5 Makanan Dan Minuman Yang Membuatmu Susah Tidur

foto : provoke-online.com

Tidur merupakan salah satu kegiatan penting dan harus dilaksanakan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan manusia sehari-hari. Tidur mempunyai peranan sangat penting karena pada saat tidur didalam tubuh berjalan mekanisme alami yang sangat berguna untuk keberlangsungan hidup manusia. Pada saat kita tidur, nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi pada hari itu akan diserap dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Proses tersebut akan meregenerasi sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Waktu tidur yang diperlukan oleh orang dewasa adalah 5-8 jam setiap harinya. Jika ada yang tidur kurang dari waktu tersebut dan terus berlangsung lama akan menyebabkan timbulnya penyakit. Bahkan, dapat berujung pada kematian karena otak kita sebagai organ utama tidak dapat beristirahat. Jika kita tidak tidur, otak akan terus dipaksa bekerja dan dapat menyebabkan halusinasi yang berujung pada kerusakan saraf.

Dulu saat masih kecil, seringkali kita mengabaikan perintah untuk tidur siang dari orang tua kita. Tapi setelah dewasa, kita malah pengin banget bisa tidur siang. Belum lagi waktu tidur kita di malam hari terkadang masih sangat kurang disebabkan oleh banyak hal. Salah satu yang menjadi penyebab kita insomnia atau susah tidur adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sering kita lakukan.

Kebiasaan buruk tersebut adalah menyantap atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang mampu memicu insomnia. Pemicu insomnia tidak melulu harus dipicu oleh masalah-masalah yang ada dihidup kita. Terkadang kebiasaan buruk yang simple justru menjadi penyebab utamanya.

Berikut adalah makanan dan minuman yang perlu dihindari agar kita tidak terserang penyakit susah tidur :

1. Minuman yang mengandung kafein

Seperti yang kita ketahui dan sudah menjadi rahasia umum bahwa minuman yang mengandung kafein seperti kopi mampu menyebabkan seseorang susah tidur. Anggapan ini memang benar adanya. Seorang teman pernah bercerita tentang dia yang susah tidur hingga hari menjelang pagi gara-gara malam harinya dia mengkonsumsi satu gelas kopi,itu pun hanya kopi sachet dan bukan kopi hitam pekat. 

Reaksi ini memang hanya terjadi pada beberapa orang saja yang memang tubuhnya sangat sensitif terhadap kafein. Bagi Anda yang sensitif dengan kopi sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi sebelum tidur atau paling tidak jangan mengkonsumsi setelah tengah hari karena kafein mampu bertahan di dalam tubuh selama 8 jam. jadi jika jam tidur kita adalah pukul 21.00 atau 22.00 sebaiknya tidak ada lagi kopi setelah pukul 13.00 atau 14.00.
2. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi tepat sebelum tidur. Makanan jenis ini akan menimbulkan efek tidak nyaman karena tubuh bekerja sangat keras untuk mencernanya. Selama proses pencernaan -dimana membutuhkan waktu yang lama- tubuh akan tetap terjaga dan susah sekali untuk memejamkan mata.

Selain mengganggu waktu tidur kita, makanan yang tinggi lemak juga meningkatkan resiko terkena obesitas. Karena kalori yang seharusnya dibakar dengan beraktifitas atau berolahraga hanya tertimbun didalam tubuh yang lama kelamaan akan menjadi lemak di dalam tubuh.

3. Makanan yang mengandung gula tinggi

Setelah makan malam, biasanya beberapa orang mengkonsumsi makanan-makanan manis sekedar untuk makanan penutup atau pencuci mulut. Pilihan yang paling sering diambil adalah es krim. Nikmat memang. Ketika rasa dingin dan manis yang bercampur didalam lidah. Tapi, pilihan ini sebaiknya jangan dilakukan karena makanan seperti es krim yang mengandung gula akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur.

Selain itu, makanan manis membuat tubuh kita menginginkan makanan yang sama di hari berikutnya. Tentunya hal ini sangat mempengaruhi kesehatan dan buruk untuk diet. Beberapa makanan yang harus dihindari sebelum tidur antara lain, cake, wafer, donat, dll. Selain makanan manis, makanan yang mengandung karbohidrat juga sebaiknya dihindari seperti lontong sayur, mie ayam, burger, nasi putih atau gorengan.
4. Minuman beralkohol

Jika ada yang beranggapan bahwa alkohol membuat orang yang meminumnya menjadi mengantuk itu salah besar. Memang efek itu ada namun setelah alkohol sudah masuk di sistem tubuh, akan menimbulkan efek tidak nyaman di awal-awal waktu tidur.

Biasanya terjadi pada peruh pertama tidur. Efek buruk alkohol akan terasa dan membuat peminumnya merasa tidak nyaman dan tidak nyenyak dalam tidurnya. Sebaiknya hindari minuman jenis ini karena tidak mempunyai faedah sama sekali untuk tubuh kita.

5. Tembakau dan nikotin

Berbicara tentang tembakau dan nikotin, tidak lain dan tidak bukan pasti membicarakan tentang rokok. Meski bukan jenis makanan dan minuman, namun rokok juga menjadi salah satu penyebab seseorang insomnia atau susah tidur. 

Asap rokok yang dihisap dan masuk kedalam tubuh akan menyerang syaraf dan mengganggu sinyal yang dikirimkan ke otak yang menjelaskan bahwa tubuh sudah lelah dan butuh tidur. Jadi racun dalam rokok menghambat sinyal tersebut yang akhirnya membuat seseorang susah sekali memejamkan mata karena tidak sinyal untuk beristirahat yang tersampaikan. 

Efeknya hampir sama dengan kafein yang juga menghambat stimulus yang dibutuhkan untuk menandai bahwa tubuh butuh istirahat.
Untuk mengatasi insomnia sebaiknya masukkan makanan yang kaya akan serat pada menu makan malam kita. Serat yang tinggi akan membantu organ pencernaan lebih mudah dalam mencernanya. Sehingga tidak dibutuhkan waktu yang lama yang dapat mengganggu jam tidur kita.

Semoga bermanfaat.

sumber :

republika.co.id
merdeka.com





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Makanan Dan Minuman Yang Membuatmu Susah Tidur"

Post a Comment