Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

ilustrasi : darah tinggi/vemale.com

infokesehatanku.com - Darah tinggi adalah kondisi dimana kekuatan tekanan darah mendorong dinding arteri terlalu kencang. Darah tinggi dikenal juga dengan nama hipertensi atau masyarakat di daerah saya lebih mengenalnya dengan istilah Bludreg. Biasanya penderita hipertensi merasakan sakit kepala atau otot yang mengencang di sekitar tengkuk. 

Kekuatan dari tekanan darah tersebut dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu kondisi seseorang saat beraktifitas dan daya tahan pembuluh darah itu sendiri. 

Sialnya, penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit keturunan. Jadi, jika ada anggota keluarga yang menderita darah tinggi, bisa dipastikan keturunannya akan menderita penyakit yang serupa.



Kondisi darah tinggi adalah ketika hasil pemeriksaan tekanan darah lebih dari 140/90 milimeter merkuri/mmHg. 



Penyebab darah tinggi

Setiap penyakit pasti ada penyebabnya tidak terkecuali hipertensi yang merupakan penyakit turunan. Karena pola hidup tidak sehat juga turut menyumbang menjadi penyebab hipertensi dan sebagian besar penyakit yang ada di dunia ini. 

Berikut adalah beberapa penyebab hipertensi yang paling umum :

Merokok sejak usia muda



Tidak heran sekarang ini banyak sekali masyarakat Indonesia mudah tersulut emosi karena masalah sepele. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia adalah perokok aktif bahkan semenjak usia sekolah. Kebiasaan merokok sejak  usia muda sangat mempengaruhi kesehatan seseorang setelah dewasa, salah satunya hipertensi atau darah tinggi. 

Racun dalam rokok akan masuk kedalam darah dan mengganggu peredaran darah dan menyebabkan kinerja jantung akan lebih berat karena memompa lebih kencang. Karena nikotin dalam rokok akan memicu sistem saraf memproduksi zat kimia yang akan mempersempit pembuluh darah.

Penyakit warisan atau genetika

Seperti yang dijelaskan diatas, hipertensi merupakan salah satu dari penyakit turunan. Bagi siapa saja yang keluarganya memiliki riwayat darah tinggi, sebaiknya mulai menjalankan pola hidup sehat yang dapat mengurangi resiko terkena hipertensi.

Kelebihan berat badan atau kegemukan



Sudah menjadi rahasia umum jika obesitas merupakan sumber masalah dari beberapa penyakit kronis seperti diabetes, stroke, jantung, dll. Ternyata obesitas juga menjadi penyebab seseorang terkena hipertensi. 


Kondisi tubuh yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menyebabkan rusaknya sistem pengontrolan darah di dalam tubuh sehingga darah yang diproduksi melebihi jumlah seharusnya. Karena orang yang memiliki berat badan berlebih membutuhkan lebih banyak darah yang mengandung oksigen dan nutrisi. Kondisi ini akan memaksa jantung memompa lebih kencang untuk menghasilkan darah lebih banyak. Efeknya tekanan darah menjadi naik.

Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak

Jika garam yang dikonsumsi tubuh melebihi kebutuhan akan menyebabkan garam mengendap didalam pembuluh darah. Pengendapan yang terjadi terus menerus akan membuat pembuluh darah menjadi sempit yang secara otomatis akan membuat tekanan darah menjadi lebih kencang dan kuat.

Contoh makanan yang banyak mengandung garam antara lain produk makanan olahan, produk makanan kalengan dan fast food. Selain itu, makanan dengan pemanis buatan juga dapat memicu hipertensi.

Minum minuman beralkohol terlalu sering



Alkohol yang masuk kedalam tubuh akan membuat jantung berdetak lebih kencang. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi hanya 2-3 gelas. Efeknya dapat langsung terasa.

Bertambahnya usia dan minimnya olahraga

Ketika seseorang bertambah usia, organ-organ di dalam tubuh manusia mengalami penurunan fungsinya. Untuk menjaga organ-organ didalam tubuh tetap aktif diperlukan olahraga atau olah fisik yang teratur.

Olahraga akan menjaga organ vital seperti jantung dan paru-paru bekerja maksimal. Tubuh yang jarang sekali berolahraga akan membuat kinerja jantung menurun dan memperbesar resiko terkena hipertensi.

Terlalu banyak pikiran


Berusahalah untuk menghindari stres karena stres yang berat akan direspon oleh tubuh dengan detakan jantung yang cepat. Hal ini dikarenakan tubuh mengeluarkan hormon stres seperti hormon kortisol, adrenalin dan norepinefrin yang ketiganya dapat menyebabkan meningkatnya detak jantung dan membuat pembuluh darah menyempit. Efek yang paling terasa adalah sakit kepala atau otot yang tegang di belakang kepala.



Cara menurunkan darah tinggi secara alami


Bicara masalah pengobatan, dalam hal ini pengobatan untuk darah tinggi, kebanyakan orang akan langsung lari ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan obat secara cepat. Namun, tidak ada salahnya jika pengobatannya dilakukan secara tradisional atau alami sebelum beralih ke medis.

Berikut beberapa bahan alami yang mudah didapatkan dan dipercaya mampu mengatasi tekanan darah tinggi:

Daun Salam

ilustrasi : daun salam/tribunnews.com

Daun salam biasanya dijadikan bahan pelengkap didalam suatu masakan, tapi ternyata memiliki khasiat lainnya yaitu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Daun yang satu ini mengandung komposisi mineral yang unik yang dapat berperan dalam melancarkan aliran darah. 

Kemampuan ini sangat cocok untuk menurunkan tekanan darah karena aliran darah yang lancar akan meringankan kerja jantung sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding pembuluh darah akan berkurang.


Cara meracik daun salam sebagai obat tradisional hipertensi sangat mudah, yaitu :
  • Ambil sekitar 10 lembar daun salam yang masih segar.
  • Campurkan dengan 3 gelas air pada panci kemudian rebus hingga air rebusan tersisa 1 gelas.
  • Tambahkan sambiloto (jika perlu) agar khasiatnya lebih maksimal.


Mentimun



Bahan alami yang satu ini banyak ditemui pada rombongan lalapan bersama kubis, kacang panjang dan daun kemangi. Hal ini bukan tanpa alasan mengapa timun selalu ada pada lalapan karena lalapan biasanya dihidangkan dengan makanan yang dimasak dengan digoreng atau dibakar yang mana merupakan kelompok makanan yang tidak sehat.

Timun mengandung potasium yang dapat berperan sebagai penurun darah tinggi. Cukup konsumsi timun mentah setiap hari untuk menghindari resiko terkena darah tinggi. 

Blewah

ilustrasi : blewah/Grid.ID

Seperti halnya mentimun, blewah merupakan buah yang mudah ditemui khususnya pada Bulan Suci Ramadhan. Blewah merupakan buah yang unik karena memberikan rasa adem sesaat setelah mengkonsumsinya. Tidak manis, tidak asam atau pahit. Hanya rasa yang khas dari daging buahnya. 

Ternyata blewah mengandung mineral yang sama seperti mentimun yaitu potasium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya konsumsi buah yang satu ini secara rutin agar terhindar dari resiko terkena hipertensi.

Demikian sedikit info mengenai penyebab, gejala dan pengobatan secara alami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semoga bermanfaat.


sumber :

liputan6.com
cermati.com
hellosehat.com
tribunnews.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami"

Post a Comment