Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Putih Telur Dan Madu

Kulit manusia mempunyai pori-pori yang berbentuk lubang kecil dan terdapat di seluruh tubuh. Meskipun bentuknya yang kecil dan letaknya dibagian terluar tubuh, namun pori-pori mempunyai peran yang sangat penting. Pori-pori berperan sebagai pendukung proses metabolisme dan regenerasi sel-sel kulit. Hasil metabolisme dan regenerasi kulit inilah yang nantinya akan dikeluarkan melalui pori-pori. Pori-pori juga berfungsi sebagai tempat keluarnya keringat hasil sekresi didalam tubuh manusia.



Kulit manusia mempunyai pelembab alami yaitu kelenjar minyak baik yang disebut sebum. Kelenjar minyak baik atau sebum menghasilkan minyak yang menjaga kelembaban kulit agar kulit tidak mudah kering melalui pori-pori.. Jika kelenjar minyak tidak bekerja dengan baik atau berkurang, kulit akan menjadi kusam. Berkurangnya kelenjar minyak juga bisa disebabkan oleh kebiasaan sering mandi. Jika kulit sering terkena sabun, kelenjar minyak dalam kulit akan terganggu dan tidak lagi mengeluarkan minyak baik yang menyebabkan kulit kering. Sebaiknya mandi maksimal 2x sehari. Lebih dari itu akan merusak produksi minyak baik atau sebum.


Pori-pori melebar menimbulkan masalah

Ukuran normal pori-pori adalah sangat kecil. Jika pori-pori tertutup atau malah berubah menjadi lebar, akan menyebabkan masalah kulit yang serius. Ketika pori-pori tertutup, kulit tidak dapat mengeluarkan keringat sebagai hasil dari sekresi. Keringat akan berkumpul didalam kulit dan menjadi jerawat. Selain itu, hasil metabolisme berupa sel-sel kulit mati juga tidak akan terbuang jika pori-pori menutup. Diibaratkan seperti menyimpan kotoran dibawah kulit yang lama kelamaan akan menjadi penyakit kulit.

Sama halnya jika pori-pori kulit membesar akan memicu permasalahan kulit. Sel kulit mati dan minyak yang dikeluarkan akan lebih banyak terkonsentrasi dikulit dan mudah bercampur dengan debu dan polusi. Hal inilah yang memicu munculnya jerawat dan komedo di beberapa bagian tubuh yang terpapar udara langsung seperti wajah, leher dan tangan. Agar tidak terjadi semakin parah, kondisi ini harus segera ditangani. Terutama pori-pori yang berada di wajah. Karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan wajah menjadi kotor, mudah berjerawat dan kusam serta muncul bintik-bintik hitam.

Kondisi pori-pori yang membesar disebabkan oleh berbagai macam faktor antara lain, faktor genetik, paparan sinar ultraviolet terlalu lama dan sering, perokok, perubahan hormon karena siklus haid atau hamil, aging atau penuaan dan terganggunya proses regenerasi kulit. Selain itu, melebarnya pori-pori juga mampu menyebabkan rambut tumbuh lebih banyak di daerah tersebut. Karena folikel rambut terbuka lebar akan memicu pertumbuhan rambut lebih lebat.

Putih Telur

Pori-pori yang melebar dapat ditangani dengan cara alami menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita dan mudah didapatkan. Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah putih telur dan madu alami. Kedua bahan alami putih telur dan madu mempunyai kandungan nutrisi dan protein yang tinggi. Putih telur yang lengket dan berprotein tinggi mampu berfungsi sebagai lem alami yang dapat mengembalikan pori-pori kembali ke ukuran semula. 

Kondisi pori-pori yang mengeluarkan minyak berlebih mampu diatasi oleh putih telur. Cara kerjanya adalah dengan menyerap minyak berlebih yang ada dikulit. Seperti pada saat kita menggoreng telur, minyak goreng banyak yang terserap oleh telur. Telur terlihat sangat berminyak. Hal inilah yang terjadi pada kulit ketika dilapisi oleh putih telur dan akan membantu kulit terbebas dari minyak yang berlebih. 

Madu Alami

Madu merupakan bahan alami dari alam yang mempunyai banyak khasiat. Madu banyak digunakan dalam bidang kesehatan, kecantikan dan kuliner. Madu memiliki kandungan nutrisi lengkap yang sangat baik untuk tubuh. Untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang melebar, madu alami adalah bahan yang sangat diperlukan. Karena dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, madu mampu membantu kulit mengembalikan ukuran pori-pori kembali normal. Madu menutrisi kulit dengan vitamin dan mengembalikan fungsinya.

Untuk mengembalikan ukuran pori-pori kembali ke ukuran normal dapat dilakukan dengan cara membuat masker dari kedua bahan alami yang sudah dibahas diatas yaitu putih telur dan madu alami. Dengan menggunakan masker, perawatan akan lebih efektif karena langsung diaplikasikan ke pusat masalah. Sebelum membuat masker perawatan pori-pori kulit, kita memerlukan bahan-bahan sebagai berikut :
  • putih telur ayam segar yang sudah dipisahkan dari kuningnya. (cukup satu butir telur)
  • 1 sendok madu alami. Pastikan madu yang benar-benar alami tanpa campuran apapun.
Berikutnya cara membuat masker putih telur dan madu yang sangat mudah seperti dibawah ini : 

  • Cukup campurkan putih telur dan madu kedalam satu wadah. 
  • Kocok atau aduk beberapa saat hingga kedua bahan tercampur sempurna.
  • Setelah kedua bahan tercampur sempurna, aplikasikan masker tersebut dengan mengoleskannya keseluruh wajah secara merata.
  • Jangan terburu-buru untuk dibersihkan. 
  • Tunggu beberapa menit agar masker terserap merata dan mengering.
  • Setelah terasa kering merata, segera bilas dan bersihkan dengan air dingin. 
Pastikan masker tidak dibilas dengan air panas atau hangat karena akan kembali membuat pori-pori membesar. Jika hal ini terjadi, sia-sia sudah perawatan masker kulit yang sudah dilakukan. Usahakan untuk memakai masker alami ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi jika kulit sering terpapar langsung sinar matahari dan udara. Gunakan juga pelembab kulit untuk membantu mengatasi efek paparan polusi dan sinar matahari.

Semoga bermanfaat.


referensi :
cantikmoo.com
health.detik.com
cantikalamiku.com
cantikitu.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Putih Telur Dan Madu"

Posting Komentar