Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam Dalam 1 Menit

Karang gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang paling umum terjadi di Indonesia. Hampir semua orang memiliki kondisi dimana terdapat karang gigi di sela-sela giginya. Kondisi awal mungkin belum terlalu terasa namun jika ada salah satu gigi yang sakit, karang gigi dapat memperburuk rasa sakit itu.

Jika sudah pada tahap ini, orang-orang akan berlomba-lomba mencari cara untuk membersihkan karang gigi agar sakit gigi mereka menghilang. Artikel ini akan membahas salah satu cara membersihkan karang gigi yaitu dengan menggunakan garam.


Selain memberikan cara menghilangkan karang gigi, di artikel ini juga akan membahas cara mencegah agar karang gigi tidak tumbuh kembali.


"Karang gigi atau kalkulus gigi berasal dari plak dan zat kapur yang berada di air liur."

Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi (perikel) dan kuman. Oleh sebab itu karang gigi dapat menyebabkan :

  • gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi
  • gusi mengalami pembengkakan
  • gusi berdarah terutama saat menyikat gigi 
  • menimbulkan bau mulut tak sedap sehingga menjadi minder jika harus berbicara
  • serta dapat menyebabkan gigi berlubang. 

Efek buruk lain yang terjadi adalah bisa mengganggu kesehatan organ tubuh yang lain. Untuk itu jangan menganggap sepele masalah karang gigi dan segera cari solusi yang paling baik untuk menanganinya. 

Sebelumnya Anda juga perlu tahu apa saja penyebab munculnya karang gigi, karena karang gigi tidak serta merta muncul begitu saja. Dengan mengetahui penyebab karang gigi, kita dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan. 

Berikut penyebab terjadinya karang gigi yang membandel :

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang merusak gigi

Karang gigi sangat mudah terbentuk bagi Anda yang suka mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kebiasaan mengkonsumsi minuman jenis ini menyebabkan perubahan pada warna gigi menjadi berwarna kekuningan, yang lama-kelamaan dapat berubah warna menjadi coklat atau kehitaman. 
Kebiasaan lain adalah anda sering mengkonsumsi makanan manis berlebihan seperti permen dan cokelat. Makanan berkarbohidrat yang sering dikonsumsi juga bisa menyebabkan karang gigi, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya selalu rutin menggosok gigi untuk menjaga kesehatan gigi terutama sebelum tidur.

Cara menyikat gigi yang Salah

Ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhartikan karena cara menyikat gigi menentukan kesehatan gigi. Cara menyikat gigi yang salah akan menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan gigi selain karang gigi.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar adalah memastikan sikat gigi menjangkau ke seluruh bagian gigi. Lalu lakukan gerakan vertikal atau melingkar dari atas ke bawah sampai ke bagian tepi gusi. Gosok pula lidah anda menggunakan sikat gigi karena bakteri penyebab bau mulut tidak hanya terdapat pada gigi tapi terdapat pula pada lidah. Yang terakhir berkumurlah dengan obat kumur agar tidak ada bakteri atau kuman yang tertinggal pada gigi.


Membiarkan saja plak yang belum menebal

Hal ini merupakan kebiasaan yang buruk dan dilakukan hampir oleh setiap orang. Padahal plak yang tipis masih bisa dihilangkan dengan hanya rajin menyikat gigi. Tetapi umumnya masalah ini dianggap sepele, sehingga membiarkan saja plak tipis yang menempel di gigi, kemudian lama kelamaan plak akan mengeras dan menjadi karang gigi yang tentu saja tidak mudah untuk dihilangkan jika sudah membandel.

Rajin-rajinlah dalam memelihara kesehatan gigi, selagi karang gigi masih belum menimbulkan dampak yang merugikan bagi diri anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi.

Yang pertama, untuk menghilangkan karang gigi Anda dapat menemui dokter gigi dan melakukan scalling untuk membersihkan karang gigi pada gigi Anda. Cara ini jelas membutuhkan biaya untuk membersihkan karang gigi.

Yang kedua, menggunakan cara alami yaitu melakukan pembersihkan dengan menggunakan garam.

Mengapa menggunakan garam? 

Karena Garam mengandung sifat antiseptik dan antibakteri yang cukup tinggi. Bentuknya yang kasar dapat berfungsi sebagai scrub yang dapat membantu membersihkan karang gigi.

Berikut beberapa tips menghilangkan karang gigi menggunakan media garam yang dapat Anda lakuka sendiri di rumah. Aman dan murah tentunya.

Berkumur dengan air Garam

Cara ini adalah yang paling mudah dan harus dilakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Langkah pertama adalah larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah hingga seluruh area dalam mulut terkena. Lakukan tiga kali dalam sehari selama satu menit, terutama pada area karang gigi.

Menyikat gigi dengan Garam dan Baking Soda

Cara satu ini sama seperti ketika menyikat gigi setiap hari hanya mengganti pasta gigi mengunakan baking soda dan garam. Campuran kedua bahan tersebut dipercaya ampuh untuk merontokkan karang gigi.

Namun, dengan catatan penggunaan baking soda jangan berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

Langkahnya adalah siapkan sebuah sikat gigi, campurkan garam dan baking soda sampai menyatu lalu bubuhkan pada sikat gigi secara merata yang sebelumnya telah dibasahi. 

Kemudian sikatlah gigi Anda secara menyeluruh, terakhir berkumurlah dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini dua kali dalam sehari. 

Anda masih bisa menerapkan cara tersebut meskipun karang gigi telah hilang. Lakukan cara tersebut maksimal sekali dalam seminggu untuk mencegah karang gigi muncul kembali.

Menggunakan campuran Garam dan Jus Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat untuk tubuh antara lain, membantu mengecilkan lingkar pinggang, membuat wajah menjadi putih alami, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dll.

Untuk menghilangkan karang gigi, dapat dilakukan dengan mencampurkan garam dengan jus lemon. Khasiat yang didapat dari lemon adalah mampu memutihkan gigi secara alami, menjaga kebersihan serta kesehatan mulut secara sempurna. 

Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam sedikit jus lemon. Aduk hingga merata dan setelah pasta terbentuk, oleskan ke bagian karang gigi dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat. Lakukan setiap dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang efektif.
Menggunakan campuran Garam dan Pasta Gigi

Jika biasanya menggosk  gigi hanya menggunakan pasta gigi, kali ini harus ditambahi dengan garam agar efektif menghilangkan karang gigi. Pada dasarnya pasta gigi diciptakan untuk membersihkan gigi dari plak yang dapat menyebabkan karang gigi sehingga mengandung zat-zat yang memang dikhususkan untuk itu. 

Sebagai catatan sebaiknya gunakan pasta gigi yang memang digunakan untuk menghilangkan plak dan karang gigi sehingga dapat dioptimalkan dengan menggunakan garam dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan pasta gigi, taruhlah di permukaan sikat gigi yang basah kemudian gosokkan secara merata keseluruh area gigi. Kumurlah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang sesuai keinginan.
Tips-tips yang sudah dijelaskan diatas sangat mudah dilakukan bukan? Jadi tidak ada alasan untuk menunda melakukannya. Lakukan secara rutin dan sesuai instruksi agar masalah karang gigi tidak kembali menghantui. Jangan sepelekan masalah kesehatan gigi karena ada sebuah penelitian terbaru yang menyatakan bahwa kebersihan gigi dan mulut erat kaitannya dengan tingkat kesuburan seseorang. Selain itu, menjaga kesehatan gigi juga membuat penampilan kita lebih menarik dengan gigi yang putih bersih dan nafas yang segar.

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam Dalam 1 Menit"

Post a Comment