CARA DIET SEHAT DAN ALAMI UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN YANG AMAN BAGI KESEHATAN



"I'm not dieting. I'm changing my lifestyle."

Cara alami menurunkan berat badan - Kelebihan berat badan atau yang dikenal dengan istilah obesitas merupakan kondisi seseorang yang memiliki kelebihan berat badan 15 persen atau lebih dari berat badan ideal. Obesitas meningkatkan resiko seseorang terkena serangan penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung dan kolesterol. Penyakit-penyakit tersebut sekarang tidak hanya menyerang orang-orang dewasa atau lanjut usia, tetapi juga menyerang para remaja yang mengalami obesitas.

Faktor utama yang menyebabkan seseorang memiliki berat badan berlebih adalah tingginya jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Sedangkan, jumlah kalori yang digunakan atau dibakar jumlahnya sangat sedikit sekali atau tidak seimbang dengan jumlah kalori yang masuk. Jumlah kalori yang terlalu banyak inilah yang akhirnya mengendap dan berubah menjadi timbunan lemak.

Jika kondisi ini (obesitas) sudah dirasa mengganggu, karena biasanya orang yang kelebihan berat badan agak susah untuk beraktifitas, orang-orang akan berlomba-lomba mencari diet yang cocok untuk menurunkan berat badan. Untuk memilih diet yang cocok dengan tubuh kita, sebaiknya jangan asal pilih karena masing-masing orang mempunyai metabolisme atau kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sehingga jangan sampai tujuannya tidak tercapai malah menimbulkan masalah kesehatan yang baru untuk tubuh.

Untuk lebih aman dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya gunakan metode diet yang sehat dan alami. Lalu seperti apakah diet yang sehat dan alami itu?

Seperti dijelaskan diatas, sumber masalah kenaikan berat badan adalah tingginya jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, jadi diet sehat alami menitikberatkan pada jumlah kalori yang dikonsumsi oleh tubuh kita. Berikut beberapa langkah aman untuk menjalankan diet sehat alami :

1. Jangan salah pilih makanan dan Jangan telat makan!



Pilah pilih makanan sangat diperlukan dalam melaksanakan program diet sehat. Jika asupan yang masuk merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi akan mempengaruhi program diet bahkan dapat menggagalkannya. Untuk diet sehat dan alami sebaiknya berfokus dalam menghindari makanan manis atau yang mengandung gula tinggi dan makanan yang mengandung lemak yang tinggi.

Ganti menu makanan sehari-hari dengan makanan yang lebih sehat dan kaya akan serat yang tinggi. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang akan menyehatkan dan melancarkan pencernaan. 

Sebagai contoh, ganti makanan seperti nasi dan roti tawar dengan roti gandum dan nasi merah. Gandum dan nasi merah mengandung serat yang tinggi sehingga membuat perut kenyang lebih lama sehingga menghindarkan dari rasa ingin ngemil.

Selanjutnya, jangan melewatkan waktu makan karena akan merangsang porsi makan lebih besar pada waktu makan berikutnya. Misalnya menghindari sarapan malah akan menambah porsi makan pada siang harinya. Jadi makanlah pada saat makan dan hindari kudapan apalagi kudapan yang tidak sehat.

2. Sesuaikan porsi makan



Porsi makan juga berpengaruh dalam usaha penurunan berat badan. Porsi yang berlebih akan menumpuk kalori lebih banyak yang tidak terbakar dengan maksimal. beda cerita jika kita melakukan aktifitas yang membakar kalori seharian. Sah-sah saja untuk menambah porsi makan. Tapi jika kita hanya bekerja dibelakang meja, porsi makan berlebih hanya akan menambah jumlah lipatan pada perut.

Untuk porsi makan biasanya diperlukan penghitungan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas seharian. Agar lebih jelas dapat dikonsultasikan kepada ahli gizi. Namun, jika dirasa terlalu ribet, porsi makan dapat mengikuti pola diet atau menu-menu sehat yang banyak bersliweran di internet. Browsing menu-menu sehat untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Asal berpatokan pada gizi seimbang, diet sehat dapat dijalankan dengan menu dan porsi yang sesuai.

3. Hindari gula dan menggantinya dengan pemanis yang lebih sehat



Banyak yang tidak sadar bahwa penyebab kenaikan berat badan seseorang yang paling banyak adalah gula. Jumlah gula yang dikonsumsi harian terkadang tidak disadari dan tidak terkontrol serta berlangsung lama. 

Contohnya minum teh atau kopi pakai gula, ibu-ibu memasak makanan juga ditambahi gula. Inilah yang menyebabkan penumpukan kalori dan terganggunya gula darah seseorang yang akhirnya berujung pada diabetes.

Mulailah membiasakan asupan gula yang dikonsumsi seharian atau jika dirasa terlalu berat berpisah dengan rasa manis, gantilah gula Anda dengan pemanis yang lebih rendah kalori namun tidak mengurangi rasa manisnya. Sekarang ini sudah banyak pemanis pengganti gula yang dapat menjaga gula darah tetap stabil, seperti pemanis dari daun stevia yang banyak dijual dipasaran.

4. Rajin berolahraga



Semua diet sehat yang dilakukan tidak akan berhasil tanpa dibarengi dengan olahraga. Dengan berolahraga akan membantu tubuh membakar lemak-lemak yang bersembunyi didalam tubuh dan mendetoksifikasi racun-racun yang mengendap didalam tubuh. Olahraga juga memiliki segudang manfaat lainnya seperti menjadi membuat kulit lebih sehat dan terlihat awet muda, menjaga organ dalam tetap pada performa optimal dan meningkatkan kreatifitas otak.

Tidak perlu melakukan olahraga terlalu lama. Cukup menghabiskan waktu sekitar 30-60 menit setiap harinya. Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu olahraga yang berat. Lakukan jogging atau lari-lari kecil disekitaran rumah. Bisa juga dengan bersepeda atau berenang.

5. Menciptakan pola hidup sehat



Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah menciptakan pola hidup sehat disekitar kita. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tempat tinggal kita, istirahat yang cukup dan hindari begadang, hindari rokok dan paparan asapnya, hindari minuman bersoda dan beralkohol, serta menggunakan pelindung jika beraktifitas diluar ruangan seperti menggunakan masker atau tabir surya.

Kesalahan yang paling sering dilakukan selama menjalankan program diet


Banyak sekali para pelaku diet yang sering kali lalai dan melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang dapat merusak program diet sehat mereka. Beberapa kesalahan yang paling umum dan paling sering dilakukan selama program diet antara lain :
  • Menghilangkan makan berat menjadi sekali atau bahkan sama sekali tidak makan berat. Keputusan untuk menghilangkan makan berat justru akan memancing untuk mengemil makanan kecil disela-sela waktu makan. Gunakan waktu makan seperti biasanya, pagi, siang dan malam.
  • Mengkonsumsi makanan-makanan kecil atau snack ringan tanpa memperhatikan kandungannya. Sebaiknya jika dalam program diet, hindari mengkonsumsi snack ringan karena biasanya mengandung kalori yang tinggi. Cek komposisi dan kandungan gizinya untuk membantu program diet kita.
  • Biasanya orang-orang yang sedang diet menghindari makan namun tidak sadar jika minuman yang dikonsumsi justru mengandung kalori yang tinggi seperti teh manis, kopi yang dicampur dengan krim dan susu atau minuman bersoda. Hindari minuman yang mengandung kalori tinggi agar tidak menganggu gula darah.
  • Menghindari atau mengurangi air mineral. Padahal air mineral sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh dan membantu kesehatan organ dalam seperti ginjal.
  • Membuat goal penurunan berat badan yang tidak masuk akal seperti harus turun 10 Kg dalam 1 minggu. Target yang tidak realistis seperti ini malah akan membuat kita stres dan menggagalkan program diet yang kita jalani. Tentukan target yang normal dan lakukan diet secara rutin untuk hasil maksimal dan permanen.

Memilih untuk melaksanakan diet sehat dan alami harus siap dengan kesabaran dan ketekunan. Karena diet alami membutuhkan proses dan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita. Lakukan diet ini bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menjaga kesehatan karena kesehatan mahal harganya.

Semoga bermanfaat.

baca juga :

sumber :
hellosehat.com
merdeka.com

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "CARA DIET SEHAT DAN ALAMI UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN YANG AMAN BAGI KESEHATAN"

  1. HondaQQ Agen Domino 99 Bandarq Dan Poker Online Terpercaya

    Yang Merupakan Agen Domino 99 Dan Bandarq Terbesar di asia hadir untuk anda semua dengan games - games menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan HondaQQ :
    - Promo Bonus Rollingan 0.5%
    - Promo Bonus Referral 10% + 10%
    - Promo Bonus Extra Refferal 5%
    - Promo Extra Turnover yang dibagikan setiap tanggal 01 dan tanggal 16 Setiap bulannya dengan minimal Turnover sebagai berikut
    * Turn Over 10 jt = FreeChips Rp 25.000 ,-
    * Turn Over 25 jt = FreeChips Rp 50.000 ,-
    * Turn Over 50 jt = FreeChips Rp 100.000,-
    * Turn Over 100 jt = FreeChips Rp 250.000,-
    * Turn Over 200 jt = FreeChips Rp 500.000,-

    Games Yang di Hadirkan HondaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : HondaQQ
    BBM : D8D14919
    FB : HondaQQ
    Twitter : HondaQQ
    Blog 1 : HondaQQ
    Blog 2 : HondaQQ

    Kunjungi Juga situs partner kami di :
    Agen Domino99
    Agen BandarQ
    Poker Online
    Togel Online

    ReplyDelete