Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Jeruk Lemon Dalam 30 Menit


ilustrasi : jeruk lemon/cintai hidup

Beauty is not in the face, beauty is a light in the heart.
-Kahlil Gibran-

Infokesehatanku.com – Menjaga kesehatan wajah merupakan hal yang perlu dilakukan karena kebersihan wajah dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Orang dengan wajah yang bersih menandakan suka menjaga kebersihan dan bukan orang yang malas. Dewasa ini banyak sekali bermunculan pusat kecantikan wajah yang menawarkan berbagai macam perawatan wajah.

Sebenarnya, alam sudah menyediakan bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai perawatan kesehatan wajah. Salah satunya adalah jeruk lemon. Jeruk lemon berbentuk agak lonjong dan berwarna kuning. Ada juga yang bulat seperti jeruk pada umumnya. Jeruk lemon mulai dilirik sebagai bahan alternatif untuk menjaga kesehatan tidak hanya badan, tetapi juga kesehatan kulit wajah.

baca juga :


Berikut beberapa manfaat yang dapat dipetik dari jeruk lemon kaitannya dengan mengatasi masalah kesehatan kulit wajah :

Mengurangi keriput secara alami

Semakin bertambah usia seseorang, semakin menurun pula keelastisan kulit dan produksi kolagen yang menjaga kulit tetap kencang. Buah lemon mengandung minyak yang terbukti mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit. Jika kulit terkena kerusakan oksidatif biasanya kulit terlihat kering dan kusam. Selain itu, vitamin C yang terkandung didalam buah lemon juga mampu merangsang produksi kolagen dan mengembalikan keelastisan kulit.

Buah lemon juga mengandung enzim alami yang berperan dalam mengencangkan pori-pori wajah. Enzim tersebut akan mencegah munculnya pori-pori baru.

Cara pakai :
  • Iris lemon menjadi 2 bagian lalu gosok dan pijat kulit wajah dengan bagian dalam buah lemon selama beberapa menit.
  • Atau, parut buah lemon dan jadikan sebagai masker.

Jangan menyerah jika dalam beberapa hari belum ada perubahan karena proses anti penuaan kulit baru efektif setelah 1 bulan perawatan. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari

Biasanya setelah kita beraktifitas dibawah sinar matahari muncul belang pada kulit karena terbakar sinar matahari. Buah lemon memiliki khasiat untuk menghilangkan belang tersebut.

Cara pakai :
  • Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan air mawar dan jus mentimun.
  • Kemudian celupkan kain bersih ke dalam campuran air tadi.
  • Angkat kain kemudian letakan langsung pada kulit belang yang terbakar sinar matahari selama kurang lebih 30 menit.

Campuran lemon dan mentimun akan bekerja sebagai pemutih alami yang akan menghilang warna kemerahan pada kulit akibat terbakar sinar matahari. Vitamin C juga berperan serta dalam perawatan berikut dan membantu meminimalisir kerusakan yang timbul serta menghilang bintik-bintik gelap pada wajah. Cara ini juga membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Menyamarkan bekas jerawat

Tidak hanya jerawat yang mengganggu, namun bekasnya pun kerap menimbulkan masalah dan menurunkan kepercayaan diri. Untungnya, buah lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang mampu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya.

Vitamin C, seperti dijelaskan diatas, membantu meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit dan merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru. Sedangkan asam sitrat bertugas sebagai anti-bakteri yang mencegah munculnya jerawat baru. Lemon juga dikenal sebagai pemutih alami yang dapat mencerahkan wajah serta menyamarkan noda bekas jerawat bahkan menghilangkannya.

Cara pakai :
  • Campurkan jus lemon segar dengan minyak kelapa atau minyak almond
  • Aplikasikan ke wajah yang memiliki noda bekas jerawat menggunakan kapas.
  • Tunggu sekitar 3 menit kemudian bilas hingga bersih
  • Terakhir, gunakan pelembab kulit yang sesuai dengan jenis kulit.

Menggunakan cara alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Efek penggunaan buah lemon tidak dapat terlihat secara langsung dan membutuhkan waktu  dan proses. Akan tetapi, hasil yang didapat tidak akan mengecewakan dan dapat bertahan lama.


semoga bermanfaat.

sumber : lifestyle.kompas.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan Jeruk Lemon Dalam 30 Menit"

Post a Comment