Cara Mudah Menikmati Secangkir Kopi Agar Lebih Terasa Khasiatnya



Bagi saya kopi adalah salah satu ciptaan Tuhan yang sempurna. Kopi mampu memberikan kenikmatan tersendiri dalam hidup. Meskipun warnanya hitam dan rasanya pahit, tetapi dibalik itu semua kopi menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh kita. 

Beberapa pakar kesehatan berpendapat bahwa kopi mempunyai peran dalam penurunan risiko serangan jantung dan resiko penurunan fungsi otak. Selain itu, dengan dosis yang tepat kopi juga mampu memberikan manfaat lainnya seperti menyembuhkan sakit kepala, meningkatkan konsentrasi dan membantu metabolisme serta kopi juga membantu pembakaran kalori lebih banyak jika dikonsumsi sebelum berolahraga.


Tetapi untuk mendapatkan segudang manfaat dari segelas kopi, ada baiknya kita memperhatikan cara mengolahnya. Karena kopi terbaik didapatkan dengan cara pengolahan yang terbaik pula. Berikut  5 metode yang harus dikuasai seseorang jika ingin mendapatkan secangkir kopi yang nikmat :

Memilih biji kopi yang tepat

Kopi yang baik didapat dari biji kopi kualitas terbaik. Kopi yang dijual dipasaran banyak sekali jenisnya seperti arabica, robusta, mandailing, aceh, lampung, luwak, dll. Semuanya merupakan biji kopi pilhan yang nikmat. Tinggal disesuaikan dengan selera lidah kita. Ada yang lebih suka rasa pahitnya, terkadang ada pula yang lebih suka rasa asamnya.


Sebelum membeli biji kopi usahakan untuk mencicipi rasa kopi yang akan kita beli agar tidak salah. Untuk mengetahui selera kopi yang cocok dengan lidah kita dapat dilakukan dengan cara mencoba beberapa varian kopi yang dijual di coffee shop. Atau jika ingin mendapatkan yang benar-benar kualitas terbaik, Anda bisa datang ke petani kopi langsung dan membeli langsung dari mereka agar kualitasnya lebih terjamin.

Giling biji kopi Anda sendiri

Setelah mendapatkan biji kopi pilihan Anda, langkah selanjutnya adalah menggiling biji kopi tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah yang akan digiling. Anda hanya boleh menggiling sejumlah yang dibutuhkan saja. Jangan terlalu berlebih. Hal ini untuk menjaga kualitas rasa dari biji kopi tersebut.
Di dalam biji kopi mengandung minyak atsiri yang bertugas memberikan sensasi rasa pada kopi. Jika kita menggiling terlalu banyak dari jumlah yang dibutuhkan, akan menyebabkan minyak atsiri menjadi tengik dan kopi yang akan kita nikmati selanjutnya jelas terasa tidak nikmat. Mugkin meman terlihat praktis untuk mengolah semua biji kopi namun cara ini justru akan menghilangkan esensi kenikmatan dari kopi.


Memvariasi rasa dengan bahan tambahan

Kopi dapat disajikan dengan bahan tambahan, khususnya bagi yang tidak terlalu suka dengan kopi hitam. Ada beberapa bahan tambahan yang dapat ditambahkan pada secangkir kopi kita. Beberapa bahan yang dapat ditambahkan antara lain :

Ghee, merupakan lemak mentega murni yang mengandung protein tinggi. Biasanya bisa didapat di pasar-pasar yang menjual produk organik atau di Amazon.

Susu murni dari sapi yang hanya diberi makan rumput atau dibesarkan di padang rumput. Dari hasil penelitian, sapi-sapi yang dibesarkan di padang rumput terbukti memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung lebih tinggi daripada sapi-sapi yang tidak diberi makan rumput.

Kayu manis, ekstrak vanila atau jahe dan coklat. Jika Anda bukan termasuk penikmat susu, bisa ditambahkan kayu manis agar kopi terasa lebih manis. Selain itu, ekstrak vanila atau jahe juga mampu memberikan sensasi tersendiri. Coklat pun dapat menjadi alternatif berikutnya untuk menikmati kopi Anda.

Tambahkan salah satu bahan tersebut pad kopi Anda sesuai selera dan yang terpenting adalah jangan menambahkan krimer. Karena krimer mengandung tinggi kalori. Yang ada bukan menjadi sehat malah membuat tubuh kita jadi menerima banyak kalori.


Simpan dengan benar biji kopi Anda

Setelah menyisihkan biji kopi yang akan digiling, sisa biji kopi sebaiknya ditempat yang sejuk dan kering. Anda bisa menyimpannya di stoples yang kedap udara atau container yang rapat. Sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak biji kopi jika Anda tidak rutin minum kopi. Karena ada beberapa jenis biji kopi yang akan kehilangan rasanya setelah 2 minggu.

Menyeduh kopi dengan air yang tepat

Komponen utama berikutnya dalam menikmati secangkir kopi yang nikmat adalah air. Air yang digunakan untuk menyeduh kopi harus bersuhu sekitar 90-97 derajat Celcius. Jadi jangan gunakan air yang baru saja mendidih. Sebaiknya tunggu sebentar agar suhunya pas untuk menyeduh kopi.

Energi panas yang pas dari air ynag digunakan untuk menyeduh kopi akan benar-benar mengeluarkan rasa nikmat yang tersembunyi dari kopi. Selain itu, kandungan dalam air yaitu, natrium bikarbonat dan magnesium sangat mempengaruhi rasa dari biji kopi yang kita gunakan. 

Untuk itu, sebaiknya gunakan air yang sudah disaring atau air yang dijula di toko-toko. Jika terpaksa menggunakan air keran, sebaiknya lakukan proses penyaringan terlebih dahulu.

Bagi sebagia besar orang Indonesia mungkin awam dengan cara seperti ini karena sebagian besar dari kita merupakan Pengabdi Sasetan. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara baru dalam menikmati kopi. Selain kahsiatnya akan lebih terasa, menikmati kopi dengan cara ini akan membuat kita terlihat lebih berkelas.

Selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menikmati Secangkir Kopi Agar Lebih Terasa Khasiatnya"

Posting Komentar