Cara Aman Menghindari Gemuk Dengan Sering Mengkonsumsi 6 Makanan Anti Gemuk

Beberapa orang mendambakan tubuh yang langsing namun susah sekali untuk meninggalkan kebiasaan mengemil. Padahal kebiasaan mengemil adalah faktor yang paling mempengaruhi dalam kenaikan berat badan. Kebiasaan mengemil menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh namun tidak semuanya dibakar menjadi tenaga. 




Hal inilah yang menjadikan berat badan bertambah karena kalori yang mengendap berubah menjadi lemak.

Untuk mengatasi kebiasaan buruk tersebut namun tetap menjaga kesehatan terutama berat badan agar tidak naik, tidak ada salahnya merubah cemilan yang tidak sehat menjadi cemilan sehat. 

Awalnya mungkin terasa aneh karena cemilan sehat tidak menawarkan rasa yang manis dan enak namun banyak manfaat kesehatan dibaliknya. 

Berikut 6 contoh makanan yang dapat dijadikan cemilan tanpa takut menjadi gemuk.

Selada

Merupakan jenis sayuran yang sering kali menjadi salah satu bahan dalam pembuatan salad. Banyak manfaat kesehatan yang didapat dari rutin mengkonsumsi salad, antara lain :
  • Sebagai sumber vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.
  • Sebagai antioksidan karena mengandung Zeaxanthin yang mampu mencegah resiko terkena penyakit katarak serta kaya akan flavonoid yang mampu mencegah kanker paru-paru dan mulut.
  • Sebagai pencegah osteoporosis dan kerusakan otak neuronal dan alzheimer karena mengandung vitamin K.

Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang sering ditemui sebagai pelengkap lalapan atau acar. Biasanya disajikan dengan daging ayam atau kambing yang digoreng atau dibakar. 

Mentimun merupakan sayuran yang unik karena hanya dapat dipanen sekali, setelah panen tumbuhannya akan mati dan para petani mentimun harus menanam kembali dari awal. 

Manfaat yang didapat dari rutin mengkonsumsi mentimun antara lain :
  • Mampu melancarkan pencernaan karena mengandung serat alami dan efek dingin yang mampu mengurangi sensasi mulas atau sakit perut.
  • Mampu mencegah dehidrasi dan meningkatkan ketahanan tubuh. Mentimun terdiri dari 95% air yang membantu mengatasi dehidrasi didalam tubuh serta kaya akan vitamin C yang membantu tubuh meningkatkan imunitas.
  • Sebagai pengatur kadar insulin dalam tubuh. Selain dijadikan cemilan juga dapat dikonsumsi sebagai jus secara rutin yang mampu membantu mejaga kesehatan pankreas memproduksi insulin dalam tubuh. Selain menjaga kesehatan pankreas, mentimun juga mampu membantu menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh agar tidak naik karena mengandung senyawa sterol.

Semangka

Buah yang satu ini tidak semua orang menyukainya karena aromanya yang khas membuat beberapa orang tidak tertarik. Padahal dibalik aroma dan rasanya yang khas, semangka menyimpan banyak manfaat kesehatan, antara lain
  • Mampu membantu kesehatan ginjal karena mengandung kalium yang bertugas membersihkan racun-racun yang mengendap di ginjal serta mampu menekan kadar asam urat sehingga menekan pembentukan batu ginjal.
  • Membantu mengurangi resiko stroke yang disebabkan oleh pengerasan dinding pembuluh arteri dan vena dengan kandungan karetenoid yang tinggi. Selain karetenoid, semangka juga mengandung Kalium yang berguna dalam pemeliharaan kesehatan jantung serta tekanan darah.

Kembang kol

Sayuran yang satu ini bentuknya mirip brokoli namun berwarna lebih cerah. Biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan sayur sop. Selain digunakan sebagai campuran dalam masakan, kembang kol juga dapat dijadikan cemilan sehat karena mampu memberikan manfaat kesehatan, yaitu :
  • Membantu melancarkan buang air besar karena mengandung serat alami dan juga mengatasi sembelit.
  • Sebagai anti oksidan yang membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan ketahanan tubuh.
  • Sebagai nutrisi tulang karena mengandung tinggi kalsium.

Paprika

Paprika merupakan salah satu jenis cabai dan rasanya agak pedas. Bagi penyuka rasa pedas dapat menjadikan paprika salah satu cemilan sehat dan dapat dicampur dengan salad atau pun makanan sehat lainnya. Jika paprika rutin dikonsumsi, banyak manfaat kesehatan yang akan didapat seperti
  • Turunnya tingkat kolesterol jahat didalam tubuh, diabetes lebih terkontrol dan meredakan nyeri dan peradangan karena paprika mengandung zat bernama capsaicin yang mampu melakukan semua hal tersebut.
  • Menangkal radikal bebas karena mengandung anti oksidan seperti phytochemical dan betakarotene.
  • Tidak membuat gemuk karena rendah kalori serta banyak mengandung vitamin A dan C.

Apel

Sudah menjadi rahasia umum bahwa apel menjadi cemilan yang sehat yang mampu menurunkan berat badan karena mengandung serat alami yang tinggi yang mampu mengenyangkan perut dalam waktu lama. 

Selain itu, apel juga terkenal sebagai anti oksidan yang bagus untuk membersihkan racun didalam tubuh. manfaat lain dari apel antara lain
  • Mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh melalui senyawa pectin yang mampu merubah kolesterol didalam tubuh menjadi sumber tenaga.
  • Selain mengenyangkan perut lebih lama, apel juga mengandung ursolic acid yang terdapat pada kulitnya yang bertugas mengurangi resiko obesitas dengan memperbanyak pembakaran kalori  serta meningkatkan kekuatan otot.
  • Mengatasi masalah pernafasan dengan cara mengkonsumsi apel  5x dalam seminggu karena mengandung quercetin yang merupakan antioksidan yang melindungi paru-paru dari radikal bebas.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan menu sehat sehari-hari untuk mengkonsumsi salah satu atau semua sayuran dan buah sehat diatas agar tidak bosan dan tubuh makin sehat.
Semoga bermanfaat.


Referensi
Indozonehealth
Merdeka.com
Manfaat.co
Dietcepatalami.com




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Aman Menghindari Gemuk Dengan Sering Mengkonsumsi 6 Makanan Anti Gemuk"

Posting Komentar