Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani Setiap Hari Agar Tercipta Kebahagiaan Yang Hakiki


“Kesehatan itu penting” adalah istilah yang sering kita dengar dan sayangnya seringkali kita abaikan. Baru setelah penyakit menjangkiti tubuh kita, bahwa kesehatan itu penting baru terasa.

Memang benar bahwa kesehatan itu penting. Jika badan kita sehat, segala aktifitas yang kita lakukan terasa ringan. Selain itu, pikiran dan jiwa kita akan selalu berpikir positif terhadap segala hal.

Lalu bagaimana caranya menjaga agar tubuh dan jiwa kita selalu sehat?

Ada sebuah pepatah mengatakan “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Pepatah ini mengisyaratkan bahwa untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang kuat harus dimulai dari mendapatkan badan yang sehat.

mens sana in corpore sano via kompasiana.com

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat perlu usaha yang sungguh dalam menerapkan pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat akan menuntun kita melakukan gaya hidup sehat yang pada akhirnya menjadikan kebiasaan-kebiasaan tersebut menjadi bagian dari kehidupan sehari-sehari.

Pengertian pola hidup sehat

Lalu, apa sebenarnya Pola Hidup Sehat itu?

Pengertian pola hidup sehat menurut tipsartikelkesehatan adalah upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pengertian yang lebih luas dikemukakan oleh WHO atau Badan Kesehatan Dunia seperti yang dilansir oleh caramedika bahwa pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental, fisik dan kesejahteraan sosial terjaga dengan baik, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja.

Sedangkan menurut pengertianku pola hidup sehat adalah upaya yang dilakukan seseorang yang ingin selalu sehat, upaya tersebut seperti memperhatikan gaya hidupnya supaya tubuh selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Dari ketiga pengertian tentang pola hidup sehat diatas dapat disimpulkan bahwa pola hidup sehat adalah sebuah usaha atau gaya hidup sehat yang dilakukan seseorang dalam menjaga keadaan fisik, mental dan kesejahteraan sosialnya tidak terganggu.

Pola hidup sehat pada dasarnya adalah pola atau kebiasaan sehari-hari yang didasarkan pada aturan kesehatan yang dapat menghindarkan diri dari berbagai gangguan penyakit yang menyerang fisik maupun psikis. Pola hidup sehat juga memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman kita.

Kenapa keluar dari zona nyaman?

Tanpa kita sadari di jaman yang serba canggih dan maju seperti sekarang ini, hidup kita dimanjakan dengan segala kemudahan. Hanya dengan satu sentuhan tangan kita mampu mendapatkan apa yang kita inginkan. 

gadget in hands via gadgetsandtech.net

Praktis kita jadi makin malas dalam bergerak dan semakin nyaman. Padahal malas bergerak bisa menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit serius.

Pola hidup sehat memang harus dipaksakan karena banyak sekali manfaat yang akan didapat jika berhasil menerapkan pola hidup sehat.

Tujuan menerapkan Pola Hidup Sehat

Ada 3 tujuan menerapkan pola hidup sehat menurut Scribd yaitu,

Yang pertama, pola hidup sehat bertujuan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Yang kedua, dengan penerapan pola hidup sehat yang tepat akan menghasilkan peningkatan kualitas hidup.

Dan yang terakhir, dengan tubuh yang sehat dan kualitas hidup yang meningkat akan dibarengi dengan terciptanya kesehatan rohani yang stabil.

10 Pola Hidup Yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

Ada banyak sekali pola hidup sehat yang dapat dilakukan sehari-hari, tapi setidaknya terdapat 10 kebiasaan sehat yang sederhana dan mudah dilakukan oleh setiap orang. 

Berikut adalah 10 kebiasaan sehat yang mendukung pola hidup sehat yang sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan :

Istirahat yang cukup

Dalam 24 jam waktu yang dimiliki oleh setiap manusia harus diisi secara seimbang. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk beribadah dan ada waktu untuk berisitirahat. Untuk ukuran orang dewasa, istirahat yang dibutuhkan adalah 5-8 jam dalam sehari.

sleep well via bestofbucerias.com

Usahakan untuk tidur lebih awal agar waktu tidur 5-8 jam setiap harinya terpenuhi dan tubuh dapat beristirahat maksimal.

Tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat agar proses penyerapan nutrisi dan pemulihan tenaga berjalan dengan lancar selama kita tidur. Jika waktu tidur terganggu, kesehatan tubuh lama kelamaan akan terganggu pula.

Bangun pagi-pagi

Setelah tidur 5-8 jam, usahakan untuk bangun pagi-pagi. Bangun pagi memiliki segudang manfaat salah satunya paru-paru dapat menghirup udara yang masih segar dan belum terkontaminasi oleh polusi.

Selain itu, aktifitas mandi di pagi hari mampu mengikis timbunan lemak yang ada ditubuh. Tubuh akan membakar lemak lebih banyak untuk menghangatkan suhu karena siraman air dingin di pagi hari. Jadi jika ingin menurunkan berat badan, rutinlah mandi di pagi hari antara jam 4-5 pagi.

Aktif berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga membawa banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan badan, olahraga juga mengencangkan otot olahraga yang mampu membuat kita terlihat awet muda.

Selain itu, olahraga membuat aktifitas kita lebih mudah karena otot kita menjadi lebih elastis dan memiliki reflek yang bagus.

Biasakan untuk olahraga 3-5x dalam seminggu. Olahraga yang ringan seperti joging, bersepeda atau berenang sangat dianjurkan oleh para praktisi kesehatan.


Banyak minum air

Banyak yang menyebutkan kalau kita harus memenuhi kebutuhan air untuk tubuh adalah 8 gelas setiap harinya. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar karena kondisi tubuh masing-masing orang berbeda-beda.

Untuk mengetahui kondisi tubuh seseorang mengalami dehidrasi atau terhidrasi maksimal dapat dilihat dari warna urinenya. Selama warna urine kita bening, berarti tubuh kita terhidrasi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

tabel urine dehidrasi via dictio.id

Yang jelas usahakan selalu untuk minum air putih yang cukup dan pertahankan warna urine selalu bening agar kesehatan tubuh terutama ginjal dan hati selalu terjaga.


Pola dan menu makan sehat

You are what you eat !!

Artinya kita adalah apa yang kita makan. Jika pola makan kita tidak sehat, maka hidup kita juga tidak akan sehat. Karena sebagian besar sumber penyakit berasal dari perut jadi kita harus benar-benar memperhatikan apa yang masuk kedalam tubuh.

Lakukan pola makan seimbang dengan menu yang sehat. Hindari terlalu banyak makan daging, perbanyak konsumsi sayuran dan usahakan untuk selalu sarapan karena sarapan membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

Pola hidup bersih

Pola hidup bersih juga harus diterapkan untuk mendukung pola hidup sehat. Pola hidup bersih pada intinya menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. 

Mulailah dari hal – hal kecil seperti mandi 2x sehari, gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dan membersihkan lingkungan sekitar rumah setiap hari.

Banyak tertawa

Banyak yang bilang kunci hidup sehat adalah jangan lupa untuk bahagia. Sebenarnya istilah ini kurang tepat karena kunci hidup sehat dan bahagia adalah dengan banyak tertawa. Tertawa membuat wajah menjadi awet muda dan jantung menjadi lebih sehat.

Positive thinking

Pola hidup sehat tidak selalu dimulai dari kebiasaan-kebiasaan sehat yang kita lakukan. Pola hidup sehat juga dimulai dari cara berpikir kita. Cara berpikir yang negatif tanpa kita sadari akan merusak tubuh dari dalam.

Sedangkan pola pikir positif atau positive thinking membantu kita lebih nyaman menjalani aktifitas harian. Beberapa penilitian juga menyebutkan bahwa pola pikir positif mampu menangkal timbulnya penyakit kronis.

Kurangi kebiasaan buruk

Untuk menjalani pola hidup sehat sudah tentu kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah sering kita lakukan. Untuk memulai hidup sehat mulailah meniggalkan kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan minuman bersoda.

Mulailah konsumsi air putih secara teratur, teh hijau untuk detoksifikasi dan jus sayur atau buah untuk mengembalikan kesehatan tubuh dan kulit.


Perawatan kulit

Dengan cuaca yang tidak menentu, panas dan hujan yang susah diprediksi, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan kulit. Jika kesehatan kulit tidak dijaga akan mengurangi penampilan kita. Kulit akan terlihat kusam dan mengalami penuaan dini.

Lakukan perawatan kulit dapat dilakukan dengan cara alami maupun berkonsultasi dengan pakar kesehatan kulit. Minimal gunakan pelembab kulit agar kulit tidak terkena langsung oleh sinar ultraviolet.


Manfaat menerapkan pola hidup sehat

Jika kita mampu dan mau untuk memulai menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar banyak manfaat yang akan kita dapatkan seperti :

Kesehatan Badan Lebih Optimal

Produktivitas Meningkat

Kualitas Tidur yang lebih baik

Selalu Berpikir Positif

Penampilan Menjadi Lebih Menarik

Tubuh Terlihat Bugar dan Bebas Bergerak

Memiliki Kehidupan Sosial Yang Lebih Baik

Tidak Mudah Hilang Konsentrasi

Auto Self-Confidence

Bisa Menabung Dari Anggaran Kesehatan

Memiliki Kehidupan Yang Lebih Baik

Kesimpulannya adalah pola hidup sehat merupakan kunci atau usaha yang mampu membawa kehidupan jasmani kita menjadi lebih baik. Kehidupan jasmani yang baik akan membawa kita kepada kesehatan rohani yang lebih baik lagi. Setelah kesehatan jasmani dan rohani terpenuhi, apa masih ada alasan untuk tidak bahagia?

Semoga Bermanfaat.

referensi :
anggaputra.com
akusehatku.com
lifestyle.kompas.com
apelgreen.com
seputarwanita.blogspot.co.id
tipsartikelkesehatan.blogspot.id
caramedika.com
pengertianku.net
scribd.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani Setiap Hari Agar Tercipta Kebahagiaan Yang Hakiki"

Post a Comment