Bahaya Kopi Hitam Bagi Wanita



"I'm not addicted to coffee, we're just in a committed  relationship."
-anonymous-

infokesehatanku.com - Seorang teman pernah bercerita kepada saya tentang istrinya yang menjadi kopi addict. Kopi menjadi semacam minuman wajib bagi dia untuk mengawali hari, meski perut belum terisi yang penting kopi dulu. Hingga akhirnya pencernaan sang istri mengalami gangguan yaitu pengikisan di lapisan usus. Ternyata kopi memiliki efek yang begitu buruk bagi beberapa orang terutama terhadap wanita.

Kopi memiliki daya tarik tersendiri dengan aroma dan rasanya yang khas. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi di dunia, sudah barang tentu kebanyakan  masyarakatnya merupakan pecinta kopi. Saya sendiri merupakan pecinta kopi meskipun mempunyai masalah pada lambung dan hanya bisa menikmati kopi maksimal 2 gelas setiap harinya. 

Kembali kepada efek buruk kopi bagi wanita. Banyak mitos yang bersliweran mengenai efek buruk kopi bagi wanita yang menyesatkan. Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan mencoba membahas fakta dari bahaya kopi bagi wanita.
Memicu depresi

Kopi mengandung kafein yang tinggi. Kafein dalam kopi menciptakan efek ketergantungan pada tubuh untuk waktu yang lama. Ketergantungan ini akan menciptakan rasa cemas dan depresi karena kafein mengganggu produksi dopamine didalam tubuh. Jika kondisi cemas, depresi berlanjut hingga mual dan muntah, itu tandanya tubuh mengalami overdosis kafein. Sebaiknya batasi konsumsi kopi hanya 1 gelas setiap harinya.

Peradangan didalam perut

Banyak yang berpendapat orang yang memiliki riwayat sakit maag sebaiknya menghindari kopi. Hal ini memang benar, kopi yang dikonsumsi oleh penderita maag akan meningkatkan produksi asam lambung yang akan memicu peradangan pada perut apalagi jika kopi dikonsumsi sebelum makan. Kebiasaan mengkonsumsi kopi sebelum makan juga dapat menyebabkan perut menjadi sembelit.

Mempengaruhi kesuburan

Banyak dokter kandungan yang menyarankan untuk menghindari mengkonsumsi kopi selama masa program kehamilan karena kafein mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita. Kafein yang masuk secara terus menerus dan dalam jumlah yang banyak akan melukai tuba falopi dan endometriosis. Hal ini akan mengganggu jalannya sel telur dari ovarium menuju rahim dan menurunkan prosentase kehamilan menjadi hanya 25%.
Mempengaruhi kepadatan tulang



Jumlah penderita osteoporosis didominasi oleh wanita karena para wanita sangat rentan terhadap osteoporosis. Para wanita yang pernah melahirkan cenderung mengalami osteoporosis di masa tuanya. Konsumsi kafein bagi wanita meningkatkan resikonya karena kafein yang dikonsumsi akan mengikis kalsium dan mempengaruhi kepadatan tulang.

Premenstual Syndrome (PMS)

PMS atau yang biasa dikenal dengan sebutan pramenstruasi sudah menjadi langganan bagi para wanita menjelang datangnya tamu bulanan. PMS biasa merusak mood seseorang dan menjadikannya tidak stabil. Biasanya wanita mudah marah, mudah tersinggung, mudah merasa cemas jika dalam masa PMS. Jika dalam masa PMS, wanita tetap rutin mengkonsumsi kopi akan memperparah kondisinya. Kafein didalam kopi membuat tubuh dehidrasi yang menyebabkan tubuh mudah cemas. Sebaiknya hindari kopi dan perbanyak air putih agar metabolisme tubuh tetap lancar dan mood juga lebih tenang.
Menyebabkan gangguan pada buah dada

Khusus untuk para wanita, terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan menyebabkan buah dada menjadi kendur karena mengalami perubahan fibrokistik. Selain itu, kebanyakan kafein juga memicu munculnya benjolan pada buah dada yang terkadang terasa nyeri dan sakit.

Meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil

Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi secara total. Kafein yang masuk melalui plasenta akan mengganggu detak jantung bayi dan membuatnya susah tidur. Kondisi ini akan membuat bayi mengalami gangguan dan menyebabkan kelahiran prematur. Yang lebih parah, kafein juga meningkatkan resiko keguguran.

Membuat kulit menjadi keriput



Mengkonsumsi kopi berlebihan dan diwaktu yang kurang tepat, seperti di malam hari sebelum tidur, akan mengganggu siklus tidur. Seseorang yang terganggu siklus tidurnya akan mengalami masalah kesehatan pada kulit karena kulit tidak dapat beregenerasi dengan baik pada saat kita tidur.

Kopi memang mikmat dan mampu memberi energi tambahan untuk tubuh, tetapi tidak untuk wanita apalagi untuk ibu hamil. Bagi wanita larangan mengkonsumsi kafein tidak terbatas hanya untuk kopi karena diluar sana masih banyak jenis minuman lainnya yang mengandung kafein. Perhatikan komposisi minuman sebelum mengkonsumsinya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

baca juga : Cara Menikmati Secangkir Kopi Yang Benar

Semoga bermanfaat.

sumber :
liputan6.com
vemale.com
merdeka.com
manfaat.co.id
halosehat.com
wanita.me






Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahaya Kopi Hitam Bagi Wanita"

Post a Comment