermanfaat

terima kasih.

referensi :

"Kanker Serviks: Ciri - ciri, Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks." bidanku.com. 12 Juni 2017.<http://bidanku.com/kanker-serviks-ciri-ciri-penyebab-dan-pencegahan-kanker-serviks

Turangan, Lily. "Lakukan Ini Untuk Mencegah Kanker Serviks Seperti Diderita Julia Perez." lifestyle.kompas.com. 24 Maret 2017. 12 Juni 2017.<http://lifestyle.kompas.com/read/2017/03/24/201700423/lakukan.ini.untuk.mencegah.kanker.serviks.seperti.diderita.julia.perez

"Pencegahan Kanker Serviks." alodokter.com. 12 Juni 2017.<http://www.alodokter.com/kanker-serviks/pencegahan

Komentar

Populer