Cara Aman Menghindari Serangan Stroke DI Kamar Mandi


infokesehatanku.com - Stroke merupakan kondisi dimana terjadi gangguan pada pasokan darah yang menuju ke otak dikarenakan oleh penyumbatan pada pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa pasokan darah, otak akan mati dalam hitungan menit karena otak tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang menyebabkan sel-sel pada area otak akan mengalami kematian. Stroke menyebabkan beberapa bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tidak dapat berfungi dengan baik.

Lalu, apa hubungannya dengan kamar mandi?

Jelas ada hubungannya.

Anda pasti pernah mendengar ada orang yang jatuh di kamar mandi dan menjadi lumpuh akibat stroke kan?

Penyebabnya bukan karena jatuh di kamar mandi, tetapi karena serangan stroke yang terjadi sesaat setelah seseorang mulai mandi dengan cara yang salah.

Pada saat mandi, beberapa orang melakukan kesalahan fatal seperti langsung mengguyur bagian kepala. Tindakan ini akan mendinginkan kepala dan memaksa tubuh mengalirkan darah menuju kepala untuk menghangatkannya. Yang membuat cara ini menjadi fatal adalah ketika ada pembuluh darah yang sempit dan tiba-tiba mengalami desakan dari aliran darah yang menuju ke kepala menjadi tertekan dan pecah.

Disinilah penyebab stroke terjadi.

Untuk menghindari hal tersebut, ada urutan yang harus dilakukan dengan benar ketika mandi. Berikut adalah urutan mandi yang benar :

Siram bagian kaki dimulai dari kaki kiri 3 kali, lalu lanjutkan ke kaki bagian kanan.

Kemudian naik ke area paha sebelah kiri 3 kali, lalu lanjutkan ke bagian paha sebelah kanan.

Setelah itu, lanjut ke bagian perut juga disiram sebanyak 3 kali.

Setelah bagian perut, naik lagi ke area dada dan bahu. Khusus untuk area ini, sebaiknya dimulai dari sebelah kanan karena di sebelah kiri terdapat jantung. Siram 3 kali sebelah kanan dilanjut dengan sebelah kiri 3 kali juga.

Tunggu sebentar sekitar 5-10 detik sampai terasa ada udara keluar dari kepala atau tubuh terasa meremang.

Setelah udara keluar dari tubuh, lanjut dengan menyiram bagian kepala dan mandi seperti biasa.

Urutan ini dilakukan untuk mendinginkan tubuh terlebih dahulu agar mencegah terjadinya kejutan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

baca juga : cara alami menjaga kebersihan badan dengan mandi malam

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Aman Menghindari Serangan Stroke DI Kamar Mandi"

Post a Comment