Cara Sehat Menghindari Kanker Dengan Konsumsi Buah Nangka Secara Teratur

Siapa yang tidak kenal buah nangka? Hampir semua orang tahu dan kenal dengan buah yang satu ini. Buah nangka atau nama latinnya Artocarpus heterophyllus memiliki rasa yang khas yang merupakan kombinasi dari rasa asam dan manis terkadang pahit. Selain rasanya yang khas buah nangka juga mempunyai aroma yang khas pula meskipun tidak terlalu menyengat seperti buah durian.



Buah nangka memiliki bentuk yang lonjong dan panjangnya mencapai 100 cm serta berduri kecil dan lunak. Ada dua jenis buah nangka, yaitu nangka bubur dan nangka salak.
  • Nangka bubur memiliki daging buahnya terlihat tipis namun berserat, terlihat lunak seperti bubur dan mempunyai rasa asam manis serta memiliki aroma buah yang sangat tajam.
  • Nangka salak memiliki ciri-ciri yang berbanding terbalik dengan nangka bubur. Nangka salak adalah nangka yang paling sering dijumpai dipasaran karena dagingnya yang padat, tebal dan keras. Meskipun memiliki rasa yang manis namun agak pahit, nangka salak masih menjadi favorit orang-orang, mungkin karena aromanya yang tidak terlalu tajam.

Manfaat dari kandungan buah nangka

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa nangka mengandung vitamin dan mineral yang mampu menjaga ketahanan tubuh, bahkan buah nangka dinilai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu pertumbuhan sel-sel sehat dalam tubuh. 

Lalu apa saja kandungan di dalam buah nangka? Buah nangka banyak mengandung :

  • Serat yang tinggi. Buah nangka kaya akan serat yang mampu membantu pencernaan bekerja lebih optimal. Selain itu, buah nangka memiliki kemampuan dalam melindungi selaput lendir usus dan menghilangkan cairan kimia yang menjadi penyebab kanker.
  • Kalium. Buah nangka memiliki kandungan kalium yang tinggi dimana mineral ini bermanfaat dan berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung serta menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Kalsium. Kalsium sudah menjadi rahasia umum menjadi mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam usahanya menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kalsium dalam buah nangka mampu membantu menghindarkan tulang dari osteoporosis.
  • Zat besi. Selain baik untuk tulang dan jantung, buah nangka juga baik untuk mencegah tubuh terserang anemia atau kekurangan darah. Zat besi dalam buah nangka juga membantu tubuh menjaga sirkulasi darah tetap lancar.
  • Phyto-nutrisi. Phyto-nutrisi atau fitonutrien dalam buah nangka yang terdiri dari lignan, isoflavon dan saporin berperan dalam menangkal dan menghambat radikal bebas yang mampu memicu kanker dan mampu membuat sel-sel sehat dalam tubuh lebih aktif.
  • Vitamin C. Vitamin C mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas khususnya yang membuat tubuh kehilangan kemampuannya dalam meregenerasi sel atau degeratif sel. Vitamin C berperan dalam menciptakan anti-aging khususnya untuk kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin A. Buah nangka ternyata memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Selain mata, vitamin A juga memiliki kemampuan dalam menjaga keelastisan kulit.
  • Gula alami. Didalam buah nangka terdapat gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang tidak berbahaya untuk tubuh dan dapat dijadikan sebagai sumber energi. Dengan adanya kandungan gula alami, buah nangka sangat cocok jika dimasukkan kedalam program diet.

Ternyata sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah nangka. Kandungan mineral dan vitaminnya sangat cocok dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jumlah yang harus dikonsumsi dan kondisi tubuh yang mngkonsumsi buah nangka.

Efek buruk mengkonsumsi buah nangka

Kondisi tubuh setiap orang sangat berbeda, ada yang memiliki pencernaan yang kuat ada juga yang memiliki pencernaan yang lemah. Buah nangka memang terbukti sangat sehat untuk dikonsumsi namun berlaku hanya bagi yang memiliki ketahanan terhadap buah nangka. Ada juga beberapa orang yang tidak memiliki ketahanan terhadap buah nangka seperti orang yang memiliki masalah lambung atau maag yang kronis, orang yang memiliki masalah kelainan darah atau orang yang menderita diabetes. 
Berikut beberapa efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah nangka terlalu banyak dan dikonsumsi oleh orang yang salah.
  • Bagi para penderita maag kronis sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini karena dapat memicu gejala maag semakin parah. Selain itu, buah nangka dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan meningkatkan jumlah gas dalam perut.
  • Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap sesuatu dan tidak menutup kemungkinan untuk buah nangka. Bagi yang memiliki alergi terhadap buah nangka, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nangka karena akan memunculkan reaksi alergi yang berbahaya.
  • Buah nangka memang memiliki manfaat untuk menjaga sirkulasi darah didalam tubuh namun bagi penderita kelainan atau gangguan pada darah sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini karena dapat menimbulkan penggumpalan darah yang berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu stroke.
  • Selain penderita kelainan darah, penderita diabetes juga sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena kandungan gula yang tinggi dalam buah nangka mampu menganggu toleransi tubuh terhadap glukosa.
  • Buah nangka memiliki serat yang tinggi namun akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Serat yang berlebihan akan membuat pencernaan menjadi terganggu dan feses menjadi tidak normal dan memungkinkan tejadinya diare.
  • Bagi ibu hamil, buah nangka tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan suhu janin didalam perut dan menyebabkan kontraksi dini.

Kesimpulannya adalah buah nangka merupakan buah yang sehat penuh khasiat dan mampu menjadi sumber energi yang aman bagi tubuh. Kandungan lemak yang rendah dan gula alami dalam buah nangka menjadikan buah ini sangat aman dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan jumlah yang boleh dan tidak dikonsumsi oleh tubuh. Meskipun buah nangka sehat tetapi tidak bermanfaat jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki pantangan buah ini.

Semoga bermanfaat.

Sumber :
Cnnindonesia
Vemale.com
Merdeka.com

Faunadanflora.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Sehat Menghindari Kanker Dengan Konsumsi Buah Nangka Secara Teratur"

Posting Komentar