Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Konsumsi Nanas Secara Teratur

Don’t judge book by its cover memang pantas disematkan pada buah nanas. Dibalik tampilannya yang kurang menarik serta memerlukan tehnik khusus dalam mengupasnya, ternyata nanas mempunyai segudang manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.



Nanas bukan merupakan buah asli Indonesia karena nanas atau nenas berasal dari negara-negara Amerika Latin seperti Brasil, Bolivia dan Paraguay. Sedangkan di Indonesia, pusat penghasil nanas terbesar adalah daerah Subang. Nanas sebenarnya bukan buah tunggal melainkan kumpulan dari buah beri yang menyatu menjadi kesatuan tunggal.

Kandungan buah nanas

Dalam 1 buah nanas mengandung banyak sekali mineral yang baik untuk tubuh seperti fitosterol dan bromelain serta serat yang tinggi yang mampu membuang racun dari dalam tubuh. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, nanas juga bersifat diuretik dan anti-inflamasi yang mampu menyehatkan pencernaan dan menghindari adanya peradangan didalam tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral
  • Vitamin A dan betakarotene. Nanas mengandung vitamin A dan betakarotene yang tinggi. Kedua vitamin dan mineral ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan betakarotene mampu memberikan perlindungan terhadap mata dari degenerasi makula. Selain bermanfaat untuk mata, kedua vitamin dan mineral dapat menangkal penyakit kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Vitamin C. Nanas termasuk buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin c dalam buah nanas mampu berperan sebagai antioksidan yang membantu membangun sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi maksimal. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh mampu menangkal radikal bebas dan penyakit. Vitamin C juga mampu berperan aktif dalam menjaga kesehatan gusi dan pembuluh darah.
  • Vitamin B1 atau Thiamin. Vitamin B1 mempunyai peran penting didalam tubuh dimana vitamin B1 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 juga bermanfaat sebagai vitamin yang mampu memperkuat otot.
  • Fosfor. Fosfor merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam usahanya memperkuat tulang dan menghindarkan dari resiko osteoporosis.
  • Kalium. Kalium dalam nanas sangat berguna bagi kesehatan ginjal dan mampu menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Mangan. Mangan merupakan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga hanya didapatkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nanas mengandung mangan yang tinggi. Mangan yang dikonsumsi oleh tubuh mempunyai peranan dalam proses pertumbuhan tulang. Selain berguna untuk tulang, mangan juga membantu penyembuhan luka yang terdapat dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Seperti halnya vitamin C, mangan juga membantu tubuh memperkuat sistem kekebalannya dengan menstabilkan gula darah dan menghindarkan dari gangguan pencernaan.
Kandungan enzim

Enzim yang terdapat didalam buah nanas adalah bromelain. Bromelain adalah enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Bromelain mampu mengatasi segala peradangan yang terjadi didalam tubuh seperti peradangan pada tulang yang disebabkan oleh arthritis, asam urat, radang tenggorokan dan asam lambung. Bromelain dalam nanas juga dapat dijadikan sebagai makanan sehat pasca operasi sehingga mengurangi pembengkakan pada luka.

Manfaat buah nanas

Dengan kandungan mineral dan enzim yang telah dijelaskan diatas, berikut 4 manfaat utama mengkonsumsi nanas secara teratur :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah nanas mengandung vitamin C yang tinggi yang bersifat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membunuh virus dan bakteri  jahat yang ada didalam perut. Perut yang terjaga kesehatannya akan menjadi mudah dalam menyerap nutrisi dari makanan secara optimal sehingga sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik.
  2. Menjaga hati dan usus besar tetap bersih. Didalam tubuh manusia terdapat organ yang bertugas membuang racun yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia. Racun-racun tersebut disaring oleh hati dan dikeluarkan melalui feses. Nanas yang segar mengandung antioksidan dan enzim pencernaan yang baik dalam meningkatkan fungsi organ hati dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, kandungan air dalam nanas juga bersifat sebagai pencahar yang mampu merangsang organ pembuangan dan mencegah sembelit.
  3. Mendukung kerja tiroid. Kelenjar tiroid mempunyai peran yang besar didalam tubuh karena kelenjar tiroid bertugas dalam mengatur kemampuan tubuh dalam membakar energi, memproduksi protein dan mengatur sensitivitas tubuh. Jika kelenjar tiroid terganggu akan menyebabkan banyak masalah besar didalam tubuh. Efek yang paling terlihat adalah penyakit gondok yang membuat leher penderitanya menjadi membesar karena kelenjar tiroid memang terletak dibagian depan leher. Bromelain dalam buah nanas mampu menghindarkan tubuh mengalami kerusakan kelenjar tiroid karena mampu meningkatkan fungsinya sehingga kelenjar tiroid dapat bekerja secara efektif.
  4. Menurunkan resiko peradangan didalam tubuh. Lagi-lagi kandungan bromelain dalam nanas sangat berguna untuk tubuh. Bromelain bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan sehingga mampu menghindarkan tubuh dari serangan radang seperti penyakit tulang atau arthritis. Selain masalah peradangan pada tulang, nanas juga mampu menurunkan resiko radang usus dan mengendalikan produksi gas didalam perut serta membantu membuang timbunan lemak pada perut jika dikonsumsi secara teratur.

Cara sehat mengkonsumsi nanas 

Yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi nanas adalah tingkat kematangan nanas. Nanas yang baik untuk dikonsumsi adalah nanas yang sudah benar-benar matang. Tingkat kematangan nanas tidak terlihat dari warna buahnya melainkan dari aroma yang tercium. Nanas yang sudah matang akan mengeluarkan aroma yang kuat.
  • Sebagai bahan pembuat infused water. Infused water mulai populer diawal tahun 2010 dan menjadi trend kesehatan yang baru hingga sekarang. Infused water adalah pola konsumsi air minum yang baru dimana air putih digabung dengan buah-buahan. Tujuan utamanya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi maksimal dengan tambahan beberapa vitamin dan mineral yang terdapat didalam buah-buahan. Nanas merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai bahan pembuat infused water. Potong buah nanas menjadi bagian kecil dan campurkan dengan air dingin. Sebaiknya diamkan selama semalaman agar air putih dan nanas tercampur sempurna. Setelah mengkonsumsi campuran air dengan nanas, jangan lupa untuk mengkonsumsi buahnya juga.
  • Sebagai bahan makanan alternatif dalam diet penurunan berat badan. Kandungan serat dan vitamin yang tinggi menjadikan nanas sebagai buah yang cocok digunakan sebagai menu diet. Kandungan gizi dalam nanas mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh tanpa membuat berat badan menjadi naik. Nanas dapat disantap langsung dengan dipotong kecil-kecil sesuai selera. Jika menginginkan variasi, nanas juga dapat dikonsumsi sebagai jus. Konsumsi air nanas secara teratur setiap hari yang dihasilkan dengan cara diparut dan diperas mampu menjaga kesehatan tubuh lebih optimal.

Meskipun nanas sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, nanas tidak cocok dikonsumsi oleh penderita gangguan pencernaan atau gangguan lambung, anak kecil dan orang tua. Sebaiknya batasi konsumsi nanas maksimal 2-3x dalam sehari karena kelebihan vitamin dan mineral sangat tidak dianjurkan bagi tubuh.


Sumber :
indozonehealth
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelenjar_tiroid
https://www.merdeka.com/sehat/minum-air-nanas-di-pagi-hari-dan-dapatkan-8-manfaat-sehat-ini.html
carakhasiatmanfaat.com
merdeka.com
pusatobatpelangsing.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Konsumsi Nanas Secara Teratur"

Posting Komentar