5 Cara Alami Agar Selalu Tampil Awet Muda

Awet muda adalah kondisi dimana kulit terlihat kencang dan tidak terdapat keriput. Awet muda menjadi dambaan banyak orang bukan hanya wanita namun para pria pun mendambakan kondisi ini. Awet muda dapat menambah kepercayaan diri karena dapat menutupi usia yang sesungguhnya. Banyak orang mendambakan kulit yang awet muda namun mendapatkanya dengan cara instan seperti perawatan di salon kecantikan atau menggunakan krim dan obat-obatan yang belum terjamin keamanannya.



Selain menggunakan obat-obatan herbal dan perawatan kecantikan, ada 5 cara alami yang dapat dilakukan untuk mendapatkan awet muda. Jika cara-cara ini dilakukan bukan hanya awet muda yang didapatkan, namun kesehatan tubuh juga terjaga.

Yoga

Olahraga ini sudah mulai populer di Indonesia, bahkan ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai gaya hidup. Yoga jika dilihat dari namanya memang bukan berasal dari Indonesia. Yoga berasal dari India dan nama Yoga diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti memfokuskan seluruh pikiran agar dapat mengendalikan panca indera.

Tujuan awal yoga adalah melatih seluruh indera pada butuh dan jiwa agar memfokuskan diri untuk bersatu dengan Sang Pencipta. Karena itu gerakan yoga sangat kompleks dan melibatkan seluruh anggota tubuh serta melatih pernafasan.

Banyak sekali manfaat yang didapat dengan melakukan yoga secara rutin, antara lain
  • Membuat tubuh menjadi lebih bugar
  • Membuat kulit tampak lebih awet muda karena gerakan yoga membuat sirkulasi darah menjadi lancar yang memungkinkan oksigen dan nutrisi  terserap sempurna oleh tubuh.
  • Menghindarkan tubuh dari racun yang merusak kulit karena yoga membantu proses detoksifikasi dalam tubuh berjalan lancar.
  • Membuat kulit lentur dan menghilangkan kulit keriput.

Angkat Beban

Jenis olahraga ini memang membutuhkan niat khusus dan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Olahraga angkat beban membutuhkan tempat khusus dan latihan yang khusus. Biasanya para wanita menghindari jenis olahraga ini karena tidak ingin tubuhnya jadi kekar dan berotot seperti pria. Hal ini merupakan anggapan yang salah karena wanita tidak mempunyai hormon testosteron sehingga tidak akan mejadi berotot layaknya para binaragawan.

Olahraga angkat beban mempunyai manfaat khusus untuk wanita, yaitu
  • Menurunkan resiko terkena penyakit osteoporosis di masa tua nanti karena mampu membuat tulang menjadi padat.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Olahraga angkat beban jika dilakukan dengan benar akan membentuk otot menjadi kering sehingga melunturkan lemak yang ada didalam tubuh dan digantikan dengan massa otot yang lebih besar. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh mampu mengurangi kadar gula dalam darah dan trigliserida atau lemak dalam darah. Kondisi otot yang padat serta trigliserida yang menurun akan menghindarkan tubuh dari serangan pengerasan arteri dan diabetes type 2.
  • Membuat tekanan darah menjadi normal hingga 10 sampai 12 jam setelah latihan.
  • Mengencangkan otot tubuh secara meyeluruh. Angkat beban jika dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh akan membuat otot seluruh tubuh menjadi kencang sehingga badan terlihat ideal dan kulit selalu tampak awet muda.
  • Memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak lebih optimal.
  • Kualitas hidup lebih terjaga.
  • Dengan rutin olahraga angkat beban, ruang penyimpanan lemak dalam tubuh menjadi terkikis karena tergantkan oleh massa otot yang membesar.
  • Membuat tampilan diri 50% lebih muda karena gerakan tubuh menjadi optimal dan otot-otot menjadi kencang sehingga tubuh lebih energik dan kulit terlihat awet muda.

Squats

Squats merupakan gerakan olahraga yang menitik beratkan pada kekuatan paha dan otot belakang namun efeknya berimbas keseluruh tubuh. Selain itu, olahraga squats mampu membakar lemak lebih banyak dan membentuk pantat lebih indah. Seperti halnya yoga dan angkat beban, gerakan squats mampu memberikan efek yang baik untuk tubuh khususnya meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dan nutrisi yang diproses didalam tubuh dapat diedarkan dan diserap dengan baik oleh tubuh termasuk nutrisi untuk kulit. Dari luar, gerakan squats mampu mengencangkan kulit dan membuat tampilan kulit terlihat kencang dan indah. Yang unik dari squats adalah olahraga ini tidak membutuhkan alat apa-apa dan dapat dilakukan dimana saja.

Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan murah karena dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dengan siapa saja. Berjalan kaki melibatkan seluruh otot dalam tubuh sehingga sangat baik untuk dilakukan setiap harinya.

Sebuah iklan susu kesehatan tulang yang ditayangkan di televisi pernah menghimbau masyarakat Indonesia untuk berjalan 10.000 langkah setiap harinya. Himbauan ini bukanlah isapan jempol belaka atau sekedar promo produk namun berjalan 10.000 langkah setiap harinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Hal ini disebabkan karena berjalan kaki :
  • Baik untuk jantung dimana aliran darah dan pembuluh darah dapat bekerja dengan sempurna sehingga menhindarkan dari resiko penyakit jantung dan pemyumbatan pembuluh darah.
  • Membakar kalori dalam jumlah banyak yang tersimpan didalam tubuh akibat dari banyaknya jumlah makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya.
  • Menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita kencing manis atau diabetes.
  • Membakar lemak yang membuat tubuh menjadi langsing, kulit menjadi kencang dan dan tampilan terlihat awet muda.

Latihan cardio

Latihan atau olahraga kardio merupakan olahraga dengan interval dan intensitas yang tinggi. Yang termasuk dalam kategori olahraga kardio antara lain bersepeda, berenang dan berlari. Olahraga kardio berfokus pada kesehatan jantung karena dengan jantung yang sehat dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang. Latihan cardio merupakan olahraga yang cepat dalam membakar lemak yang tertimbun didalam tubuh dan membantu pembentukan otot. Meski tidak seefektif angkat beban dalam memperbesar massa otot. Dengan jantung yang sehat dan lemak yang terbakar sempurna, kesehatan tubuh dan kulit akan terjaga dan membuat tampilan diri menjadi lebih menarik dan terlihat awet muda.

Kelima olahraga diatas dapat dijadikan alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit, namun bukan berarti tidak melakukan olahraga lain. Olahraga lain juga baik untuk tubuh karena ketika kesehatan tubuh terjaga, kualitas dan performa aktifitas akan meningkat. Lakukan olahraga 4x dalam seminggu secara rutin agar manfaat dan tujuannya dapat dirasakan setiap harinya.
Semoga bermanfaat.

Referensi :
Melangsingkantubuh.info
Sahabatnestle.co.id
Yogareka.com
Programfitnes.com
Hiduphealthy.blogspot.com
Pixlfitnes.com
Sehatluwihindah.blogspot.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Alami Agar Selalu Tampil Awet Muda"

Posting Komentar