Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengkonsumsi Lemon Secara Rutin



ilustrasi : jeruk lemon/majalah ummi

infokesehatanku.com - Jeruk lemon adalah salah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan manfaat. Di balik rasanya yang asam, tersimpan banyak sekali manfaat yang beragam. Salah satu khasiat jeruk lemon yang sudah menjadi rahasia umum adalah untuk membersihkan dan membebaskan tubuh dari racun-racun yang mengendap di dalam tubuh.

Racun yang sudah keluar dari tubuh akan membuat tubuh kembali bugar dan sehat. Selain membersihkan racun, jeruk lemon juga berkhasiat menangkal racun dari luar karena mengandung banyak vitamin C yang bertugas sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Selain vitamin C, jeruk lemon juga mengandung asam sitrat, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan sederet mineral baik lainnya. Dengan banyaknya mineral yang baik untuk tubuh, sudah barang tentu lemon mampu membantu kita menjaga kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai takaran yang pas.

Beberapa manfaat kesehatan jika mengkonsumsi jeruk lemon secara teratur, antara lain :

Membantu menjaga kesehatan mulut

Jeruk lemon memiliki khasiat dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menggunakannya sebagai pemutih gigi serta menjaga nafas tetap segar. Untuk memutihkan gigi, cukup campurkan jus lemon dengan baking soda kemudian digosokkan pada area gigi. Gunakan secukupnya dan jangan terlalu sering karena dikhawatirkan tingkat keasamannya dapat merusak lapisan email gigi.

Sedangkan untuk mendapatkan nafas segar, cukup dengan berkumur menggunakan air lemon. Hal ini karena jeruk lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Namun, jangan berkumur terlalu sering karena dapat merusak enamel gigi.


Membantu meningkatkan imunitas tubuh

Jeruk lemon mengandung vitamin C dan fitonutrien yang berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya terhadap tubuh karena dapat memicu penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, tingkat keasaman jeruk lemon juga mampu menciptakan lingkungan bersifat asam yang mampu mencegah tumbuhnya bibit penyakit. Terutama pada area percernaan dimana biasanya merupakan tempat awal munculnya penyakit.

Membersihkan hati dari racun

Selain vitamin C, jeruk lemon mengandung zat pektin yang berperan untuk mengelmusi minyak dan membersihkan usus dari kotoran. Kulit lemon juga mengandung minyak yang bekerja sama dengan kolin yang terdapat pada lesitin untuk mendetoksifikasi hati dan membuatnya bekerja lebih efektif. Hati merupakan penyaring alami di dalam tubuh yang berperan vital menjaga tubuh terbebas dari racun. Mengkonsumsi jeruk lemon mampu meningkatkan efektifitas fungsi hati dan membantu membuang lemak di hati atau fatty liver.

Mengobati sakit tenggorokan

Seperti dijelaskan diatas, jeruk lemon mengandung vitamin C yang mampu berperan sebagai antioksidan. Antioksidan alami ini menambah sistem kekebalan tubuh yang menangkal penyakit seperti batuk dan pilek yang sering kali menyerang saat pergantian musim serta membantu menjaga kebugaran tubuh. Batuk pilek yang datang biasanya disertai dengan gangguan tenggorokan.

Campurkan air lemon dengan segelas air hangat plus madu untuk mengatasi iritasi atau radang pada tenggorokan. Zat asam pada jeruk lemon akan mengatasi bakteri dan virusnya.

Mencegah terbentuknya batu ginjal

Jeruk lemon berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya batu ginjal dengan meningkatkan volume urine serta meningkatkan pH urine. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan asam sitrat di dalam jeruk lemon. Campuran air dengan jeruk lemon bersifat diuretik yang berarti meningkatkan retensi urine yang mencegah batu mengendap didalam ginjal.

Cukup dengan mengkonsumsi setengah gelas jeruk lemon setiap hari mampu mencegah terbentuknya batu ginjal.


Membantu tubuh tetap terhidrasi

Orang-orang cenderung susah sekali untuk memenuhi kebutuhan air harian untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan menambahkan jeruk lemon pada air yang dikonsumsi sehari-hari mampu memberikan sensasi rasa yang berbeda. Air yang memiliki rasa cenderung meningkatkan keinginan untuk terus minum sehingga kebutuhan air harian dapat terpenuhi. Tren mencampurkan jeruk lemon dengan air sempat populer beberapa tahun kebelakang yang dikenal dengan infused water.

Menurunkan resiko terkena serangan stroke iskemik

Stroke iskemik merupakan serangan stroke yang umum terjadi di masyarakat dengan presentasi terjadinya sekitar 90%. Stroke iskemik disebabkan oleh terhalangnya suplai darah ke otak karena terjadi pembekuan darah pada pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi buah jeruk lemon mampu menurukan resiko terjadinya stroke jenis ini.

Membuat jantung lebih sehat

Ada dua hal yang mendasari mengapa jeruk lemon mampu membantu membuat jantung lebih sehat. Yang pertama, kandungan vitamin C pada jeruk lemon mampu mencegah kekurangan vitamin C di dalam darah yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Yang kedua, jeruk lemon memiliki kandungan serat yang tinggi yang membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah.

Menurunkan level stres

Jeruk Lemon sangat unik karena memiliki kemampuan menurunkan level stres hanya dengan menghirup aromanya. Hal ini terjadi karena memang jeruk lemon mengandung minyak esensial yang mampu meningkatkan mood seseorang. Tidak heran kenapa banyak sekali aroma terapi yang menggunakan aroma lemon untuk meningkatkan khasiatnya.


Semoga bermanfaat

Sumber :
Liputan6.com
lifestyle.kompas.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengkonsumsi Lemon Secara Rutin"

Post a Comment