Cara Alami Mengatasi Tukak Lambung Dengan 4 Bahan Ajaib Yang Ada Di Sekitar KIta

Tukak lambung merupakan salah satu gangguan pada saluran pencernaan manusia. Tidak jarang yang mengira tukak lambung sama dengan maag. Padahal tukak lambung dan maag merupakan penyakit yang berbeda meski terjadi di area yang sama. Tukak lambung merupakan penyakit lanjutan dari sakit maag jadi tukak lambung merupakan kondisi maag yang semakin parah. 

Tukak lambung harus segera diatasi karena dapat mengganggu proses metabolisme didalam tubuh sehingga sistem pencernaan tidak dapat berfungsi normal. Sebelum mencari cara menyembuhkan tukak lambung, ada baiknya mengenal tukak lambung, penyebab dan gejalanya sehingga penanganannya akan lebih optimal serta mengetahui agar dapat terhindar dari kejadian yang sama terulang kembali. 

Tentang tukak lambung

Tukak lambung dalam bahasa medisnya disebut ulkus peptikum / peptic ulcer yang berarti luka yang terjadi dan berkembang pada lapisan lambung atau usus kecil. Tukak lambung mudah terjadi pada daerah perut penghasil enzim atau asam. 


tukak lambung via http://www.rosequarterdevelopment.org/gejala-tukak-lambung-dan-cara-mengobatinya/

Awalnya tukak lambung diketahui disebabkan oleh penumpukan asam berlebih dan stress. Namun, akhir-akhir ini ditemukan penyebab utama lainnya yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri.  

Tukak lambung seringkali diartikan sebagai penyakit maag padahal berdasarkan tingkat keparahannya, maag dan tukak lambung merupakan dua penyakit yang berbeda. 

Maag dikenal juga dengan istilah gastritis yang berasal dari kata gaster yang berarti lambung dan itis yang berarti peradangan. Jadi penyakit maag merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung. 

Sedangkan tukak lambung merupakan tingkat yang lebih parah dari penyakit maag. Tukak lambung merupakan penyakit dimana terjadi luka pada mukosa / dinding lambung dengan diameter lebih dari 5mm.

Luka yang terjadi pada lambung disebabkan oleh pengikisan lapisan lambung oleh peningkatan asam lambung dan tidak dapat di netralisir oleh sistem imunitas di dalam tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada remaja dan orang dewasa. (baca juga : Pola Hidup Sehat Untuk Kebahagian Hidup)

Gejala-gejala tukak lambung

Hampir semua penyakit menunjukan gejala-gejala yang mudah dideteksi tidak terkecuali tukak lambung. Tubuh memiliki sistem yang berjalan secara teratur sehingga tubuh akan menunjukkan gejala-gejala jika ada salah satu organ yang terganggu fungsinya. 


gejala tukak lambung via http://www.magwuzz.com/2016/10/10-gejala-tanda-maag-ulkus-tukak-lambung.html

Berikut beberapa gejala-gejala umum yang menunjukkan seseorang mengalami tukak lambung. 
  • Terasa nyeri atau perih yang sangat diakibatkan oleh iritasi atau luka pada lambung yang dibasahi asam lambung. 
  • Tidak hanya dibagian perut, rasa perih menyebar hingga ke leher, pusar hingga punggung. 
  • Rasa perih dan tidak nyaman di area perut sering muncul di malam hari. 
  • Ketika lapar atau saat perut sedang kosong, rasa perih dan tidak nyaman terasa semakin parah. 
  • Secara umum rasa sakit akan mereda setelah makan dan setelah mengkonsumsi obat, namun akan kambuh dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. 
Penyebab tukak lambung

Pada dinding lambung terdapat selaput pelindung yang melindungi lambung dari asam. Jika kadar asam dalam lambung meningkat, dapat menyebabkan pengikisan lapisan selaput pelindung tersebut. 

Jika hal ini terus dibiarkan, maka resiko terkena tukak lambung akan semakin tinggi. 

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya penurunan perlindungan pada selaput dinding lambung,
  1. Infeksi oleh bakteri Helicobacter Pylori. infeksi pencernaan oleh bakteri Helicobacter Pylori sebenarnya bukan kasus yang aneh karena kasus infeksi ini merupakan infeksi yang umum sekali terjadi dan seringnya tidak disadari oleh penderitanya.
  2. Penggunaan obat anti peradangan. Penggunaan obat anti peradangan non-steroid seperti ibuprofen, aspirin atau didofenac dalam jangka waktu yang lama mampu meningkatkan resiko tukak lambung khususnya lansia.
  3. Tumor Pankreas (Gastrinoma). Penyakit tumor pankreas (gastrinoma) yang diikuti dengan pengobatan radiasi pada area sekitar perut dapat meningkatkan resiko timbulnya tukak lambung.
  4. Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol. Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat lapisan dinding lambung menjadi tipis sehingga mudah sekali terkena tukak lambung.
  5. Stres. Stres berat yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi naiknya asam lambung. Ketika tubuh mengalami stres, sistem metabolisme akan terganggu. Sebenarnya stres bukan penyebab munculnya tukak lambung namun stres dapat memperparah kondisi penderita tukak lambung.
  6. Merokok. Bagi orang yang sudah terinfeksi oleh bakteri Pylori, kebiasaan merokok akan menambah buruk masalah pencernaan. Hal ini jelas meningkatkan resiko seseorang terkena tukak lambung.


merokok via https://telset.id/192815/smartwatch-ini-bisa-bantu-orang-berhenti-merokok/

Komplikasi Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena jika dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Beberapa contoh komplikasi yang muncul akibat tukak lambung antara lain :
  • Peritonitis adalah keadaan dimana muncul lubang kecil dan berkembang di daerah lambung atau usus kecil. Lubang ini memungkinkan cairan asam lambung dan zat lainnya akan merembes keluar dan mengiritasi organ dalam lain disekitarnya. Hal ini akan menimbulkan infeksi dan masalah baru. ( baca juga : 5 Jenis Makanan Penyebab Radang Pada Perut )
  • Kanker Lambung
  • Pendarahan pada lambung yang menyebabkan feses atau tinja menjadi berwarna hitam (melena) dikarenakan hasil proses pencernaan bercampur dengan darah di lambung. Jika pendarahan terjadi terus menerus dapat mengakibatkan anemia atau kurang darah hingga kematian.
  • Penyumbatan saluran pencernaan karena munculnya jaringan parut pada bekas luka tukak lambung. Jaringan parut akan menghambat proses pencernaan makanan yang masuk sehingga mengakibatkan gangguan pencernaan. Gejalanya seperti muntah, mudah kenyang dan penurunan berat badan.    
sumber : sehat-secara-alami.blogspot.co.id

Pencegahan tukak lambung

Semua penyakit tidak datang tiba-tiba. Penyakit yang ada di dalam tubuh pasti disebabkan oleh sesuatu hal yang mengganggu kinerja organ tubuh. Jika berhubungan dengan pencernaan, biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. 


Untuk itu, dalam usaha menanggulangi terjadinya tukak lambung perlu dilakukan pencegahan-pencegahan atau memulai pola hidup sehat seperti, 

  • Menjaga dan memperhatikan pola makan. Pola makan sangat berpengaruh bagi seseorang dalam menjalani aktifitas hariannya. Pola makan yang tidak teratur serta porsi yang tidak seimbang akan mengganggu kestabilan pencernaan dan metabolisme tubuh. Untuk itu mulailah menjaga pola makan teratur dan dengan porsi yang sedang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Hindari makanan yang sifatnya mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu pedas, makanan yang asam, berminyak dan berlemak. ( baca juga : Anti Perut Buncit Dengan Pola Makan Seimbang )
  • Jauhi alkohol. Bagi orang yang suka mengkonsumsi alkohol sebaiknya mulai berhenti mengkonsumsinya. Alkohol bersifat iritatif yang mampu mengiritasi dan membuat dinding lambung menjadi tipis. Kondisi ini mudah sekali memicu tukak lambung. 
  • Berhenti merokok. Bagi perokok berat selain penyakit jantung dan paru-paru, tukak lambung juga mengancam kesehatannya. Racun dari rokok yang masuk kedalam tubuh akan mengganggu kinerja dinding lambung. Untuk itu segeralah berhenti merokok. (baca juga : Merokok Bikin Tulang Jadi Keropos)
  • Olahraga teratur. Musuh utama penyakit adalah olahraga. Orang yang berolahraga teratur terbukti jarang sekali terserang penyakit. Untuk mencegah terjadinya tukak lambung, olahraga yang cocok adalah jenis olahraga aerobik. Olahraga aerobik bermanfaat untuk meningkatkan pernafasan dan jantung serta menstimulasi aktifitas otot usus sehingga proses pembuangan limbah dalam usus lebih maksimal. (baca juga : Cara Mudah Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda)
  • Hindari pemakaian obat anti nyeri yang tergolong anti inflamasi karena akan meningkatkan resiko peradangan pada lambung. 

Pengobatan tukak lambung

Penderita tukak lambung sebaiknya segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tukak lambung yang tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah pencernaan yang lebih parah bahkan dapat menyebabkan pendarahan. 

Pengobatan tukak lambung dapat dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui penyebabnya agar mudah dalam memberikan pengobatannya. 


Beberapa penanganan tukak lambung berdasarkan penyebabnya antara lain :
  • Pemberian antibiotikPemberian antibiotik ditujukan kepada pasien penderita tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori. Antibiotik akan diberikan secara bertahap sampai bakteri Pylori benar-benar hilang. Beberapa antibiotik yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk penderita tukak lambung adalah amoxicilin, metronidazole dan clarithromycin.
  • Penghambat Pompa Proton. Pengobatan dengan cara ini diberikan kepada penderita tukak lambung yang disebabkan oleh penggunaan obat pereda nyeri non steroid. Obat-obatan penghambat pompa proton akan mengurangi kadar asam lambung dengan mengurangi kinerja sel-sel yang memproduksi asam lambung. Contoh obat penghambat pompa proton antara lain lanzoprazole, omeprazole dan pantoprazole. Akan tetapi, obat-obatan jenis ini mengandung efek samping yaitu pusing, diare, sembelit dan nyeri perut. 
  • Obat penghambat reseptor H2. Sama seperti halnya dengan penghambat pompa proton, obat-obatan ini juga bekerja dengan menurunkan kadar asam lambung. Dengan ini dapat dengan cepat mengatasi tukak lambung dan mempercepat kesembuhan. Contoh obatnya adalah ranitidin. 
  • Pemberian Antasida dan Alginat. Antasida bekerja dengan cepat mentralisir asam lambung, sedangkan alginat bertugas melindungi dinding lambung. 
Lansoprazole via http://exeltis.co.id/id/product/lansoprazole-2/

Pengobatan tukak lambung secara alami

Untuk mengatasi masalah tukak lambung tidak melulu harus menggunakan obat-obatan dari dokter. Obat-obatan dari bahan herbal juga dipercaya sangat ampuh mengatasi berbagai macam gejala tukak lambung. Beberapa bahan herbal untuk mengatasai tukak lambung antara lain :


Temulawak


Temulawak sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Hal ini tidak mengejutkan mengingat temulawak mengandung banyak sekali mineral yang baik untuk tubuh. 



temulawak via hellosehat.com

Beberapa mineral yang terkandung dalam temulawak antara lain zat minyak atsiri, kadmium (Cd), mangan (Mn), zat besi (Fe), magnesium (Mg), Natrium (Na) dan kalium (K). 


Cara menggunakan temulawak sebagai obat tukak lambung :

  • Sediakan 1 rimpang temulawak yang sudah dicuci dan dibersihkan
  • Iris temulawak secara tipis-tipis
  • Siapkan 5 gelas air 
  • Masukkan temulawak yang sudah diiris dengan 5 gelas air kemudian direbus secara bersamaan
  • Tunggu hingga rebusan temulawak mendidih dan airnya berkurang hingga setengah
  • Saring air rebusan sehingga ampasnya terpisah
  • Minum air rebusan temulawak 1 gelas sehari sampai gejala tukak lambung menghilang
Kunyit

Selain temulawak, kunyit juga sering digunakan dalam pembuatan jamu tradisional karena memiliki khasiat yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya, menjaga kesehatan lambung.  


kunyit via hellosehat.com

Cara menggunakan kunyit untuk menjaga kesehatan lambung dan mengobati tukak lambung :


  • Siapkan 2 batang kunyit yang sudah dibersihkan dan dicuci
  • Kemudian parut kedua kunyit tersebut sampai halus
  • Hasil parutan kemudian direbus dengan dicampur air secukupnya
  • Tunggu hingga benar-benar mendidih kemudian air rebusan disaring
  • Minum 2x sehari secara rutin
Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dikenal mampu mengatasi usus buntu, namun juga efektif mengatasi masalah pencernaan lainnya yaitu tukak lambung. (baca juga : Buah Kelengkeng Berkhasiat Untuk Menjaga Kesehatan)


daun jambu biji via https://www.go-dok.com/15-manfaat-daun-jambu-biji-yang-luar-biasa/

Cara mengolah daun jambu biji untuk mengatasi tukak lambung :
  • Sediakan 8-10 lembar daun jambu biji yang masih muda
  • Cuci semua daun sampai bersih
  • Kemudian daun dicampur dengan setengah liter air dan direbus
  • Tunggu hingga mendidih kemudian tiriskan
  • Minum air rebusan daun jambu biji 3x sehari
Daun dan Biji Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. Yang bermanfaat untuk pencernaan tidak hanya buahnya saja, daun dan biji pepaya pun sangat berguna untuk mengatasi masalah pencernaan.

Daun pepaya mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi, sedangkan biji pepaya mengandung enzim proteolitik yang tinggi yang diketahui mampu menghancurkan parasit di dalam tubuh. (baca juga : Cara Sehat Merawat Tubuh Dengan Cuka Apel)


daun dan biji pepaya via https://www.bantennews.co.id/manfaat-biji-pepaya-bisa-berantas-cacingan-hingga-hambat-kanker/

Untuk pengolahan kedua bahan tersebut sangatlah mudah. Untuk bijinya, sebelum digunakan harus dijemur terlebih dahulu hingga kering.


Setelah biji pepaya kering, biji-biji tersebut ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan biji pepaya dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat dan diminum ketika terasa nyeri pada ulu hati.


Sedangkan untuk daun pepaya lebih mudah pegolahannya karena hanya direbus dan dikonsumsi sebagai pelengkap lalapan. 


Semoga bermanfaat.


sumber : 
alodokter.com
hellosehat.com
halodoc.com
mediskus.com
ahlinyaobatherbal.net
dokterbabe.com



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Mengatasi Tukak Lambung Dengan 4 Bahan Ajaib Yang Ada Di Sekitar KIta"

Posting Komentar