Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Teh Hijau Dalam 5 Menit

Di negara seperti Cina dan Jepang, teh hijau sudah sangat dikenal oleh masyarakatnya sebagai teh kesehatan. Teh hijau menjadi minuman yang dinikmati disaat santai dan terkadang dinikmati setelah makan besar. Kebiasaan minum teh hijau orang Jepang dan Cina sama seperti halnya kebiasaan minum teh orang Indonesia. Yang membedakan adalah penambahan gula pada teh yang dinikmati orang Indonesia. Itulah kenapa orang Jepang dan Cina kebanyakan memiliki badan yang kecil dan langsing tetapi tidak untuk orang Indonesia. 

Bagi orang Indonesia penambahan gula pada teh menambah citarasa teh itu sendiri, apalagi jika dinikmati dalam keadaan panas. Seperti orang Tegal bilang WASGITEL, wangi panas sepet legi kentel. Peranan teh didalam masyarakat Indonesia sangat penting karena diberbagai kesempatan teh dijadikan minuman wajib untuk disuguhkan.  

Teh hijau sebagai minuman diet

Teh hijau mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia setelah terbukti mampu membantu program penurunan berat badan. Para praktisi kesehatan dalam bidang program diet penurunan berat badan selalu menganjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau bagi yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Biasanya teh hijau dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Kandungan dalam teh hijau mampu membantu tubuh membakar lebih banyak lemak selama berolahraga. Selain teh hijau, kopi hitam tanpa gula juga sering dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Keduanya dinilai mempunyai kemampuan yang sama dalam membakar banyak lemak didalam tubuh.

Selain dikonsumsi sebelum berolahraga, teh hijau juga biasanya dimasukkan ke dalam menu harian untuk diminum sebelum makan. Tetapi tidak untuk setelah makan karena kandungan senyawa dalam teh akan mengikat nutrisi makanan sehingga tidak bisa terserap oleh tubuh. Tidak hanya sebagai minuman penurun berat badan, bagi yang ingin menjaga berat badannya stabil sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi teh hijau setiap hari. Sebaiknya tetap menghindari penambahan gula dalam penyajiannya.

Teh hijau sebagai pencegah rambut rontok

Rasa dan penampakan teh hijau dibandingkan teh yang lain yang ada di Indonesia sangat berbeda. Teh di Indonesia kebanyakan berwarna pekat dan tidak terlalu pahit, sedangkan teh hijau berwarna lebih terang namun terasa lebih pahit. Kandungan didalam teh hijau selain berguna dalam program penurunan berat badan atau diet, ternyata berguna juga untuk mengatasi dan mencegah rambut mengalami kerontokan.. 



Selain mencegah kerontokan pada rambut, perawatan rambut menggunakan teh hijau juga memiliki banyak manfaat seperti,

  • berkhasiat menghilangkan dan mencegah timbulnya ketombe
  • menurunkan resiko terkena penyakit kulit psoriasis
  • mengurangi iritasi pada kulit kepala
Kandungan dalam teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan rambut dan menghindarkan dari kerontokan. Nutrisi dan vitamin inilah yang bekerja dari luar untuk melapisi kulit kepala dan rambut agar lebih sehat dan kuat. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam teh hijau antara lain :
  • Vitamin E yang terbukti mampu menjaga kesehatan kulit dan menghalau radikal bebas. Manfaat ini juga bisa aplikasikan kepada kulit kepala. Vitamin E mampu menjaga kelembaban alami dan menghindarkan kulit kepala dari kerusakan. Selain itu, vitamin E membuat folikel rambut lebih lebar sehingga rambut mampu tumbuh lebih lebat dan kuat.
  • Vitamin C merupakan antioksidan alami yang akan melindungi rambut dan kulit kepala dari gangguan ekstrem paparan sinar matahari, debu dan polusi.
  • Pathenol dan provitamin berkhasiat sebagai nutrisi yang menguatkan akar rambut dan menjadikannya tidak mudah rontok atau patah.
  • Sedangkan, EGCE (Epugallocatechin-3-gallete) didalam teh hijau terdapat sekitar 10% dari total kandungan mineral dan vitamin secara keseluruhan. EGCE berkhasiat dalam merangsang pertumbuhan rambut. 
Semua mineral dan nutrisi yang disebutkan diatas dapat diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut secara langsung. Perawatan ini tidak mengalami proses kimia atau diolah dengan mesin sehingga cara ini terbilang alami dan aman. Cara mencegah dan mengatasi rambut rontok dengan teh hijau adalah dengan cara sebagai berikut :
  • Siapkan teh hijau atau daun teh hijau kering. Bisa didapatkan di swalayan atau toko-toko yang menjual minuman herbal.
  • Siapkan teko atau panci untuk dan diisi setengah gelas air.
  • Letakkan daun teh pada panci atau teko kemudian panaskan hingga mendidih.
  • Setelah mendidihkan, diamkan selama semalam suntuk.
  • Cairan teh hijau akan mengendap dan menjadi basi.
  • Cairan teh hijau yang sudah mengendap dan menjadi basi, dioleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit bilas kulit kepala dengan air dan shampoo.
Jika cara ini tidak mendatangkan perubahan yang berarti pada kulit kepala dan rambut serta masih mengalami kerontokan, ada baiknya dikonsultasikan dengan pakar kesehatan rambut untuk penanganan lebih intensif. Karena mengatasi rambut rontok dengan teh hijau hanya sebagai pertolongan pertama pada rambut rontok.

Semoga bermanfaat.


referensi : 
cantikmoo.com
wartamedika.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Teh Hijau Dalam 5 Menit"

Posting Komentar