Tidak Ingin Terlihat Tua ? Jangan Sering Melakukan 4 Hal Ini

Tidak ada orang yang suka jika dibilang tua, apalagi jika ternyata umurnya masih muda. Terlebih lagi bagi para wanita. Kata ‘tua” merupakan kata yang tidak boleh sembarangan disebut karena jika kata tersebut digunakan dalam kalimat yang mengomentari penampilan seorang wanita, bisa-bisa pecah Perang Dunia Ketiga. 



Pada dasarnya pria dan wanita sama – sama mendambakan penampilan yang selalu terlihat awet muda namun terkadang mereka mengabaikan penyebab alami kenapa seseorang mudah sekali terlihat tua.

Penampilan atau wajah yang terlihat tua biasanya banyak dipengaruhi oleh kebiasaan - kebiasaan buruk manusia yang seringkali dilakukan tanpa sadar. Berikut adalah penyebab utama seseorang terlihat lebih tua,

Hobi, suka, doyan sekali dengan makanan dan minuman manis

Makanan manis memang terlihat lezat dan nikmat namun perlu diperhatikan bahwa dibalik keindahannya tersimpan sifat jahat yang akan merusak tubuh dari dalam. Makanan dan minuman manis mengandung gula tinggi yang ketika berada didalam tubuh akan bercampur dengan protein dan membentuk zat perusak yang disebut dengan AGE (Advanced Glycationend products).

Semakin tinggi kadar gula pada makanan akan semakin banyak pula AGE terbentuk. Jika hal ini terjadi akan mengancam eksistensi dari kolagen dan elastin di dalam kulit. Ketika kolagen dan elastin telah dirusak oleh AGE maka kulit akan kehilangan kemampuannya untuk tetap kencang dan elastis. 

Setelah kehilangan kemampuannya untuk tetap kencang dan elastis, kulit akan menjadi keriput, kering, bengkak dan kusam. Jika kondisi ini meradang akan menyebabkan kulit mudah berjerawat dan terinfeksi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini atau hilangnya kemampuan kulit untuk beregenerasi.

Bermalas-malasan sambil nonton televisi selama berjam-jam

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa diera digital seperti sekarang ini dunia hiburan sudah semakin mudah untuk diakses dan semakin banyak menampilkan acara-acara yang disukai banyak penonton. Bahkan tidak sedikit yang menampilkan acara dengan konten yang tidak berkualitas hanya demi mengejar rating. 

Dari era televisi hitam putih hingga smart tv dengan layar datar, benda ajaib yang satu ini masih memiliki godaan maut yang mampu menyihir penontonnya untuk berdiam diri didepannya hingga berjam-jam.

Padahal menghabiskan berjam-jam didepan televisi memiliki dampak negatif yang sangat besar. Setiap 4 jam yang dihabiskan seseorang didepan televisi akan memangkas harapan hidupnya sebesar 22 menit. Jika 6 jam setiap harinya dihabiskan didepan televisi akan menurunkan harapan hidupnya hingga 5 tahun. 

Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang hanya berdiam diri didepan televisi dan cenderung tidak melakukan apa-apa. Untuk menyiasatinya bisa dilakukan dengan tetap beraktifitas didepan televisi seperti memasak, menyetrika pakaian atau mengerjakan pekerjaan rumah yang lainnya.

Sering dan hobi begadang

Seperti halnya kebiasaan bermalas-malasan didepan televisi, begadang pun mampu menurunkan harapan hidup seseorang. Begadang membuat tubuh tidak dapat beristirahat dan melakukan fungsinya menyalurkan nutrisi untuk regenerasi sel termasuk sel-sel didalam kulit. 

Hal ini yang menyebabkan kulit akan terlihat kusam dan kering. Makanya tidak jarang orang yang suka begadang terlihat kantung matanya atau yang biasa disebut sebagai mata panda. Selain itu, orang yang punya kebiasaan begadang akan terlihat lesu dan letih karena waktu tidurnya tidak normal.

Stres yang berkepanjangan

Stres biasanya sering dialami oleh para orang dewasa meski tidak jarang banyak anak-anak sekolah yang mengalami stres. Namun stres yang dialami oleh anak-anak biasanya dapat dihilangkan dengan banyak cara, beda dengan para orang dewasa yang mengalami stres yang berkepanjangan. 

Stres merangsang tubuh memproduksi hormon kortisol yang bersifat merusak. Hormon kortisol mampu menurunkan daya tahan tubuh dan menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Hormon kortisol berperan aktif dalam merusak kolagen yang bertugas menjaga agar kulit tetap kencang. Ketika kolagen dalam kondisi rusak akan berimbas pada kulit yang terlihat 3-6 tahun lebih tua. Setelah itu kulit akan mudah sekali menjadi keriput dan mengalami dehidrasi.

Cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk diatas agar usaha menjaga kesehatan tubuh dan kulit dapat berjalan dengan maksimal. Kulit merupakan bagian terluar tubuh sehingga harus menerima perlakuan istimewa karena menjadi pelindung kita setiap hari. Selain itu, kulit yang tidak sehat akan membuat kita jadi lebih tua dari umur sebenarnya.

Ubah kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dengan sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat dan rendah kalori. 

Biasakan untuk tidak selalu menonton televisi setiap hari selama berjam-jam dan diganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti membaca atau bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya.

Tidurlah lebih awal sehingga waktu tidur normal 7-8 jam dapat terpenuhi dan tidak menganggu aktifitas dipagi harinya. 

Dan hindari stres dengan mencari me time sesuai dengan hobi atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion sehingga tidak menimbulkan stress yang berkepanjangan.

Semoga bermanfaat.

Referensi :
infokesehatanid
klikdokter
merdeka.com
doktercantik.com
biutiva.com



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidak Ingin Terlihat Tua ? Jangan Sering Melakukan 4 Hal Ini"

Posting Komentar