Air Lemon Bikin Sehat, Mitos atau Fakta?

Air lemon. Sumber : Pixabay.

Banyak yang beranggapan bahwa air perasan lemon banyak memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Tidak sedikit juga mengklaim bahwa air lemon mampu membantu program diet penurunan berat badan. Air lemon dinilai mampu menekan nafsu makan dan keinginan untuk mengkonsumsi camilan.

Beberapa manfaat air lemon yang beredar di masyarakat, antara lain :

Dianggap mampu membantu memulihkan gangguan pencernaan
Dianggap mampu menurunkan berat badan
Dianggap mampu mengatasi dehidrasi
Dianggap mampu memenuhi kebutuhan vitamin C 
Dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh
Mari kita bedah satu persatu mitos yang sudah disebutkan diatas tentang manfaat air lemon.


Dianggap mampu membantu memulihkan gangguan pencernaan dan menurunkan berat badan


Sempat beberapa waktu yang lalu muncul tren infused water yang menawarkan sensasi baru minum air putih yaitu dengan mencampurkan potongan buah didalamnya. Cara ini dilakukan dengan tujuan tubuh juga menyerap sari-sari buah yang dibawa oleh air sehingga kita tidak perlu mengkonsumsi buah secara langsung. 



Kebetulan buah yang populer untuk dijadikan campuran dalam infused water adalah buah lemon. Mungkin karena banyaknya manfaat yang dianggap benar jadi pilihan utama jatuhlah pada buah lemon. 


Termasuk saya.  


Saya sendiri pernah mencobanya karena tergiur oleh manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan.


Awalnya memang terasa segar di tenggorokan karena sensasi dingin dan sedikit terasa asam. Karena memang harus disimpan di lemari es terlebih dahulu semalaman. Namun, lama kelamaan ada sensasi sakit pada perut seperti gangguan lambung yang kambuh. Saya berpendapat bahwa air lemon tidak cocok untuk perut saya karena saya punya masalah lambung.


Ternyata apa yang saya rasakan bukan khayalan saya semata. Seorang Ahli Penyakit Dalam yang bernama Ari Fahrial Syam berpendapat sama. Beliau mengatakan bahwa air lemon tidak menyembuhkan masalah lambung atau pencernaan, malahan di beberapa kasus membuatnya semakin parah. Termasuk kasus saya didalamnya.


Sedangkan untuk masalah penurunan berat badan, seorang pakar diet dari Academy of Nutrition & Dietetics, Wesley Delbridge berpendapat bahwa dengan sering mengkonsumsi air lemon mengurangi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung tinggi gula seperti soda. Jadi penurunan berat badan adalah efek sugesti semata.


Dianggap mampu memenuhi kebutuhan vitamin C, menghindarkan dari dehidrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Mitos berikutnya adalah air lemon dianggap dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Jika bicara kebutuhan vitamin C harian manusia yaitu sekitar 75-90 miligram perhari, lemon jelas tidak dapat mencukupi karena lemon hanya mengandung sekitar sepuluh 10% dari kebutuhan vitamin C harian.


Jadi jelas lemon tidak dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C kita. Kita tetap harus mengkonsumsi sumber vitamin C lainnya yang bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan lainnya.


Salah satu manfaat vitamin C untuk tubuh kita adalah membantu daya tahan tubuh kita agar tidak mudah sakit. Vitamin C hanyalah salah satu komponen yang mendukung agar hal tersebut dapat direalisasikan. Jadi kurang tepat kalau air lemon dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.


Yang benar adalah dengan menjaga pola makan teratur, olahraga teratur dan konsumsi vitamin C untuk unsur pendukungnya.


Sedangkan untuk masalah dehidrasi, mengkonsumsi air lemon memang membantu menjaga tubuh tetap terjaga kebutuhan airnya  asalkan diminum dalam jumlah yang banyak sesuai kebutuhan tubuh.


Baca juga : Sarapan buah, baik untuk kesehatan?

                        Ini Rahasia Umur Panjang Yang Orang Sering Abaikan.

                        Lakukan ini agar kopi lebih nikmat.


Meskipun mitos yang beredar di masyarakat tentang air lemon sudah mendarah daging, tidak ada salahnya untuk tetap mengkonsumsi air lemon asalkan kita tidak mempunyai masalah pencernaan. Dan juga sah-sah saja jika sudah bosan dengan lemon, infused water kita bisa diganti dengan buah-buah lainnya seperti apel, mangga dan lain-lain.


Semoga bermanfaat.






Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Air Lemon Bikin Sehat, Mitos atau Fakta? "