6 Organ Utama Pada Tubuh Manusia Yang Paling Cepat Terserang Efek Buruk Rokok


"Rokok itu tidak berbahaya bagi kesehatan selama tidak ada koreknya."

Bicara mengenai rokok seakan tidak ada habisnya. Polemik yang berkepanjangan terus menyelimuti masalah yang satu ini. Rokok ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi memberi keuntungan finansial yang besar terhadap pemerintah dari cukai rokok, tapi di sisi lain merusak kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar masyarakatnya. Sebenarnya orang-orang tahu bahwa rokok itu tidak sehat, bahkan sama sekali tidak memberi manfaat apa-apa terhadap tubuh. Malahan menjadikan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun.

Karena paparan racun yang masuk kedalam tubuh dan merusak organ-organ didalamnya, menjadikan tubuh sibuk meregenerasi sel-sel yang rusak sehingga menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun karena tidak ada sokongan nutrisi dari dalam. Dalam satu hisapan rokok, tubuh menerima 2000 jenis racun berbahaya. 

Bayangkan berapa racun dalam satu batang rokok atau satu bungkus rokok yang dihisap setiap harinya? Tidak heran para perokok aktif dan pasif sangat rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Agar lebih jelas dampak buruk apa saja yang didapat dari menghisap rokok, berikut adalah 6 organ utama dalam tubuh yang paling cepat terkena imbas dari asap rokok yang dihisap oleh tubuh :


1. Mulut dan Tenggorokan

Yang paling pertama terkena efek buruk rokok adalah mulut dan tenggorokan karena melalui dua saluran ini asap rokok masuk kedalam tubuh. Organ mulut dan tenggorokan yang sering terpapar asap beracun dari rokok lama kelamaan akan mengalami kerusakan sel jaringan.

Sel-sel jaringan pada mulut dan tenggorokan yang rusak akan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker mulut dan tenggorokan. Selain itu, selama masih menghisap rokok, efek buruk lainnya juga timbul seperti mulut yang beraroma tidak sedap atau yang dikenal dengan istilah bau mulut, gigi berubah warna menjadi kuning, gusi menjadi berwarna hitam dan lidah menjadi kebas atau menjadi tidak peka terhadap rasa.

Jika lidah menjadi tidak peka terhadap rasa dapat menyebabkan seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang kuat, misalnya untuk minuman harus ditambahkan banyak gula agar terasa manis atau ditambahkan garam dan penyedap rasa lebih banyak pada makanan. Kondisi ini akan menggiring seseorang kepada penyakit lain yang lebih parah seperti diabetes dan hipertensi.
 
2. Paru-paru

Setelah melalui mulut dan tenggorokan, asap rokok yang masuk kedalam tubuh selanjutnya menuju paru-paru sebagai organ pernafasan manusia yang paling utama. Paru-paru yang terus menerus menerima asap rokok akan mengalami penurunan fungsinya. Efek buruk yang ditimbulkan adalah paru-paru tidak dapat berfungsi secara normal kembali.

Paru-paru yang sudah tidak dapat berfungsi secara normal akan membuat seseorang mudah kehabisan nafas. Seperti yang kita tahu, para perokok biasanya memiliki nafas yang pendek. Karena itu, biasanya para perokok aktif tidak suka olahraga yang berat-berat karena mudah kehabisan nafas. Efek yang lebih parah adalah meningkatnya resiko terkena infeksi paru-paru, bronkitis dan kanker paru-paru.

Dan, for your information, kanker paru-paru termasuk dari 5 kanker paling mematikan di dunia. 

3. Kulit


Ini ada kaitannya dengan menurunnya fungsi paru-paru, karena paru-paru tidak menerima oksigen yang cukup malahan menerima karbon monoksida lebih banyak dari asap rokok. Oksigen tidak hanya dibutuhkan untuk bernafas. Oksigen juga diedarkan keseluruh tubuh melalui aliran darah termasuk kulit. Kulit yang tidak menerima oksigen yang cukup akan terkena imbasnya.

Kulit akan mudah kusam dan tidak segar. Selain itu, kulit akan terlihat tua karena mengalami penuaan dini. Penuaan dini adalah ketika kulit kehilangan elastisitas dan kemampuannya untuk beregenerasi. 

Yang paling tampak adalah adanya kerutan di sekitar mata dan bibir. 


4. Otak

Racun dari asap rokok yang tercampur dan masuk kedalam darah juga dibawa menuju otak. Disini kerusakan mulai terjadi. Racun dari asap rokok akan melemahkan pembuluh darah yang ada di otak. Hal ini akan mengakibatkan munculnya penurunan kemampuan otak atau demensia. 

Pembuluh darah yang melemah juga meningkatkan resiko terkena stroke hingga 50%. Stroke diakibatkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah yang menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan geraknya atau kelumpuhan pada saraf.


5. Jantung

Himbauan tentang efek buruk rokok yang menempel pada bungkus rokok bukanlah isapan jempol belaka. Efek itu benar-benar akan terjadi. Kalau tidak salah disitu tertulis merokok dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan racun dari asap rokok yaitu nikotin dan karbon monoksida dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. 

Kerusakan ini akan terjadi secara perlahan-lahan dan mampu menyebabkan pembuluh darah mengalami kerusakan yang meningkatkan resiko arteri koroner atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah jelas mampu memicu serangan jantung dan stroke.

6. Tulang dan Sendi


Efek buruk yang satu ini tidak banyak orang tahu jika rokok dapat berpengaruh pada kesehatan tulang dan sendi. Selama ini orang-orang hanya mengira rokok mempengaruhi kesehatan jantung dan paru-paru. Tapi ternyata, rokok juga mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi. Racun yang ada pada rokok dapat menimbulkan peradangan pada tulang dan sendi serta meningkatkan resiko seseorang terkena osteoporosis atau tulang keropos.

Pengroposan tulang tersebut terjadi karena terhambatnya kepadatan tulang yang berakhir pada usia 30 tahun. Jadi jika seseorang menjadi perokok aktif dari usai sekolah hingga usia dewasa bahkan usia senja, ketika mengalami patah tulang akan sangat susah untuk mengalami kesembuhan karena tulang sudah kehilangan kepadatannya.

Begitu berbahaya rokok bagi kesehatan dan masih saja banyak yang masih merokok. Berhentilah merokok bukan demi diri sendiri melainkan demi orang lain yang kita sayangi. 

Semoga bermanfaat.

sumber :
republika.co.id
hellosehat.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Organ Utama Pada Tubuh Manusia Yang Paling Cepat Terserang Efek Buruk Rokok"

Post a Comment