Cara Mudah Menangkal Penuaan Dini Dengan Menghindari Makanan Dan Minuman Yang Tidak Sehat



"Perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam dengan memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh."

Gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada kulit antara lain jerawat, kulit berminyak, kerutan, garis halus yang berujung pada penuaan dini. Kondisi inilah yang menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita yaitu terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Baca juga : Kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin cepat tua

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, biasanya kebanyakan wanita berkonsultasi dengan pakar kecantikan profesional meski tidak jarang juga yang mencari dan menggunakan cara tradisional yang biasanya menawarkan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami atau herbal. 

Seperti istri saya yang lebih memilih perawatan tradisional menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah. Dan, alhamdulillah terbukti wajahnya bisa kembali cerah. 

Kedua cara diatas, perawatan profesional dan alami, memang memberikan dampak yang signifikan. Perubahan dapat terjadi dan memberikan hasil yang memuaskan, untuk kulit yang benar-benar cocok dengan kedua metode tersebut. 

Namun, yang perlu menjadi catatan adalah kedua metode tersebut bersifat adiktif atau membuat kulit kecanduan yang artinya jika perawatan tersebut dihentikan, kondisi kulit akan kembali mengalami gangguan.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat tanpa kecanduan dengan perawatan kulit?

Jawabannya sungguh sangat sederhana, yaitu dengan cara memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh baik dari makanan maupun minuman. 

Mengapa demikian?

Karena semua makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh mengalami proses pencernaan di dalam tubuh dan diserap nutrisi serta gizi yang terkandung didalamnya lalu diedarkan ke seluruh tubuh termasuk kulit. 

Jadi, jika kita makan makanan yang bergizi terutama yang baik untuk kulit, maka kulit kita akan sehat dan terlihat awet muda. Begitu pula sebaiknya jika yang kita konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, maka buruk pula kondisi kulit kita. 

Zat-zat negatif inilah yang nantinya akan mengganggu kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini. Ada 10 jenis makanan atau minuman yang secara garis besar tidak baik untuk kesehatan kulit. 

Makanan yang dimasak dengan cara dipanggang

Makanan jenis ini merupakan makanan yang jadi favorit bagi kebanyakan orang. Karena kebanyakan bahan yang digunakan adalah daging atau ikan yang aromanya bisa menggugah selera makan. 

Namun, makanan yang dipanggang perlu diwaspadai karena jika dikonsumsi secara berlebihan atau sering dapat menyebabkan masalah pada kulit kita. Karena makanan yang dimasak secara dipanggang mengandung lemak trans yang tinggi.

Lalu, apa itu lemak trans?

"Lemak trans adalah jenis lemak terburuk yang dikonsumsi manusia. Lemak trans dibentuk dari minyak yang berupa cairan dan dirubah menjadi padat melalui proses hiderogenasi."

Ada dua jenis lemak trans yaitu lemak trans alami dan lemak trans buatan. Lemak trans alami dihasilkan secara alami didalam usus beberapa hewan, namun kandungannya tidak sebanyak lemak trans buatan. Sedangkan lemak trans buatan didapatkan dari proses hiderogenasi dari minyak sayur yang mengalami proses pemadatan.

Lemak trans banyak digunakan dalam industri makanan karena kemampuannya dalam memperpanjang usia makanan tanpa mengurangi rasa dari makanan itu sendiri. Karakteristik lemak trans memang bagus untuk makanan namun tidak bagi tubuh manusia karena mempengaruhi jumlah HDL dan LDL dalam tubuh.

Lemak trans yang masuk ke dalam tubuh manusia akan menaikkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan jumlah kolesterol baik (HDL) yang dibutuhkan dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak trans antara lain : frozen food, beberapa makanan di restoran cepat saji dan makanan kemasan.

Protein tinggi lemak

Makanan yang mengandung protein tinggi lemak merupakan jenis makanan yang susah dicerna oleh tubuh. Untuk memproses makanan jenis ini, tubuh membutuhkan waktu, energi dan sumber daya yang banyak. 

Bahkan, tidak jarang tubuh menggunakan suplai gizi untuk mencerna makanan dengan protein tinggi lemak. Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan timbul peradangan. 

Efek buruk tubuh yang kekurangan gizi menjadikan penyebaran gizi terhambat dan menjadikan kulit tidak ternutrisi dengan baik. Kulit yang tidak ternutrisi dengan baik akan mudah terlihat kusam.

Contoh makanan yang mengandung protein tinggi lemak adalah daging dan sosis. Sosis dan daging banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan ini, batasi dengan cukup 1 kali dalam satu minggu. 

Makanan tinggi garam

Garam adalah bahan pelengkap dari masakan. Jika masakan dimasak tanpa menggunakan garam, biasanya akan terasa hambar di lidah. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak dalam menambahkan garam pada masakan. 

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi garam mampu mengubah kondisi kulit seseorang. Garam yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh sifatnya mengikat air dan mencegah air diserap oleh tubuh. 

Kondisi ini menyebabkan tubuh kita selalu merasa haus dan kulit menjadi kering karena kurangnya pasokan air.

Jika kondisi tersebut terjadi terus menerus tidak mustahil kulit menjadi kering, rusak dan terlihat kusam serta muncul kerutan dan garis-garis halus sebagai tanda-tanda dari penuaan dini. Karena air dibutuhkan oleh kulit agar kulit tidak mengalami dehidrasi dan terjaga kelembapannya. 

Untuk berjaga-jaga agar kulit tidak mengalami dehidrasi, sebaiknya perbanyak air putih setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi garam. 

Baca juga : Sayuran dan Buah-buahan Bikin Kulit Awet Muda


Produk susu sapi atau produk olahan susu sapi

Semua orang mengenal susu sapi sebagai salah satu dari sekian banyak minuman yang bergizi tinggi. Hal ini memang benar adanya. Karena susu sapi merupakan sumber kalsium dan protein tambahan yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Tetapi apakah hal ini berlaku untuk semua orang?

Jawabannya adalah tidak. 

Susu sapi yang beredar di masyarakat, oleh peternak sapi kebanyakan diambil dari sapi yang sedang hamil. Seperti layaknya manusia ketika hamil, produksi susu sapi jelas meningkat. Susu sapi yang dihasilkan dari sapi yang sedang hamil mengandung hormon pertumbuhan untuk anak sapi. 

Nah, ini dia yang jadi masalah. 

Susu yang mengandung hormon pertumbuhan sudah jelas nilai gizinya berlipat ganda, apalagi hormon tersebut diperuntukkan guna pertumbuhan anak sapi. 

Sekarang apa yang terjadi jika susu yang mengandung hormon tersebut dikonsumsi manusia? 


  "Susu sapi baik untuk anak sapi, tapi tidak untuk anak manusia apalagi manusia yang sudah dewasa"

Susu sapi mungkin masih cocok jika dikonsumsi oleh anak-anak karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. Biasanya susu menjadi nutrisi tambahan bagi anak-anak yang sedang berada pada fase susah makan. 

Hal ini tidak berlaku untuk orang dewasa. Kebiasaan mengkonsumsi susu sapi atau produk olahan susu sapi bagi orang dewasa malah mendatangkan berbagai masalah pada kulit. Hormon pertumbuhan yang terdapat pada susu sapi bagi sebagian orang malah menimbulkan peradangan dan jerawat pada kulit. 

Selain itu, hormon pada susu sapi juga cenderung memicu oksidasi yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

Bahkan, bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, susu atau produk olahan susu menimbulkan masalah kulit yang lebih kompleks seperti eksim atau psoriasis, gatal merah, bercak bersisik pada kulit yang merah meradang. 

Alternatifnya, jika memang harus minum susu atau membutuhkan tambahan gizi dari susu bisa diganti dengan produk susu yang lain seperti susu almond atau susu kedelai. Agak aneh sih memang rasanya, tapi aman untuk kulit. 

Minuman beralkohol

Bagi Anda yang beragama muslim pastinya tidak pernah menyentuh minuman yang satu ini karena memang dilarang di dalam agama Islam. Namun, bagi yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya berhati-hati dan tidak usah berharap ingin memiliki kulit yang terlihat awet muda karena minuman ini memberikan efek buruk terhadap kulit.

Alkohol yang masuk kedalam tubuh akan mengganggu proses metabolisme. Alkohol akan menghalangi proses penyerapan mineral dan nutrisi didalam tubuh. 

Efek buruk ini jelas berakibat fatal untuk kesehatan tubuh. Karena memang pada dasarnya alkohol tidak memberikan manfaat apa-apa kepada tubuh selain merusak organ dalam. 

Dengan terhambatnya penyerapan mineral dan nutrisi yang seharusnya diedarkan ke seluruh tubuh, sudah dipastikan tubuh mengalami kekurangan gizi dan nutrisi. Efeknya terhadap kulit juga akan terlihat dari kondisinya yang kering, kekurangan nutrisi, kusam, muncul kerutan dan garis halus karena tidak terjaga kelembapan dan elastisitasnya. 

Gorengan

Gorengan menurut saya pribadi adalah salah satu makanan yang paling lezat di dunia. Aromanya sangat menggoda, apalagi gorengan yang baru saja ditiriskan dari penggorengan. Mantap nikmatnya.

Tapi perlu waspada karena dibalik kenikmatannya tersimpan banyak efek buruk yang menghantui. Gorengan yang digoreng dengan menggunakan minyak sehat saja masih tidak baik untuk kesehatan apalagi yang digoreng menggunakan minyak yang sudah digunakan berkali-kali.

Gorengan merupakan jenis makanan yang rendah gizinya dan berpotensi menaikkan berat badan karena mengandung lemak trans. Mengkonsumsi gorengan secara rutin akan menyebabkan wajah berminyak karena gorengan mengandung minyak yang tinggi. Kelebihan minyak yang diserap oleh tubuh akan dikeluarkan melalui pori-pori termasuk pori-pori pada wajah.

Wajah yang berminyak mudah sekali terserang jerawat dan komedo yang membuat wajah terlihat kusam dan kotor.

Minuman tinggi gula

Minuman tinggi gula biasanya mempunyai penampilan yang menarik hati. Apalagi di cuaca yang panas dan disuguhkan dengan tambahan es batu. Sungguh hati tidak kuasa menolak godaannya. 

Tapi, jangan sekali-sekali tergoda minuman manis jika Anda tidak ingin mengalami gangguan kesehatan termasuk kesehatan kulit. 

Gula dalam minuman manis jika masuk kedalam tubuh akan menyerang kolagen. Padahal kolagen sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit secara alami. 

Jika kolagen rusak akan berakibat munculnya keriput dan garis halus serta menjadikan kulit terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. 

Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh sama berbahayanya dengan makanan yang mengandung lemak trans. Jenis yang satu ini biasanya terdapat pada daging dan produk olahan daging.

Lemak jenuh jika mengendap didalam tubuh akan memberikan efek buruk untuk kesehatan seperti penggumpalan darah dan penyumbatan pembuluh darah. 

Jika pembuluh darah yang berada di wajah ikut tersumbat otomatis wajah akan terlihat pucat dan tidak segar. Lemak jenuh banyak terdapat pada daging dan makanan olahan daging. Hindari mengkonsumsi jenis makanan ini setiap hari. 

Krim kopi tanpa susu

Bagi beberapa pecandu kopi, penambahan gula, susu atau krim biasa dilakukan untuk menghindari rasa pahit dalam kopi. Yang perlu diperhatikan adalah penambahan krim kopi non-dairy atau krim kopi yang tidak mengandung produk susu.

Produk krim kopi non-diary mengandung lemak trans dan seperti yang sudah dijelaskan diatas lemak trans sangat tidak baik untuk tubuh manusia. Lemak trans dalam krim kopi non-diary mampu menciptakan radikal bebas yang membuat plak pada arteri yang mampu mengganggu peredaran darah dan kesehatan jantung.

Peredaran darah yang terganggu membuat darah tidak mengalir keseluruh tubuh secara lancar termasuk pada area wajah yang menyebabkan wajah menjadi pucat dan terlihat tidak segar.

Popcorn

Biasanya orang-orang suka makan popcorn sambil nonton film di bioskop. Bukannya suka sih cuman cemilan yang populer dan hanya dijual di cinema ya popcorn. Rasanya unik dan baunya yang harum cocok sekali menemani kita menonton film. 

Sebenarnya tidak semua popcorn tergolong makanan yanh tidak sehat, hanya yang dimasak dengan mentega berlebih. Karena mentega berlebih mengandung garam dan lemak trans yang tinggi. 

Sebenarnya tidak ada larangan khusus untuk tidak mengkonsumsi semua jenis makanan yang sudah disebutkan di atas. Hanya saja perlu diperhatikan untuk jumlah dan intensitasnya serta cara pengolahannya. 

Baca juga : 5 Tips Alami Agar Selalu Tampil Awet Muda

Jika ditarik kesimpulan, makanan yang mengandung lemak yang menjadi penyebab kulit mengalami penuaan dini. Untuk itu perlu diperhatikan jumlah makanan berlemak yang boleh masuk ke dalam tubuh. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan berlemak maksimal 1x seminggu, sisanya diisi dengan menu kombinasi buah dan sayuran. 

Kalaupun harus mengkonsumsi daging lebih dari sekali, padupadankan dengan sayuran hijau. 

Menjadi tua itu pasti, tampil awet muda itu pilihan. Semoga bermanfaat. 

Stay young and healthy. 


Foto : okezone.com

















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menangkal Penuaan Dini Dengan Menghindari Makanan Dan Minuman Yang Tidak Sehat"

Posting Komentar