Cara Aman Menurunkan Kolesterol Dengan Mengkonsumsi 8 Bahan Alami Ini Setiap Hari


ilustrasi Air Jeruk Nipis/Merdeka.com

infokesehatanku.com - Kolesterol tinggi adalah unsur utama meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke. Tubuh kita tetap menginginkan kolesterol, tetapi tidak dalam jumlah yang banyak. 

Kolesterol yaitu zat lemak yang berperan sebagai lemak dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh. 

But, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat memunculkan masalah bagi kesehatan, mulai dari tumbuhnya penyakit jantung hingga berakhir pada kematian.


Kolesterol pada jumlah tinggi mampu memicu pemusatan plak di arteri, sehingga menyulitkan darah untuk mencapai jantung. Kondisi ini yang menimbulkan nyeri dada, atau diketahui juga angina. Jika suplai darah benar-benar tersumbat, Anda akan beresiko mengalami serangan jantung.

Kadar kolesterol harus diukur paling tidak sekali setiap lima tahun pada semua orang di atas usia 20 tahun. Tes skrining yang normal dilakukan yaitu tes darah yang disebut profil lipid. Para ahli merekomendasikan pemeriksaan kolesterol rutin pada pria usia 35 tahun atau lebih tua dan wanita usia 45 atau lebih tua.

Dan jika hasil pengukuran kolesterol Anda yang keluar menandakan tingkat kolesterol tinggi, ada baiknya mulai memperhatikan 2 cara utama berikut ini yang mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh.

Cara yang pertama adalah memperhatikan asupan makanan dan rutin mengkonsumsi makanan yang mampu membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat. Memperhatikan asupan makanan termauk didalamnya menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan hanya mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan tinggi lemak akan menyebabkan timbunan lemak didalam tubuh terus meningkat dan akan diubah menjadi lemak dalam darah (trigliserida). Untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh, berikut beberapa asupan sehat yang harus rutin dikonsumsi :

Air perasan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan flavonoid. Flavonoid di dalam tubuh beraksi sebagai anti-oksidan kuat yang membantu menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat mempengaruhi sel-sel sehat.

Kombinasikan air perasaan jeruk nipis dengan segelas air hangat dan minumlah di pagi hari sesaat setelah bangun tidur dan 1 gelas sebelum tidur. Lakukan secara rutin setiap hari agar kadar kolesterol jahat didalam tubuh segera menurun.

Jus anggur

Sama halnya dengan jeruk nipis, anggur juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Selain flavonoid, anggur juga mengandung piceatannol dan resveratrol yang membantu memnuculkan fitonutrien yang dikenal sebagai zat anti mikroba. Jus anggur dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk menurunan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jus jambu merah

Jambu merah merupakan satu dari sekian banyak buah-buahan yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang baik sekali untuk tubuh. Ada vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B3 dan vitamin B6, Kalium dan masih banyak lagi. Selain vitamin, jambu merah juga mengandung antioksidan yang sama seperti anggur dan jeruk nipis.

Kulit manggis

Ternyata buah manggis bukan hanya buahnya saja yang bisa dimakan, tapi kulitnya juga. Kulit manggis mempunyai khasiat sebagai anti-kanker dan anti oksidan karena mengandung xanthone yang dinilai lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. Anda dapat mengkonsumsi kulit manggis dengan cara menghaluskannya dengan blender dan meminumnya langsung. Atau dengan cara yang lebih praktis yaitu mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang dijual bebas di pasaran.

Bekatul

Mungkin tidak banyak orang yang kenal dengan bekatul. Bekatul adalah sisa proses penggilingan padi di proses kedua. Pada saat padi digiling, kulit padi akan terpisah. Nah, sisa proses penggilingan itulah yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda.

Yang berperan dalam menurunkan kolesterol pada bekatul adalah kandungan tokotrienol. Tokotrienol berperan menahan kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang bagus untuk memperlancar pencernaan. Kemampuan serat pangan adalah mengikat asam empedu yang nantinya keluar bersama dengan tinja.

Biji-bijian utuh

Nutrisi yang banyak di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk menolak efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.


Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berperan untuk menurunkan level kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara natural. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. Hindari penggunaan minyak dalam proses memasaknya.

Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang mampu menahan penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Mulai jadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol Anda menurun drastis.

Untuk cara kedua adalah memperbanyak gerakan fisik atau ruti berolahraga. Olahraga tidak hanya dibutuhkan ketika Anda berusaha mengurangi berat badan. Olahraga harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga juga terbukti meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan namun rutin seperti jogging, berenang, bersepeda atau berjalan santai.

Kesehatan perlu dijaga karena menjaga kesehatan merupakan salah satu bentuk syukur kita terhadap Allah SWT.

Semoga bermanfaat.

sumber :
tirto.id
liputan.com



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Aman Menurunkan Kolesterol Dengan Mengkonsumsi 8 Bahan Alami Ini Setiap Hari"

Post a Comment