Cara Jitu Bangun Sahur Tepat Waktu Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah setengah jalan dan sebentar lagi akan segera selesai. Kesempatan besar untuk umat Islam dalam mendapatkan pahala yang berlimpah segera habis. Karena di bulan suci Ramadhan setiap ibadah yang dilakukan umat Islam akan mendapatkan pahala yang berlipat tidak terkecuali untuk bangun dan menyantap sahur.

Dalam sahur terdapat keberkahan karena dengan bangun sahur, kita diberi kesempatan untuk beribadah sholat malam dan bermunajat kepada Allah SWT. Tentunya kesempatan emas ini jangan sampai kita sia-siakan bukan? Salah satu godaan untuk sahur adalah susahnya membuka mata dan bangun untuk sahur.

Berikut adalah tips yang mudah dilakukan sehingga tidak telat bangun sahurnya dan bisa sahur tepat waktu,

1. Jangan tidur setelah mengkonsumsi makanan berat.

Tidak jarang yang mengkonsumsi makanan berat setelah ibadah tarawih.Hal ini sah-sah saja dilakukan asal tidak dilanjutkan dengan tidur. Tidur dalam kondisi perut memproses makanan berat akan menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang saat tidur malam.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya mengganti makanan berat dengan makanan ringan yang lebih sehat seperti biskuit, roti gandum, buah-buahan atau sayuran dan ditutup dengan air putih atau air putih hangat. Selain aman untuk pencernaan juga mampu memenuhi kebutuhan gizi tambahan pada saat berpuasa dan menghindarkan dehidrasi.

2. Jangan tidur terlalu larut atau cobalah tidur lebih awal.

Tubuh manusia membutuhkan 5-8 jam dalam sehari untuk beristirahat total. Jadi jika kita ingin bangun sahur pukul 03.00 pagi, kita harus mulai tidur pada pukul 22.00. Hal ini sebenarnya mudah sekali dilakukan karena berdasarkan pengalaman pribadi saya, setelah menunaikan ibadah shalat Tarawih biasanya rasa kantuk langsung datang. Segeralah tidur, sehingga kita dapat dengan mudah bangun di keesokan harinya untuk santap sahur.

3. Jangan mengkonsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein.

Jika Anda ingin segera terlelap tidur, hindari mengkonsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda dan cokelat. Minuman jenis ini akan membuat tubuh terjaga lebih lama didalam hari dan mengganggu waktu tidur. Selain itu, minuman berkafein tidak cocok dikonsumsi selama sahur karena mampu membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi.

4. Hindari pemakaian gadget mininal 1 jam sebelum tidur.

Cahaya yang keluar dari gadget membawa pengaruh buruk yang dapat mengganggu siklus tidur. Jika ingin segera memejamkan mata, hindari penggunaan gadget 1 jam sebelum tidur.

baca juga : dampak buruk gadget untuk anak-anak dan orang dewasa

5. Gunakan menu makanan favorit untuk santap sahur.

Untuk menyemangati bangun sahur ada baiknya menyiapkan menu makanan yang menjadi favorit kita. Namun perlu diperhatikan nutrisinya agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa. Pastikan menu favorit yang dipilih termasuk sayuran dan buah-buahan didalamnya.


Sahur Nasi Jamblang via Tribunnews.com

6. Gunakan alarm dengan suara yang lantang atau meminta bantuan orang lain untuk membangunkan sahur.

Untuk bangun sahur biasanya kebanyakan orang menggunakan alarm agar bisa dibangunkan tepat waktu. Setel volume alarm dengan suara lantang agar kita bisa terbangun.

Jika cara diatas masih belum cukup, bisa ditambahi dengan meminta bantuan orang lain seperti pasangan, orang tua atau saudara yang tinggal serumah.

Paksa mereka untuk membangunkan kita dengan cara-cara yang extreme seperti mencipratkan air ke wajah kita atau berteriak di telinga kita. Dijamin bakal bikin kita melek sampai subuh.

Itulah 6 cara jitu membangunkan sahur selama bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan hanya datang setahun sekali dan kita belum tentu bertemu kembali tahun depan. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencari pahala sebanyak-sebanyaknya.

Semoga bermanfaat.

Foto : Tribunnews.com




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Jitu Bangun Sahur Tepat Waktu Selama Bulan Ramadhan"

Post a Comment