Manfaat Minuman Sari Lemon Untuk Diet

ilustrasi : irisan lemon/healthline

infokesehatanku.com - Buah lemon sebenarnya bukan buah yang populer bagi masayarakat Indonesia jika dibandingkan dengan apel atau buah-buahan lainnya. Saya saja kadang lupa antara lemon dan melon. Kultur masyarakat Indonesia yang menjadikan buah ini tidak populer dibandingkan diluar negeri. Bahkan, air perasan buah lemon dijadikan minuman khusus di pagi hari. Kalau di Indonesia pagi-pagi minum air perasan lemon bisa-bisa mules.

Meski bukan buah yang populer, ternyata lemon mempunyai banyak sekali khasiat di dalamnya, salah satunya adalah dapat membantu program diet bagi yang ingin menurunkan berat badan.

manfaat minuman sari lemon untuk diet

Manfaat lemon dalam membantu menurunkan berat badan yaitu dengan melancarkan pencernaan. Komposisi dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik dalam perut dan membantu buang air besar secara teratur. Selain itu, buah lemon mengandung asam sitrat yang sangat tinggi dan menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. 

Buah lemon dapat dipadukan dengan air putih hangat maupun dingin  dan dapat dikonsumsi di pagi hari, siang atau malam hari. Biasanya diambil sari atau air perasannya saja.

baca juga :

Buah lemon bikin sehat? Mitos atau Fakta?

buah lemon bikin wajah jadi cantik dalam 30 menit

cara sehat menjaga kesehatan tubuh dengan buah lemon


cara membuat minuman sari lemon untuk diet

Sari buah merupakan air yang diperoleh dari perasan buah-buahan segar yang sudah masak. Secara garis besar, sari buah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. 1. Jus atau sari buah yang encer. Sari buah encer merupakan minuman sari buah yang didapat dengan cara menghancurkan daging buah segar yang telah matang. Minuman jenis satu ini biasa dikenal dengan jus buah segar. Biasanya sari buah atau jus buah segar dicampurkan dengan tambahan gula dan air.
  2. 2. Sirup atau sari buah kental. Sirup atau sari buah kental didapatkan dari penghancuran atau pengepresan buah-buahan segar dan ditambahkan dengan proses pemekatan. Biasanya dikonsumsi dengan mencampurkan air karena jika langsung dikonsumsi akan terasa sangat manis.

Tujuan dari mengkonsumsi buah lemon adalah untuk mendapatkan khasiatnya jadi perlu dilakukan langkah esktra untuk mengekstrak apa yang ada didalam buah tersebut. Tidak sekedar mengkonsumsi secara rutin begitu saja.

Cara mengekstrak vitamin C dari buah lemon : 

  • Siapkan 1-2 buah lemon yang akan digunakan untuk membuat sari buah lemon.
  • Bersihkan buah lemon menggunakan sikat yang keras hingga benar-benar bersih.
  • Setelah dibersihkan, simpan dan bekukan di dalam kulkas selama kurang lebih selama 2 jam.
  • Kemudian keluarkan buah lemon tersebut dan iris tipis-tipis menjadi sekitar 15-20 iris per buah.
  • Setelah diiris, taruh kembali irisan buah lemon tersebut didalam tempat atau wadah yang tertutup rapat dan simpan didalam kulkas semalaman.
  • Keesokan harinya ambil 2 irisan buah lemon dan seduhlah dengan air hangat. Sari buah lemon siap dinikmati.


Semoga bermanfaat.

sumber : 
infopeluangusaharumahan.com
ramesia.com
lifestyle.kompas.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Minuman Sari Lemon Untuk Diet"

Post a Comment